Paket Aqiqah Ponorogo

Paket Aqiqah Ponorogo

Assalamu’alaikum sahabat Aqiqah Berkah ponorogo. Gimana kabar kalian sobat?fine kan pastinya. Nah kini Aqiqah Berkah Hadir di kota ponorogo, yang akan membantu sahabat-sahabat yang berada di ponorogo untuk melaksanakan sunnah Rasulullah SAW yaitu Aqiqah. Sebelum kita masuk ke Aqiqah Ponorogo kami akan mengulas mengenai beberapa tradisi terkait kelahiran bayi? Cekidot…….

Beberapa Tradisi Terkait Kelahiran Seorang Bayi

Setelah menjalani beberapa periode dalam kandungan, janin yang kemudian menjadi bayi bias merasakan proses kelahiran di dunia. Namun tidak itun saja, setelah bayi itu lahir, maka dalam syariat agama juga memberikan beberapa tuntunan yang bias dilaksanakan setelah kelahiran bayi seorang muslim.

Adapun tuntunan itu bias dilakukan persis setelah bayi terlahir ke dunia hingga ia kelak beranjak menjadi seorang anak yang dewasa. Setelah bayi dilahirkan oleh ibunya, ada beberapa hal yang biasanya dilakukan terhadap bayi tersebut.

Kelahiran bayi ditengah-tengah keluarga kita adalah sebuah anugrah yang tiada terkira. Allah Ta`ala telah mengenugrahkan ni`mat-Nya kepada kita, sekaligus memberikan amanah dipundak kita.

Bagaiman kita bias menyambut kelahiran sang bayi menurut tuntunan islam, untuk kemudian dilanjutkan dengan menempuh upaya-upaya pendidikan guna menyiapkan buah hati menjadi generasi idaman. Dan Islam sebagai agama paripurna telah memiliki seperangkat ajaran untuk menyambut kelahiran seorang bayi.

Rasulullah SAW. Telah mengajarkan kepada kita beberapa sunnah yang mengiringi kelahiran bayi, antara lain :

1. Ungkapan Suka Cita Dan Selamat Atas Karunia Anak

Disunnahkan menyampaikan ungkapan rasa suka cita dan selamat atas kelahiran anak. Allah SWT. Berfirman berkaitan dengan kisah Nabi Ibrahim AS. Dalam surat Ash-Shafat ayat 101 yang artinya “Maka Kami beri Dia khabar gembira dengan seorang anak yang Amat sabar”

Allah SWT berfirman dalam dalam surat Al Hijrr ayat 53 yang artinya:
mereka berkata: “Janganlah kamu merasa takut, Sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran seorang) anak laki-laki (yang akan menjadi) orang yang alim.

Dan juga firmannya dalam surat Maryam ayat : 7 yang artinya :
“Hai Zakaria, Sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan Dia.”

Selain terdapat dalam al Quran juga terdapat dalam hadits Nabi yang berbunyi : “Ketika Nabi Muhammad SAW lahir Tsuwaibah menyampaikan ungkapan suka cita atas kelahiran beliau kepada Abu Lahab, Tsuwaibah adalah seorang budak, ia berkata, “ pada malam hari ini telah lahir anak laki-laki dari Abdullah.” Maka Abu Lahab memerdekakan Tsuwaibah sebagai wujud kegembiraannya. Dan Allah tidak menyia-nyiakan tindakan Abu Lahab ini, setelah kematianya Allah memberinya Minum dari lekuk pada pangkal ibu jarinya.

Karena ungkapan suka cita itu dapat menimbulkan rasa gembira, maka orang muslim dianjurkan menyampaikan kabar gembira kepada saudaranya.

Berkaitan dengan lafazh ucapan selamat, tidak ada lafazh tertentu yang diucapkan dalam momentum kelahiran anak. Yang tampak ada kelonggaran dalam masalah ini, dengan syarat ucapan selamat tersebut tidak memperlihatkan tradisi jahiliyah, misalnya bergembira atas kelahiran anak laki-laki dan tidak bergembira atas kelahiran anak perempuan.

2. Mengumandangkan Adzan Ditelinga Bayi

Kebanyakan buku atau kitab yang menjelaskan hal-hal yang mesti dilakukan ketika menyambut sang buah hati adalah amalan satu ini yaitu adzan dan iqamah di telinga bayi yang baru lahir.

Adzan yang dikumandangkan di telinga bayi yang baru lahir sama seperti adzan yang dikumandangkan untuk panggilan menunaikan ibadah shalat. Hal yang membedakan mungkin hanya cara mengumandangkan saja.

Adzan yang ditujukan untuk memanggil orang-orang untuk shalat dilakukan dengan keras, sehingga banyak orang yang mendengarnya. Sedangkan adzan yang dikumandangkan di telinga anak yang baru lahir dilantunkan dengan suara yang lembut.

3. Ngetok Usus

Ngetok Usus; pusar bayi di urut agar darahnya mengumpul lalu dipotong dengan wela(bamboo yang ditajamkan) dari bamboo wulung dilandesi kunir. Darah yang keluar dileletkan pada bibir bayi. Welat tadi disimpan lalu digunakan lagi atau dimasukkan kendil bersamaan dengan ari-ari.

4. Mendhem Ari-Ari

Yakni selaput tipis pembungkus bayi dan kulit tipis yang terletak di muka bayi yang berisi air sebagai asupan makanannya.

Disiapkan kendil yang masih baru lalu ari-ari dimasukkan dialasi daun senthe, lalu ditaburi kembang boreh, lalu dimasukkan minyak wangi, kunir landesan dan bamboo welatnya (jika tidak disimpan), gama, jarum, benang, gantal dua ikat, kemiri, tulisan Arab, Jawa, ABC…., uang, Dll, lalu di tutup lemper yang masih baru.

Kemudian kendil ditutup kain mori yang masih baru. Di daerah tertentu kendil tersebut dihanyutkan di sungai, ada yang digantung di luar rumah dan yang lumrah itu dikubur.

Yang mengubur adalah ayahnya sendiri lalu tempat mengubur deberi penerang selama beberapa hari. Saat ayahnya harus memakai pakaian yang baik dan membawa keris, untuk kemudian setiap wetonan bayi tempat penguburan itu disiram bunga setaman.

5. Brokohan

Yaitu selamatan dan sajen saat kelahiran bayi berupa, telur mentah berjumlah sesuai neptu dina dan pasaran lahir bayi, gula jawa, dawet, ambeng.

6. Tahnik Pada Bayi

Tahnik yaitu mengunyah sesuatu lalu meletakkannya di mulut bayi. Ada ungkapan, hanaktu ash-shabiya (aku mengunyah kurma kemudian mengoleskannya di langi-langit mulutnya).

Dengan demikian, makna tahnik ialah mengunnyah kurma hingga cair kemudian mengoleskannya di langit- langit mulut bayi. Yaitu dengan meletakkan sedikit kunyahan pada jari, lalu memasukkannya kedalam mulut bayi dan menggerak-gerakkannya ke kanan dan ke kiri secara lembut hingga mulut rata dengan materi yang di kunyah.

Lebih utama bila yang melakukan tahnik adalah orang yang dikenal bertaqwa dan shalih, guna mengharap berkah dan mencita-citakan keshalihan dan ketaqwaan bayi.

Adapun waktu yang tepat untuk mentahnik adalah dilakukan pada waktu kelahiran, dan hendaknya dilakukan dengan menggunakan kurma, sehingga kurma menjadi makanan pertama yang disesap bayi bersama air ludahnya.

Jika tidak ada kurma, maka para ulama memperbolehkan tahnik menggunakan sesuatu yang semakna dengan kurma.

7. Mencukur Rambut Kepala Bayi

Ada beragam alasan kenapa orang tua mencukur rambut kepala bayi. Mulai dari agam, bagian dari budaya, sampai alas an kebersihan. Apapun dasarnya, mencukur rambut bayi memeng punya banyak manfaat, seperti membersihkan lemak.

Di karenakan saat melewata jalan lahir, banyak lemak dan kotoran rahim ibu yang menempel di sekujur tubuh bayi, termasuk di rambutnya.

Disunnahkan mencukur gundul kepala bayi pada hari ketujuh, sebagaimana sisampaikan oleh Nabi Muhamad SAW dalam beberapa hadits berikut yang artinya:
Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar An Namari, telah menceritakan kepada kami Hammam, telah menceritakan kepada kami Qatadah, dari Al Hasan dari Samurah dari Rasulullah shallallahu wa’alaihi wa sallam, beliau berkata: “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelih untuknya pada hari ketujuh dan rambutnya dicukur.”

Kemudian rambut yang telah dipotong tersebut ditimbang dan kita disunahkan untuk bersedekah dengan perak sesuai dengan berat timbangan rambur bayi tersebut. Ini sesuai dengan perintah Rasulullah kepada putrinya Fatimah: Hai Fatimah, cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak sesuai dengan berat timbangan rambutnya kepad fakir miskin” (HR. Tirmidzi dan Al-Hakim).

8. Pemberian Nama

Nama bagi setiap orang adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat bermakna. Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya kita memanggil seseorang yang tidak mempunyai nama atau seseorang yang kita tidak ketahui namanya.

Bisa dibayangkan bagaimana kita memanggil seseorang yang namanya mengandung makna yang jelek, nama yang kurang baik. Ini semua akan menyulitkan dalam pergaulan kita. Kalau suatu saat kita memanggil seseorang dengan sebutan “Anu”, maka semua orang yang mendengarnya akan menoleh kepada kita, karena ia mengira dialah yang kita panggil.

Kita harus memilihkan nama yang baik, yang bagus, dan bermakna bagi anak kita. Jangan mengambil nama yang jelek dan tidak bermakna. Dan tidak perlu harus menggunakan bahasa Arab.

Sebab, ada juga yang memilih nama dari Bahasa Arab dan ternyata maknanya tidak terpuji, misalnya memberikan nama anak perempuan dengan Siti Bakaroh artinya sapi betina, atau memberikan nama Hamim (artinya neraka yang mendidih) kepada anak laki.

Nah itulah mungkin yang dapat kami sampaikan mengenai Tradisi Terkait Kelahiran Seorang Bayi. Semoga ulasan di atas tersebut dapat bermanfaat bagi anda dan bisa jadi pandangan anda untuk melaksanakan aqiqah. Amiiinnnn…

Selanjutnya pembahasan sesuai dengan topik utama yaitu aqiqah ponorogo. Yuk lanjut membacanya sahabat-sahabat aqiqah ponorogo…

Pasti kalian udah taukan.. di indonesia ini banyak sekali layanan aqiqah, jasa aqiqah, dan sejenisnya.

Nah.. di Aqiqah Ponorogo ini menyediakan paket aqiqah ponorogo yang murah, praktis dan mudah yang berbeda dengan layanan atau jasa aqiqah lainnya.

Kambing aqiqah yang berkualitas di ambil dari peternakan sendiri dan pastinya kambing yang terbaik memenuhi syar’i.

Alasan Aqiqah Lewat Aqiqah Ponorogo?

Aqiqah Ponorogo merupakan sebuah unit usaha yang digagas oleh badan wakaf peduli dhuafa.

Badan wakaf peduli dhuafa merupakan sebuah lembaga visioner dan inspirator kemandirian, dimana karyawan yang tergabung dalam lembaga ini berkomitmen untuk mentasrufkan dana ZISWAF-nya 100% kepada orang-orang yang membutuhkan.

Gaji karyawan akan diambilkan dari unit usaha yang demikiannya, diantaranya peternakan sapi,cetering aqiqah, pengelolaan hewan qurban.

Jenis Paket Aqiqah yang ada di Aqiqah Berkah Ponorogo sebagai berikut :

1. Paket Aqiqah Mandiri

  • Dikirim ke rumah Sohibul Aqiqah.
  • Wilayah Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Madiun, Ponorogo, Kediri, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya.
  • Pilihan menu Sate, Gule, Rendang, Daging Lapis, Krengseng, Dendeng Ragi, Kambing Guling, dan menu lainnya.

2. Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)

  • Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
  • Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
  • Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Jika anda akan melakukan aqiqah, segera hubungi kami. Kami akan membantu pelaksanaan aqiqah anda.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

Telp: 0857-4962-2504

HP/WA: 0813-3568-0602

This image has an empty alt attribute; its file name is Desain-160-19-1015x1024.jpg

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Aqiqah Anda_-_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *