Sunnah Qurban Saat Penyembelihan

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Selamat siang sahabat AB dimanapun sekarang anda berada, semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT, Amiin ya Rabb,, Sahabat AB, kali ini mimin ingin berbagi ulasan mengenai sunnah qurban saat penyembelihan. Karena di dalam pelaksanaan qurban terdapat sunnah yang sayang jika dilewatkan. Berikut ulasan ringkasnya.

1. Menajamkan pisau.
Sebagaimana sabda rasulullah SAW, “Sesungguhnya Allah Ta’ala mewajibkan berbuat baik pada segala sesuatu, maka jika kalian membunuh, bunuhlah dengan cara yang baik, jika kalian menyembelih sembelihlah dengan cara yang baik, haruslah seseorang mengasah mata pisaunya dan membuat nyaman hewan sembelihannya” (HR. al-Jamaah kecuali al-Bukhari).

2. Tidak membaringkan hewan sebelum siap alat dan sebagainya
Sebagaimana sabda rasulullah SAW, Dari Ibnu Abbas ra menceritakan bahwa seseorang membaringkan kambing sedang dia masih mengasah pisaunya, maka Nabi SAW bersabda, “Apakah anda akan membunuhnya berkali-kali? Mengapa tidak anda asah pisau anda sebelum anda membaringkannya(HR. al-Hakim).

3. Menyembunyikan pisau dari pandangan binatang
Sebagaimana sabda rasulullah SAW, “Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyuruh agar mempertajam pisau dan menyembunyikan dari pandangan hewan (yang akan disembelih).

4. Memberi minum atau memperlakukannya sebaik-baiknya
Umar bin Khathab radhiallahu ‘anhu melihat orang menyeret hewan qurban pada kakinya ia berkata, “Celaka kalian! tuntunlah ia menuju kematian dengan cara yang baik (Al-Halal wal Haram: 58).

5. Saling Menjauhkan atau menutupi penyembelihan dari hewan-hewan yang lain agar hewan tidak takut
Sebab hal ini termasuk menyakiti dan menjauhkan rahmat. Umar bin Khathab radhiallahu ‘anhu pernah memukul orang yang melakukannya (Mughni al-Muhtaj, 4: 272).

Sunnah-sunnah di atas sebaiknya jangan pernah terlewat ketika Aqiqah Berkahkita melaksanakan qurban. Supaya kegiatan ibadah qurban kita semakin berkah. Amiin ya Rabb. Selanjutnya bagi sahabat AB yang tahun ini berkesempatan untuk melaksanakan ibadah qurban dan sekarang membutuhkan informasi terkait harga hewan qurban 2016, berikut Aqiqah Berkah menyajikannya untuk saudara :
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan pada Aqiqah Berkah, melalui beberapa Paket Qurban 2016 yang kami sediakan yakni sebagai berikut :
1. Paket Qurban Peduli Syar’i
Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).
2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Selanjutnya kami siap mengantar hewan qurban yang telah Anda pesan.

Silahkan bagi sahabat AB yang ingin memesan penawaran paket qurban 2016 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Tags: , , , , ,