Paket Aqiqah Ngawi

Paket Aqiqah Ngawi

Hello kawan-kawan yang berada di Ngawi. Kini bagi anda yang belum beraqiqah, layanan aqiqah hadir di Ngawi untuk membantu pelaksanaan aqiqah anda. Sebelum beraqiqah sebaiknya anda tahu dulu apa itu aqiqah, hukum aqiqah, syarat hewan aqiqah, waktu pelaksanaan aqiqah dan hikmah aqiqah. Untuk jelasnya baca di bawah ini agar lebih jauh lagi tahu mengenai aqiqah. Tapi kami kan mengulas mengenai Kota Ngawi terlebih dahulu. Mari kawan…

Kabupaten Ngawi terletak di wilayah barat Propinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah. Luas wilayah Kabupaten Ngawi adalah 1.298,58 km2, di mana sekitar 40 persen atau sekitar 506,6 km2 berupa lahan sawah. Secara administrasi wilayah ini terbagi ke dalam 19 kecamatan dan 217 desa, dimana 4 dari 217 desa tersebut adalah kelurahan. Pada tahun 2004 berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) wilayah Kabupaten Ngawi terbagi ke dalam 19 kecamatan, namun karena prasaranan administrasi di kedua kecamatan baru belum terbentuk maka dalam publikasi ini masih menggunakan Perda yang lama.

Secara geografis Kabupaten Ngawi terletak pada posisi 7° 21’ – 7° 31’ Lintang Selatan dan 110° 10’ – 111° 40’ Bujur Timur. Topografi wilayah ini adalah berupa dataran tinggi dan tanah datar. Tercatat 4 kecamatan terletak pada dataran tinggi yaitu Sine, Ngrambe, Jogorogo dan Kendal yang terletak di kaki Gunung Lawu.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora (keduanya termasuk wilayah Provinsi Jawa Tengah), dan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Madiun di timur,Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun di selatan, serta Kabupaten Sragen (Jawa Tengah) di barat. Bagian utara merupakan perbukitan, bagian dari Pegunungan Kendeng. Bagian barat daya adalah kawasan pegunungan, bagian dari sistem Gunung Lawu (3.265 meter).

ngawi-map
Beberapa wisata yang ada di ngawi yang wajib di kunjungi.

1. Air Terjun Pengantin
Kamu mungkin masih ingat dengan film ber-genre slasher thriller yang dibintangi oleh artis Tamara Bleszynski berjudul Air Terjun Pengantin. Nah, siapa sangka kalau air terjun Pengantin ini benaran ada di Ngawi? Tentunya, air terjun ini berbeda dengan yang diceritakan dalam film. Tak ada nuansa mencekam di sini.

Air terjun ini dinamakan air terjun Pengantin karena ada sepasang air terjun yang berada berdampingan dengan ketinggian sekitar 12 meter. Objek wisata ini masih belum banyak dijamahi wisatawan. Memang, letaknya lumayan tersembunyi di balik Perkebunan Teh Jamus, ikon pariwisata Ngawi yang akan kita bahas lebih lanjut nanti. Untuk menuju ke air terjun ini, datanglah ke Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatang Ngrambe, yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari jantung kota.

2. Kebun teh Jamus
Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Srambang
Kaki gunung Lawu menyimpan sejuta pesona. Tak cuma di kawasan Tawangmangu di Karanganyar, tapi juga di daerah Ngawi. Salah satunya adalah air terjun Srambang yang terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Air terjun ini tersembunyi di balik hutan pinus, sehingga suasanya terasa sangat sejuk dan asri.

Untuk mencapai air terjun Srambang, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 25 Km dari pusat kota Ngawi. Meski jalannya terjal dan berliku, kamu akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang dikelola oleh KPH Ngawi sehingga bikin kamu lupa kalau jalannya jelek. Selanjutnya, kamu juga masih harus trekking sekitar setengah jam dari pos retribusi. Memang, perjalanan menuju air terjun ini adalah sebuah pertualangan yang melelahkan tapi juga seru dan menyenangkan.

4. Benteng Pendem
Tidak hanya wisata alamnya saja yang memukai di Ngawi, wisata sejarah pun akan dapat memuaskan setiap wisatawan dengan koleksi peninggalan masa penjajahan Belanda. Berlokasi tepat di sudut pertemuan antara Sungai Madiun dan Bengawan Solo, pengunjung bisa menemukan benteng ini di Kecamatan Ngawi, Kelurahan Pelem. Benteng Pendem ini merupakan benteng yang dibangun oleh pemerintah Hindia-Belanda yang pembangunannya selesai di tahun 1845.

Pada zaman dulu, penghuni dari benteng ini adalah para tentara Belanda yang jumlahnya ada sekitar 250 orang yang memiliki senjata bedil berikut 60 orang kavaleri yang berada di bawah kepemimpinan Van Den Bosch serta adanya 6 meriam api yang ada di sana. Makam K.H Muhammad Nursalim yang merupakan salah satu pengikut Pangeran Diponegoro juga ada di dalam benteng ini. Ini karena dulu ia ditangkap dan dibawa ke Benteng Van Den Bosch oleh Belanda.

  1. Benteng Van Den Bosch mulai menerima pengunjung dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.
  2. Pengunjung dikenakan biaya masuk Rp 5 ribu per kepala.
  3. Pengunjung yang membawa kendaraan mobil perlu membayar parkir sebesar Rp 3 ribu. Sementara para pengendara sepeda motor hanya perlu membayar Rp 1 ribu saja untuk parkir.

5. Museum Trinil
amu yang suka maupun pernah belajar sejarah manusia purba mungkin gak asing lagi dengan spesies Phitecantropus erectus. Ya, fosil salah satu spesies manusia purba yang paling populer ini ditemukan di Ngawi. Oleh karena itu, didirikanlah Museum Trinil di dusun Pilang, desa Kawu, kecamatan Kedunggalar, sekitar 14 Km dari pusat kota Ngawi.

Di museum ini, kamu bisa mengamati sejumlah fosil yang terkait jejak-jejak kehidupan manusia purba di situs Trinil, Ngawi. Selain itu, ada pula berbagai macam fosil hewan dan tumbuhan prasejarah yang dipamerkan di museum ini.

6. Waduk Pondok
Letaknya yang ada di tengah-tengah pulau membuat kabupaten Ngawi tidak punya pantai. Sebagai gantinya buat traveler yang suka dengan wisata air bisa berkunjung ke sekitar desa Gandong, Suruh, Dampit, Kenongorejo, Kecamatan Bringin, di sana terdapat Waduk Pondok. Waduk seluas 2.596 hektar ini dikelilingi oleh hutan pohon jati dan mahoni.

Waduk Pondok sering dijadikan tujuan rekreasi keluarga. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di sana seperti memancing, berperahu atau berkeliling menggunakan jetski. Hanya saja jika kamu berkunjung pada saat-saat ini kondisi waduk cukup memprihatinkan sebab debit airnya susut hingga 80% akibat kemarau panjang. Waktu terbaik berkunjung ke waduk ini adalah pada bulan Muharam, biasanya disekitar waduk diadakan upacara ritual nyadran yang mampu menyedot banyak pengunjung.

7. Srigati
Sekitar 12 Km dari pusat kota Ngawi atau tepatnya di Desa Babadan, Kecamatan Paron, ada Pesanggrahan Srigati yang juga memiliki nilai sejarah. Percaya gak percaya, selain menjadi tempat petilasan Raja Brawijaya, tempat ini konon juga menjadi keraton bagi kerajaan lelembut alias makhluk gaib. Makanya, tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan tempat ini untuk ngalap berkah maupun ngelmu alias mencari ilmu gaib.

Terlepas dari hal-hal gaib tersebut, Pesanggrahan Srigati cukup menarik untuk dikunjungi, karena tempat ini tak terpisahkan dengan sejarah kota Ngawi. Apalagi, ada sejumlah tempat yang menarik untuk ditengok, seperti Selodakan, Sendang Drajat, Palenggahan Agung Srigati, Palenggahan Sukarno, serta Sendang Tempuran Silogonggo.

8. Monumen Suryo
Monumen Suryo ini berdiri di sebuah hutan jati yang dibangun untuk menghormati Gubernur pertama Jawa Timur, Mr. Soerjo. Dia tewas dalam kerusuhan komunis pada tahun 1948. Seperti resor wisata alam lainnya, resor ekowisata ini juga menawarkan panorama alam yang mengatur terhadap jati mahoni padat dan kehutanan. Selain untuk mengenang, tempat ini juga didirikan untuk menandai 23 jenis tanaman langka yang dilindungi oleh hukum, seperti: sawo kecik, citradora, cendana sonokeling, dan lain2. Ada juga banyak jenis burung yang telah dibesarkan seperti: Perkutut, Podang, Jalak, dan Bekisar.

9. Alas Ketonggo
Budaya Jawa menyimpan dan menyelinapkan tabir-tabir misteri sebagai inspirasi spirit dan mental yang berwujud sanepan dengan makna yang tersirat, bukan tersurat bagi generasi-nya, agar tidak lengkang oleh perkembangan jaman. Alas Ketonggo sebagai satu contoh tempat yang menyimpan legenda dan mitos di dalam angan-angan dan impian di dalam pikiran, perasaan dan budi. Ada banyak masyarakat yang hanyut pengertian dan pengetahuannya untuk meyakini dan mempercayai Alas Ketonggo dengan makna tersurat atau lahiriah. Hingga tidak tanggung-tanggung secara mentah menjadikan Alas Ketonggo sebagai ajang pencarian inspirasi demi perkembangan mental dan spiritnya.

10. Nikmati tepo tahu dan wedang cemue
Selain menikmati indahnya pesona alam dan sejarah yang dimiliki Kabupaten Ngawi, kamu juga wajib menjajal kuliner khasnya. Salah satunya adalah tepo tahu. Tepo adalah makanan serupa lonting yang terbuat dari beras, hanya saja tekstur dan bentuknya sedikit berbeda. Makanan berupa lontong dan tahu goreng ini biasa disajikan dengan toge, kol, seledri, plus taburan kacang tanah dan kerupuk, lalu disiram dengan kuah khas yang rasanya segar.
Selain itu, kamu juga wajib mencicipi wedang cemue, yaitu minuman segar yang terbuat dari perpaduan santan, gula tebu, roti tawar, jahe, serta kacang telur. Minuman ini pas banget dinikmati hangat-hangat saat udara dingin. Dijamin badan kamu jadi ikutan hangat, deh!

11. Taman Wisata Tirto Nirmolo
Taman Wisata Tirto Nirmolo terletak di Jalan Raya Ngawi Madiun km 6, Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Taman Wisata Tirto Nirmolo dilengkapi dengan beberapa fasilitas permainan anak dan cocok dijadikan untuk tempat berwisata bersama keluarga.

12. Pemandian Hargo Dumilah
Pemandian Hargo Dumilah terletak di Desa Setono, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Air yang digunakan di Pemandian Hargo Dumilah bersumber dari lereng Gunung Lawu sehingga sangat jernih dan segar.

Demikianlah sejumlah tempat wisata di Ngawi yang tidak hanya menyejukkan hati, tapi juga dapat menambah wawasan para wisatawannya. Ambil waktu dan sempatkan untuk jalan-jalan di lokasi-lokasi tersebut selama liburan di Ngawi. Selanjutnya kami akan nmengulas sedikit mengenai aqiqah, hukum aqiqah menurut syariat, dll. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel dibawah ini mengenai aqiqah.

Aqiqah
Menurut bahasa ‘Aqiqah artinya : memotong. Asalnya dinamakan ‘Aqiqah, karena dipotongnya leher binatang dengan penyembelihan itu. Ada yang mengatakan bahwa aqiqah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong Ada pula yang mengatakan bahwa ‘aqiqah itu asalnya ialah : Rambut yang terdapat pada kepala si bayi ketika ia keluar dari rahim ibu, rambut ini disebut ‘aqiqah, karena ia mesti dicukur.
Aqiqah adalah penyembelihan domba/kambing untuk bayi yang dilahirkan pada hari ke 7, 14, atau 21. Jumlahnya 2 ekor untuk bayi laki-laki dan 1 ekor untuk bayi perempuan.

Hukum Aqiqah
Ada tiga pendapat ulama dalam masalah status hukum aqiqah yaitu wajib, sunnah muakkad dan sunnah. Menurut madzhab Syafi’i hukumnya adalah sunnah (mustahab) apabila mampu.

Pada dasarnya aqiqah disyariatkan untuk dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran. Jika tidak bisa, maka pada hari keempat belas. Adn jika tidak bisa pula, maka pada hari kedua puluh satu. Selain itu, pelaksanaan aqiqah menjadi beban ayah.

Namun demikian, jika ternyata ketika kecil ia belum di aqiqahi, ia bisa melakukan aqiqah sendiri disaat dewasa. Satu ketika al-Maimuni bertanya kepada Imam Ahmad, “Ada orang yang belum diaqiqahi, apakah ketika besar ia boleh mengaqiqahi dirinya sendiri? “ Imam Ahmad menjawab, “Menurutku, jika ia belum diaqiqahi ketika kecil, maka lebih baik melakukannya sendiri saat dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh”.

Para pengikut Imam Syafi’i juga berpendapat demikian. Menurut mereka, anak-anak yang sudah dewasa yang belum diaqiqahi oleh orang tuanya, dianjurkan baginya untuk melakukan aqiqah sendiri.

Syarat Hewan Aqiqah
Adapun syarat hewan aqiqah yang dapat dijadikan aqiqah itu sama dengan syarat hewan qurban, anatar lain :
1. Kambing : sempurna berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia 2 (dua) tahun.
2. Domba : sempurna berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke 7 (tujuh).
3. Tidak boleh ada anggota hewan yang cacat.
4. Dagingnya tidak boleh dijual.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah
1. Waktu pelaksanaan aqiqah disunnahkan pada hari ketujuh lahirnya anak sekaligus memberi nama.
2. Yang melaksanakan dan membeli kambing adalah orang tua anak yakni ayah sebagai kepala rumah tangga.
3. Apabila aqiqah tidak dilakukan sampai anak mencapai akil baligh, maka gugurlah kewajiban aqiqah bagi orang tua.
4. Anak yang belum diaqiqahi sampai baligh boleh beraqiqah untuk dirinya sendiri dan boleh tidak melakukannya.

hikmah aqiqah diantaranya :

  1. Merupakan pengorbanan yang akan mendekatkan anak kepada Allah SWT pada awal menghirup udara kehidupan.
  2. Merupakan penebusan bagi anak dari berbagai musibah dan kehancuran.
  3. Merupakan bayaran hutang anak untuk memberi syafaat pada kedua orang tuanya.
  4. Sebagai media menumpahkan rasa gembira dengan melaksanakan Syariat Islam.
  5. Dapat memperkuat ikatan cinta atau persaudaraan diantara warga masyarakat, yang mana mereka akan berkumpul dan bergembira menyambut kelahiran putra saudaranya.

Nah,. Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan seputar aqiqah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan berguna bagi kawan-kawan khususnya yang berada di Ngawi. Selanjutnya kini kami mau mengulas sedikit mengenai Aqiqah yang berada di Ngawi. Yukk lanjut bacanya… sedikit kok…:-)

Pasti kalian udah taukan.. di indonesia ini banyak sekali layanan aqiqah, jasa aqiqah, dan sejenisnya. Nah.. di Aqiqah Ngawi ini menyediakan paket aqiqah yang murah, praktis dan mudah yang berbeda dengan layanan atau jasa aqiqah lainnya. Kambing aqiqah yang berkualitas di ambil dari peternakan sendiri dan pastinya kambing yang terbaik memenuhi syar’i.

kambing aqiqah
Alasan Aqiqah Lewat Aqiqah Ngawi?
Aqiqah Ngawi merupakan sebuah unit usaha yang digagas oleh badan wakaf peduli dhuafa. Badan wakaf peduli dhuafa merupakan sebuah lembaga visioner dan inspirator kemandirian, dimana karyawan yang tergabung dalam lembaga ini berkomitmen untuk mentasrufkan dana ZISWAF-nya 100% kepada orang-orang yang membutuhkan. Gaji karyawan akan diambilkan dari unit usaha yang demikiannya, diantaranya peternakan sapi,cetering aqiqah, pengelolaan hewan qurban.

Jenis aqiqah yang ada di Aqiqah Ngawi sebagai berikut :

1. Aqiqah Mandiri
• Dikirim ke rumah Sohibul Aqiqah.
• Wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, malang, Tulungagung, Madiun, Ngawi dan Sekitarnya.
• Pilihan menu (pengganti sate) lapis, Krengseng, sate rebus, rendang, dendang ragi, rawon.

Aqiqah Mandiri Dengan Kambing Betina

mandiri
Aqiqah Mandiri dengan Kambing Jantan

mandiri1

2. Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)
• Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
• Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
• Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah Peduli dengan Kambing Betina

peduli
Aqiqah Peduli dengan Kambing Jantan

peduli1

Jika anda akan melakukan aqiqah, segera hubungi kami. Kami akan membantu pelaksanaan aqiqah anda.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Aqiqah Anda_-_

Tags: , , , , , , ,