“QURBAN [KURBAN]”

MAKNA
Qurban [Kurban] merupakan hewan tertentu yang disembelih oleh manusia yang bertujuan untuk mendekatkan diri dengan kasih sayang Allah SWT. Qurban [Kurban] dalam islam juga disebut sebagai al-udhhiyyah yang memiliki arti sebagai hewan yang disembelih. Menyembelih hewan disebut juga tadhiyya yakni menyembelih hewan khusus pada waktu tertentu dengan dengan niat untuk beribadah kepada Allah. Adapun yang dimaksud dengan hewan khusus dapat berupa sapi, kambing, unta, dan kerbau. Adapun kegiatan qurban [kurban] biasa dilakukan saat hari raya idul adha tiba dan hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub (mendekatkan diri kepada Allah).

DALIL BERQURBAN
Pada ayat suci Al-Qur’an telah disyariatkan, yang tertera dalam firmannya yang artinya :
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus” (QS. Al-Kautsar : 1-3).
Selain itu juga dijelaskan dalam ayat berikut ini :
Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagai syiar Allah. Kamu banyak memperoleh kebaikan diri padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya” (QS. Al-Hajj : 36).
Adapun hadits nabi Muhammad SAW yang menerangkan tentang qurban [kurban] yaitu :
Diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah ra bahwa dia berkata, “Saya menghadiri shalat idul Adha bersama Rosulullah SAW di musholla (tanah lapang. Setelah itu beliau berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya dan didatangkan kepadanya seekor kambing. Kemudian Rosulullah SAW menyembelihnya dengan tangannya, sambil mengatakan : Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, Kambing ini dariku dan dari orang-orang yang belum menyembelih di kalangan umatku” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

HEWAN QURBAN [KURBAN] (Yang boleh dan yang tidak)
Jenis hewan yang dapat dijadikan qurban [kurban] diantaranya sapi, kambing, kerbau, dan unta. Untuk selain jenis tersebut, tidak diperbolehkan. Selanjutnya syarat-syarat untuk hewan qurban yang diperbolehkan, diantaranya :
1. Umur
Domba memiliki umur ½ tahun, kambing jawa berumur 1 tahun, sapi berumur 2 tahun, dan unta berumur 5 tahun baik jantan maupun betina. Berikut hadits yang menjelaskan tentang kondisi umur hewan qurban yaitu :
Dari Jabir ra menjelaskan bahwa Rosulullah bersabda : Janganlah kalian mengkurbankan binatang kecuali yang berumur satu tahun ke atas, jika itu menyulitkanmu, maka sembelihlah domba jadza”.
2. Dari hadits diatas diketahui juga dianjurkan supaya memilih domba jadza yaitu domba yang sudah powel giginya dan berusia satu tahun.
Adapun binatang atau hewan yang tidak diperbolehkan untuk qurban adalah yang memiliki aib yaitu suatu kecacatan fisik, diantaranya cacat fisik yang tidak boleh yaitu :
1. Yang penyakitnya terlihat dengan jelas
2. Yang buta dan jelas terlihat kebutaannya
3. Yang pincang
4. Yang tulang sumsumnya tidak ada, dikarenakan kurus sekali
Aib (Cacat fisik) yang tidak diperbolehkan untuk berqurban juga dijelaskan dalam sabda nabi Muhammad SAW, yang memiliki arti :
Ada empat penyakit pada binatang qurban yang dengannya berqurban itu tidak mencukupi. Yaitu yang buta dengan kebutaan yang nampak sekali, dan yang sakit dan penyakitnya terlihat sekali, yang pincang sekali, dan yang kurus sekali” (HR. Tirmidzi).
5. Yang cacat yaitu yang telinga dan tanduknya sebagian besar hilang
6. Hatma’ yaitu gigi depannya ompong secara total atau keseluruhan
7. Ashma’ yaitu yang kulit tanduknya pecah
8. Umya’ yaitu yang mata hewan qurban mengalami kebutaan
9. Taula’ yaitu yang mencari makan di perkebunan dan tidak digembalakan
10. Jarba’ yaitu yang banyak penyakit kudisnya

Tags: , , , , ,