Souvenir Aqiqah

Pembahasan mengenai aqiqah sering kita dengar, dan pelaksanaan dari aqiqah memiliki status hukum sunnah muakaddah. Aqiqah menjadi tanggung jawab ayah selaku pencari nafkah dalam keluarga. Aqiqah memiliki aturan dalam setiap pelaksanaanya. Namun syarat dan aturan tersebut tidak untuk memberatkan bagi orang yang ingin melakukan aqiqah.

Aqiqah sebagai suatu penebusan diri terhadap Allah SWT. Penebusan diri tersebut dilakukan melalui bersedekah yang disebut dengan aqiqah (penyembelihan hewan ternak seperti kambing qurban yang telah ditetapkan syarat hewan dan ketentuannya).

Apa manfaat dari aqiqah ? Terdapat banyak sekali manfaat jika anda melakukan aqiqah untuk anak atau diri anda sendiri (bagi yang belum di aqiqahi). Sementara mengenai pelaksanaan aqiqah ketika sudah dewasa, Imam Ahmad dan Imam Ibnu Qudamah berpendapat bahwa ketika sudah dewasa dan waktu kecil termasuk tidak mampu melaksanakan aqiqah, maka gugur aqiqah untuk dirinya.

Aqiqah sebagai salah satu ekspresi ungkapan rasa syukur atas kelahiran anak dalam sebuah keluarga. Karena anak adalah rizki dari Allah SWT. Aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan dilakukan dalam waktu yang sama yakni 7 hari, 14 hari atau 21 hari setelah kelahiran anak.

Hewan yang menjadi simbol sembelihan aqiqah adalah kambing. Namun tidak menutup kemungkinan ada yang mempersembahkan hewan sembelihan aqiqah berupa sapi. Jumlah kambing aqiqah untuk anak laki-laki adalah 2 ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan cukup 1 ekor kambing.

Ketentuan diatas seperti yang disampaikan Imam Nawawi ra dalam kitab Al-Majmu’, bahwa hewan yang layak atau sah disembelih sebagai hewan aqiqah adalah domba yang dewasa dan kambing dewasa yang sudah memiliki gigi seri (gigi depan).

Syarat lain hewan untuk aqiqah adalah sama dengan syarat hewan kambing qurban. Syarat tersebut antara lain : harus selamat dari cacat, sudah berusia minimal setengah tahun (6 bulan), sehat.

Aqiqah bukan suatu kewajiban, dan syarat hewan aqiqah untuk laki-laki 2 ekor kambing juga bukan keharusan. Bagi yang mampu menyembelihkan 2 ekor kambing untuk anak laki-laki maka harus dilakukan, namun apabila tidak mampu maka boleh menyembelih cukup satu ekor kambing saja. Intinya bahwa yang mengqiqahi anak laki-laki dengan dua ekor kambing lebih layak diterima.

Pernyataan diatas dipertegas dengan perkataan Ibnu Abbas ra bahwa Rosulullah SAW mengaqiqahkan (Hasan dan Husain) masing-masing dua ekor domba).

Ada beberapa diantara pembaca sekalian yang tidak ingin dipusingkan dengan penyelenggaraan aqiqah untuk anak, karena keterbatasan waktu dan tenaga. Maka anda dapat menggunakan jasa aqiqah sehingga membantu anda dalam menunaikan acara aqiqah anak. Dalam pelayanan jasa aqiqah, anda dapat memilih paket aqiqah maupun hanya membeli kambing untuk menyelenggarakan aqiqah.

Bila anda menggunakan paket aqiqah, anda juga akan mendapatkan pelayanan, fasilitas dan souvenir untuk acara aqiqah. Bagi anda yang berdomisili di Nganjuk, anda dapat memilih jasa layanan Aqiqah Berkah dan dapatkan gartis kirim untuk anda.

souvenir-aqiqahAqiqah Berkah Nganjuk memberikan beberapa fasilitas untuk Anda sebagai Shohibul Aqiqah :

  1. Sertifikat bukti pelaksanaan Aqiqah
  2. Panduan praktis ibadah Aqiqah
  3. Selebaran ucapan syukur dalam kardus
  4. Dokumentasi proses Aqiqah
  5. Menu tambahan tongseng kepala dan kaki
  6. Pengantaran gratis untuk area kota Nganjuk

Bagi anda yang menginginkan souvenir seperti mug maupun buku doa aqiqah, kami dapat melayani dalam jumlah tertentu sesuai jumlah tamu undangan. Bagi anda yang ingin melakukan aqiqah anak, anda dapat segera memesan paket aqiqah ataupun kambing aqiqah.

Selain itu, Aqiqah Berkah juga melayani pemesanan kambing qurban, maupun sapi qurban. Harga paket aqiqah dapat anda pilih sesuai keinginan anda dengan harga yang relatif murah sehingga sangat membantu anda untuk dapat melaksanakan aqiqah.

Pemesanan jasa layanan aqiqah dapat menghubungi :aqiqahberkah

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

Tags: , , , , , , , , , , , , ,