Perlukah Obat Cacing Bagi Anak ?

PERLUKAH OBAT CACING BAGI ANAK ?

Jangan sembarangan memberikan obat cacing untuk anak. Karena ternyata obat cacing tidak hanya mencegah cacingan pada anak.

Bayi Cegukan

Untuk para orangtua, jangan anggap remeh cacingan yang terjadi pada anak. Cacingan memang sering menyerang anak, apalagi bila anak tidak menjaga kebersihan seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari toilet. Cacingan bisa terjadi karena infeksi cacing parasit seperti cacing kremi, cacing pita, cacing gelang dan cacing tambang. Masuknya cacing dapat melalui makanan atau pori-pori tubuh anak.

Berdasarkan survey dan penelitian tahun 2006, prevelensi orang Indonesia mengalami infeksi cacing sekitar 60%. Usia 5-14 tahun merupakan usia yang oaling banyak terkena cacingan. Penularannya dapat melalui berbagai cara, salah satunya cacing dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minumann yang tercemar telur cacing.

TANDA ANAK CACINGAN

Masalah cacingan akan menyerap zat gizi dalam tubuh dan bisa mengakibatkan tubuh sang anak menjadi kurus. Tanda-tanda anak cacingan seperti :

  1. Tubuh kurus tetapi perut anak buncit, berat badan tidak naik padahal anak tidak memiliki masalah dengan nafsu makan dan sulit makan.
  2. Anak gelisah pada malam hari dan terlihat menggaruk bokongnya.
  3. Anak sering mengalami gangguan lambung dan usus seperti mulas dan diare secara berkala.
  4. Tanda yang terlihat secara jelas adalah anak terlihat lesu, tidak bergairah dan sering mengalami demam yang hilang timbul.

Gumoh

Bila sang anak positif terkena cacingan, dapat diberi obat cacing. Namun, obat cacing bukan digunakan sebagai pencegah cacingan. Perlu diketahui, bahwa obat cacing hanya diberikan kepada anak yang memang mengalami cacingan. Untuk anak yang berusia satu tahun dan terkena cacingan, obat cacing diberikan harus sesuai dengan indikasi.

Sangat disayangkan karena masih banyak orangtua yang keliru memberikan obat cacing pada anak dengan tujuan pencegahan dan memberikan pada anak enam bulan sekali. Padahal cacingan tidak dicegah dengan memberikan obat cacing tetapi dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh anak.

Cucilah sayuran dan buah dengan air mengalir. Masak daging hingga matang dan biasakan anak untuk mencuci tangan. Sebelum memberikan obat cacing kepada anak, konsultasi terlebih dahulu pada dokter dan lakukan pemeriksaan feses di laboratorium untuk memastikan anak positif cacingan.

Hal yang terpenting adalah saat memilih makanan bersih untuk dikonsumsi sang buah hati. Jangan buang air besar sembarangan, membuang kotoran hewan kesayangan pada tempat pembuangan dan meminum obat anti cacing (sebagai pencegahan).

Paduan antara pencegaham dan pengobatan akan memberikan tingkat keberhasilan yang sangat memuaskan, sehingga infeksi cacing dapat diatasi secara maksimal. Sang buah hati akan dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Jadi perlukah sang buah hati minum obat cacing ? Jawabannya perlu, terutama pada anak-anak yang berisiko terinfeksi cacing.

Aqiqah Anak

Jaga kesehatan sang buah hati dan lakukan aqiqah ketika sang buah hati masih usia dini. Waktu utama melaksanakan aqiqah di hari ketujuh sejak kelahiran anak. Apabila tidak bisa, maka dapat dilakukan di hari ke empat belas, ke dua puluh satu atau semampu orangtua sebelum anak baligh.

Kini untuk beraqiqah Anda tidak perlu ribet atau khawatir mahal. Anda dapat memesan aqiqah pada jasa layanan aqiqah melalui online di nomor :

SMS: 085749622504

Whatsapp: +6281335680602

PinBB: 7C0B38CE

Pastikan kelahiran buah hati Anda disyukuri dalam bentuk aqiqah. Dipotongkan hewan ternak berupa kambing, dicukur rambutnya dan diberi nama yang baik (bukan nama berhala). Aqiqah Berkah akan senantiasa membantu kelancaran aqiqah buah hati Anda. Tersedia paket aqiqah, catering aqiqah, kambing aqiqah dan souvenir aqiqah.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,