Rumah Aqiqah Trenggalek Murah

Rumah Aqiqah Trenggalek

kambing aqiqah
Haiiii sahabat Aqiqah Berkah, Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kita tetap di beri kesehatan sampai sekarang ini. Baik, kini kami akan mengulas tentang Aqiqah. Penting engga sih aqiqah itu?Cekidot……

Pentingnya Aqiqah
Rasulullah saw. bersabda:
“Sesungguhnya anak itu diaqiqahi. Maka tumpahkanlah darah baginya dan jauhkanlah penyakit daripadanya (dengan mencukurnya).” (Hadits shahih riwayat Bukhari, dari Salman Bin Amar Adh-Dhabi).

Rasulullah saw. bersabda : “Setiap anak itu digadaikan dengan aqiqahnya. Ia disembelihkan (binatang) pada hari ke tujuh dari hari kelahirannya, diberi nama pada hari itu dan dicukur kepalanya”. (Ashhabus-Sunan).

Aqiqah adalah tanda syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat anak yang diberikan-Nya. Juga sebagai washilah (sarana) memohon kepada Allah SWT. agar menjaga dan memelihara sang bayi. Dari hadits di atas pula ulama menjelaskan bahwa hukum aqiqah menurut syariat adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi para wali bayi yang mampu, bahkan tetap dianjurkan, sekalipun wali bayi dalam kondisi sulit.

Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan
Yang afdhal untuk anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing/domba yang mirip dan umurnya bersamaan. Dan untuk anak perempuan 1 ekor.

Dari Ummu Karz Al-Ka’biyah berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda:
” Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang mirip, dan untuk anak perempuan satu ekor.” Dan dibolehkan satu ekor domba untuk anak laki-laki .

Rasulullawh saw. pernah melakukan yang demikian untuk Hasan dan Husain r.a., seperti pada hadits yang lalu.
“Dahulu kami dimasa jahiliyah apabila salah seorang diantara kami mempunyai anak, ia menyembelih kambing dan melumuri kepalanya dengan darah kambing itu. Maka setelah Allah mendatangkan islam, kami menyembelih kambing, mencukur atau menggundul kepala si bayi dan melumurinya dengan minyak wangi.” [HR. Abu Daud juz 3 hal 107].

Di hadits lain yang berisikan tentang sejarah aqiqah yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban “Dari Aisyah ia berkata ‘Dahulu orang orang pada masa jahiliyah apabila mereka beraqiqah untuk seorang bayi, mereka melumuri kapas dengan darah aqiqah, lalu ketika mencukur rambut si bayi mereka melumurkan pada kepalanya’. Maka Nabi saw bersabda, ‘Gantilah darah itu dengan minyak wangi.’” [HR Ibnu Hibban juz 12 hal 124].

Waktu Penyembelihan

1. Jika memungkinkan, penyembelihan dilangsungkan pada hari ke-7. Jika tidak, maka pada hari ke-14. Dan jika yang demikian masih tidak memungkinkan, maka pada hari ke-21 dari hari kelahirannya. Jika masih tidak memungkinkan maka pada kapan saja.
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dikatakan: “Disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari ke-empatbelas, dan pada hari kedua puluh satu.”
Rangkaian Berikutnya:
– Memberi anak nama
– Mencukur rambutnya.
– Bersedekah seberat timbangan rambutnya.

2. Adapun syarat hewan kambing yang dapat dijadikan aqiqoh itu sama dengan syarat hewan qurban (kurban) sbb:
– Kambing: sempurna berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia (dua) tahun.
– Domba: sempurna berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh).
– Tidak boleh ada anggota badan hewan yang cacat.
– Dagingnya tidak boleh dijual.

Nah itulah yang bisa kami sampaikan mengenai aqiqah. Selanjutnya kami mau ulas mengenai makanan khas kota Trenggalek. Itung-itung untuk refresing guys. Yukkk mari…

Berikut makanan khas trenggalek, antara lain :

1. Nasi Gegog
Jika anda pecinta kuliner dengan citarasa pedas, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Trenggalek yang satu ini yaitu “sego gegog” atau “nasi gegog”. Kuliner ini cukup populer di masyarakat trenggalek, nasi di taburi dengan sambel teri, parutan kelapa dan di bungkus daun pisang lalu dikukus. Kuliner ini hanya bisa ditemui di desa Sumurup kecamatan Bendungan, sebuah daerah pegunungan sebelah utara kota Trenggalek tepatnya “Warung Sego Gegog Bu Gasun” Untuk menemukannya tidak susah karena terletak di pinggir jalan raya, jaraknya hanya 6 kilometer dari alon-alon kota Trenggalek.

2. Tahu Lontong
Nah, jika kamu ingin makan makanan yang tidak berat sambil nongkrong, maka tahu lontong yang ada di sebelah barat alun-alun kota bisa menjadi pilihan untuk anda. Menu makanan ini rasanya enak dan juga bisa membuat ketagihan. Tahu ini di sajikan dalam bentuk baluan telur dadar yang di beri bumbu sambal kecap. Selain itu juga di sajikan dnegan tambahan kecambah, kacang tanah, dan juga daun kucai sehingga tampilannya sangat ramai. 1 porsinya pun hanya Rp. 6.000 saja.

3. Nasi Tiwul
Masyarakat Trenggalek sangat umum menikmati nasi tiwul. Nasi tiwul adalah masakan yang berasal dari ketela. Ketela yang sudah kering dan dihaluskan kemudian dikukus beberapa saat. Namun nasi tiwul ini sudah mulai ditinggalkan, tetapi masyarakat mempunyai inisiatif baru yaitu mengonsumsi nasi tiwul goreng. Nasi tiwul goreng ini rasa lebih gurih dan nikmat. Nasi tiwul lebih enak disajikan dengan lauk yang anda sukai.

4. Sale Pisang
Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa seperti rasa keju. Saat ini, produksi pisang sale sudah menembus pasar internasional. Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya.

5. Nasi Goreng Anglo
Nasi goreng anglo yang lebih identik dengan sebutan nasi goreng jawa sebenarnya hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya, yaitu nasi di tambahkan sedikit mie lalu di goreng seperti biasa yang membedakan adalah alat memasaknya menggunakan arang. Dari proses inilah yang membuat nasi goreng ini memiliki cita rasa sendiri yang khas dan enak pastinya. Untuk dapat menyantap 1 porsi nasi goreng anglo ini kamu hanya perlu mengeluarkan dana Rp. 8.000 saja. lokasi yang jadi rekomendasi adalah yang ada di sebelah selatan stadion kota trenggalek.

6. Tempe Kripik
Tempe kripik adalah termasuk jajanan khas dari trenggalek. Istilah tempe sudah tidak asing lagi karena banyak di luar trenggalek yang menghasilkan produk ini. Tempe adalah makanan atau jajanan atau bisa juga dijadikan lauk makan adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai, jadi bisa dipastikan jajanan ini banyak mengandung protein. Istilah tempe kripik juga sudah tidak asing lagi bagi kita semua, tapi ada satu ciri khas kripik Trenggalek ini (menurut saya), tempe kripik trenggalek adalah tempe yang memang dibuat tipis dan digoreng sehingga menjadi kripik yang gurih dan mantaps, bukan tempe yang di iris tipis dan digoreng menjadi kripik. Anda bisa menemukan home industri tempe kripik ini di desa Sukorejo kecamatan Gandusari atau anda bisa mampir di toko-toko jajanan khas Trenggalek.

7. Rujak Cingur
Rujak cingur sumbergedong agak berbeda dengan rujak cingur pada umumnya yang membedakan adalah bumbu rujak cingur sumbergedong lebih encer terkesan sedikit berkuah. 1 porsinya Rp. 5.000. lokasinya ada di jl masuk SMPN 5 Trenggalek.

8. Soto Ayam Jarakan
Nah, satu lagi nih menu soto yang wajib anda cobain ketika berada di trenggalek, namanya soto ayam jarakan. Soto ayam ini pun sudah terkenal di penjuru trenggalek loh. biasanya soto ayam jarakan ini di sajikan dengan nasi putih dan di tambah dengan perkedel. Rasanya maknyus deh. 1 porsinya Rp. 8.000. lokasinya ada di desa kedung lurah, trenggalek.

9. Sate Ayam Ponorogo
Sate ayam memang makanan yang mudah di temukan dan juga banyak di sukai. Maka jika kamu ada di trenggalek dan ingin makan sate ayam kamu bisa datang ke kedai sate yang ada di depan masjid al ashkar trenggalek. 1 porsinya Rp. 13.000 saja. sate ayam ini memiliki rasa yang mantap dengan daging ayam yang pas dan juga bumbu kacang yang menggoyang lidah.

10. Alen-alen
Alen-alen merupakan jajan khas Trenggalek yang sangat mantap. Jajan khas ini terbuat dari tepung tapioka, bawang putih, garam, telur dan kunyit. Untuk menarik konsumen, alen – alen disajikan dengan berbagai variasi rasa.

Nah itulah makanan khas trenggalek yang kami dapat dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Rumah aqiqah trenggalek merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produk &jasa penyediaan kambing dan sapi beserta jasa pemotongan, pengolahan, pengantaran, dan penyaluran serta menerima pesanan paket nasi box untuk kebutuhan aqiqah, qurban atau kebutuhan lainnya.

Dalam melayani kebutuhan aqiqah, rumah aqiqah trenggalek selalu berusaha mengedepankan prinsip profesionalitas dan kemudahan dalam kerangka tetap menjaga prinsip syar’i untuk semua aspek.

Maka kami, layanan rumah aqiqah trenggalek terpanggil untuk membantu dan memudahkan bagi anda yang belum beraqiqah.

Ciri-ciri Kambing Aqiqah Sesuai Syar’i:

  1. Hewan sembelihan aqiqah boleh dengan kambing atau domba (jantan maupun betina)
    Tidak sah aqiqah jika dilakukan dengan hewan selain di atas, seperti ayam, kelinci, atau burung sebagaimana pendapat para ahlul hadits dan fuqaha.
  2. Cukup Umur
    Kambing berumur minimal satu tahun dan sudah berganti gigi seri bagian depan.
  3. Hewan sehat an tidak cacat
    Mata tidak boleh cacat atau buta sebelah. Ekor dan telinga tidak terpotong atau robek. Tidak memiliki cacat seperti kudung kaki, terpotong hidungnya atau sebagainya. Kambing tidak dalam keadaan sakit yang dapat membahayakan kehidupan kambing. Kita juga harus memastikan bahwa kambing tersebut memiliki tanduk yang utuh dan tidak patah.
  4. Gemuk dan memiliki daging banyak
    Kambing harus gemuk dan memiliki daging yang cukup banyak agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya.

Mengapa Harus Memilih Rumah Aqiqah Trenggalek?
1. Kambing berkualitas tinggi dan telah memenuhi syarat untuk aqiqah
2. Kambing disembelih oleh ahlinya sesuai syariat Islam (wajib dan sunnah)
3. Kambing dapat dilihat dan dipilih langsung di kandang
4. Kami melayani Jasa Aqiqah untuk daerah Sekarisidenan Kediri
5. GRATIS biaya pemotongan
6. Kambing potong sehat, baik/sesuai syariah
7. Menu bervariatif: Sate, Gulai, Sop, Tongseng, Semur dll.
8. Pembayaran setelah barang sampai / transfer.
9. Siap menyalurkan kepada yang berhak: pondok pesantren, panti asuhan dan fakir miskin

Fasilitas yang di berikan Rumah Aqiqah Trenggalek?
www.aqiqahberkah.com memberikan fasilitas layanan Aqiqah atau Qurban via Online kepada semua Pelanggan dengan kelengkapan sebagai berikut:
• Kelengkapan Makanan
• Minuman
• Buah Segar
• Sertifikat Pelaksanaan
• Berkas Laporan Pelaksanaan

Aqiqah Mandiri sesuai Syar’i. Pesan masakan Aqiqah pada Kami untuk Acara sendiri / dikelola sendiri. Berikut fasilitasnya:
# 250 Tusuk Sate
# 1 Panci Gule
# Sertifikat Aqiqah
# Laporan Aqiqah
# Gratis Buku Risalah Aqiqah
# Gratis Ongkos Kirim

Ataas dasar itu, maka sangat layak Rumah Aqiqah Trenggalek menjadi mitra anda (Bapak/Ibu) dalam mempersiapkan tasyakuran, aqiqah, kurban, dll. Karena :

  1. Sesuai dengan syariat islam.
  2. Manfaat : hasil aqiqah akan dipergunakan untuk pembangunan PP. Al-Ihsan dan SMP Bina Insan Mandiri.
  3. Memudahkan : anda dan keluarga besar tidak perlu repot, karena kamilah mitra yang akan membantu keperluan anda.
  4. Tepak waktu : masakan akan diantar tepat waktu sesuai keinginan pelanggan.
  5. Bersertifikat : setiap pemesanan aqiqah atau tasyakuran atau qurban, akan kita terbitkan sertifikat. Sertifikat dikeluarkan oleh Badan Wakaf Peduli Dhuafa.
  6. Bonus : setiap pemesanan 1 ekor akan mendapat bonus 50 buku risalah aqiqah atau sesuai kebutuhan pelanggan.
  7. Bisa membantu mengantar makanan ke yayasan yatim piatu, ponpes dan desa terpencil sesuai permintaan.

Jenis aqiqah yang ada di Rumah Aqiqah Trenggalek sebagai berikut :

1. Aqiqah Mandiri
• Dikirim ke rumah Sohibul Aqiqah.
• Wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, malang, Tulungagung, Trenggalek, Madiun, ponorogo dan Sekitarnya.
• Pilihan menu (pengganti sate) lapis, Krengseng, sate rebus, rendang, dendang ragi, rawon.

Aqiqah Mandiri Dengan Kambing Betina

mandiri
Aqiqah Mandiri dengan Kambing Jantan

mandiri1

2. Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)
• Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
• Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
• Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah Peduli dengan Kambing Betina

peduli
Aqiqah Peduli dengan Kambing Jantan

peduli1

Kelahiran si bayi kecil nan mungil tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Tentunya kita harus mengungkapkan rasa syukur kepada Allah dengan benar, tepat dan sesuai dengan kehendak-Nya. Maka sudah sepatutnya kita melaksanakan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam, yaitu melaksanakan aqiqah.

Dan sudah menjadi fenomena terkini bahwa banyak dari masyarakat kita yang kurang peduli dengan masalah aqiqah. Mereka sudah bisa membeli rumah, sudah bisa membeli mobil bahkan sudah bisa berangkat umroh, tetapi belum mengaqiqahi anak mereka.

Segera pesan paket aqiqahberkah SEKARANG JUGA. Kami akan menyediakan paket aqiqah murah dengan kriteria kambing memenuhi syar’i, penyembelihan secara islami, mudah, praktis dan nyaman dengan pilihan harga yang bervariasi. Sekali lagi, telepon dan pesan catering aqiqah kami segera.

CARA MUDAH PEMESANAN Rumah Aqiqah Trenggalek, sebagai berikut:
1. Silahkan Anda telephone Kami, Kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail.

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

2. Atau juga bisa Informasikan kepada Kami lewat SMS atau email: Nama Anak, Tempat tanggal lahir, Nama Bapak & Ibu, Tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, Alamat pengiriman laporan Aqiqah Anda.
3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga (a.n. Peduli Dhuafa).

Bank Syariah Mandiri
NO. Rek. 703-691-2191
an. Peduli Dhuafa
BRI
NO. Rek. 0056-01002879-53-1
an. Peduli Dhuafa

4. Konfirmasikan kepada Kami bila sudah transfer.
5. Sesuai tanggal yang disepakati, aqiqah akan Kami laksanakan.
6. H+ 3 laporan Kami kirim via pos ke alamat yang ditentukan.
7. Laporan sampai di shohibul aqiqah (perkiraan H+5 dan seterusnya, mohon konfirmasi apabila Laporan Aqiqah sudah diterima atau belum sampai di tempat Anda)

Tags: , , , , , ,