Pelaksanaan Aqiqah

Pelaksanaan Aqiqah

Sobat Aqiqah Berkah… mari kita ulas mengenai Pelaksaan Aqiqah. Agar kita lebih tau lagi tentang Aqiqah Anak dan pelaksaan aqiqah yang benar menurut islam. Yukkkkk…. di baca artikel berikut ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda.

Aqiqah Ketentuan
A. Aqiqah
Aqiqah adalah salah satu sunnah yang ditinggalkan dan dicontohkan Rasulullah SAW. Sunnah ini dilakukan kepada anak yang baru lahir pada waktu Aqiqah sesuai syariat islam dan dilakukan pada hari 7, 14, 21 dan seterusnya (kelipatan 7).

Pada saat pelaksanaan aqiqah ini, orang tuanya harus menyembelih kambing dengan ketentuan, 2 ekor kambing jika bayinya laki-laki dan 1 ekor kambing jika bayinya perempuan. Jadi, jika ada orang tua yang punya bayi kembar 3 laki-laki, maka dia harus menyembelih 6 ekor kambing.

1. Berikut ini dalil-dalil mengenai sunnahnya aqiqah :
• Dari samurah bin jundab dia berkata : Rasulullah SAW besabda: “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad)

• “Setiap yang dilahirkan tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh dari kelahirannya dan dicukur rambutnya serta diberi nama.” (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan)

• Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Bayi laki-laki di aqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” (HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah)

• Anak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama.” (HR Ahmad)

• Dari salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy, dia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelih hewan dan hilangkan semua gangguan darinya.” (HR Bukhari)

• Dari Ummi Kurz Al-Ka’biyyah, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang berdekatan umurnya dan untuk anak perempuan satu ekor kambing”. (HR. Ahmad 6/422 dan At-Tirmidzi 1516)

• Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari Kakeknya, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa diantara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.” (HR Abu Dawud, Nasa’i, Ahmad)

• Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah beraqiqah untuk Hasan dan Husein pada hari ke-7 dari kelahirannya, beliau memberi nama dan memerintahkan supaya dihilangkan kotoran dari kepalanya (dicukur).” (HR. Hakim)

B. Beberapa hal tambahan mengenai pelaksanaan Aqiqah :
• Menurut sebagian kalangan Syafii, jika seseorang mengetahui dirinya ternyata belum diaqiqahi oleh orang tuanya (saat dia masih kecil), maka dia boleh mengaqiqahi dirinya sendiri. Dalilnya hadist riwayat Al Thabrani yang berasal dari Anas RA disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengaqiqahi dirinya sendiri setelah di utus sebagai nabi. Derajat hadist ini seperti yang disebutkan dalam silsilah ash-Shahiha,menurut Al Albani adalah sahih.

• Apabila memang tidak punya biaya, sebaiknya jangan berhutang hanya karena ingin aqiqah. Sekali lagi, hukum aqiqah adalah sunnah, bukan wajib.
C. Mencukur Rambut
Mencukur rambut adalah anjuran Nabi yang sangat baik untuk dilaksanakan ketika anak yang baru lahir pada hari ketujuh.
Dalam hadist Samirah disebutkan bahwa Rasulullah SAW. Bersabda,”Setiap anak terikat dengan aqiqahnya. Pada hari ketujuh disembelihkan hewan untuknya, diberi nama, dan dicukur.” (HR. At-Tirmidzi).

Dalam kitab al-Muwaththa Imam Malik meriwayatkan bahwa Fatimah menimbang berat rambut Hasan dan Husein lalu beliau menyedekahkan perak seberat rambut tersebut.

Tidak ada ketentuan apakah harus digundul atau tidak. Tetapi yang jelas pencukuran tersebut harus dilakukan dengan rata, tidak boleh hanya mencukur sebagian kepala dan sebagian yang lain dibiarkan. Tentu saja semakin banyak rambut yang dicukur dan ditimbang semakin insyaAllah semakin besar pula sedekahnya.

Aqiqah Berkah adalah Layanan Aqiqah murah dengan kambing terbaik dan berkualitas. kami siap membantu dalam pelaksanaan Aqiqah Anda. Hubungi 085749622504 segera……..

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,