Paket Aqiqah Gresik

Paket Aqiqah Gresik

Hasil gambar untuk nasi kotak aqiqah

Assalamu’alaikum sahabat Aqiqah Gresik gimana keadaan hari ini? semoga baik dan sehat semuanya. Nah kali ini Aqiqah Berkah akan mengulas sedikit mengenai Aqiqah sebelum kita beranjak ke Aqiqah Gresik. Mungkin para sahabat sudah tau apa itu aqiqah. Walaupun itu hanya tau aja. kalau sahabat ingin tau dan bener-bener ingin tau apa itu aqiqah?apa hikmah aqiah?apa hukum aqiqah. Yukkkk baca ulasan di bawah ini.. tapi mau mengulas sedikit mengenai kota Gresik dahulu.

Asal kata Gresik menurut Thomas Stamford Raffles, dalam bukunya “The History of Java” adalah giri gisik, yang berarti gunung di tepi pantai. Sesuai dengan letak kota ini yang berada di pinggir pantai dan sudah tidak diragukan lagi bahwa wisata pantai menjadi salah satu andalannya.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Gresik. Kini kami akan mengulas sedikit mengenai aqiqah untuk memberi pandangan anda tentang aqiqah. Sebelum pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah adalah salah satu ajaran Islam yang dicontohkan Rasulullah SAW. Aqiqah mengandung hikmah dan manfaat positif yang kita bisa petik di dalamnya. Oleh karena itu. Kita sebagai umat Islam sudah selayaknya melaksanakan setiap ajaran Rasulullah SAW tanpa terkecuali, termasuk aqiqah ini.

Setiap orang tua mendambakan anak yang shaleh, berbakti dan mengalirkan kebahagiaan kepada kedua orangnya. Aqiqah adalah salah satu acara penting untuk menanamkan nilai-nilai ruhaniah kepada anak yang masih suci.

Dengan Aqiqah diharapkan sang banyi memperoleh kekuatan, kesehatan lahir dan batin. Ditumbuhkan dan dikembangkan lahir dan batinnya dengan nilai-nilai Ilahiyah.

Dengan Aqiqah diharapkan sang bayi kelak menjadi anak yang shaleh dan berbakti kepada kedua orang tuanya. Jika acara ini dilaksanakan dengan tulus ikhlas dan dijiwai nilai-nilai rohaninya oleh kedua orang tuanya, tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan sang bayi, khususnya jiwa dan rohaninya.

Aqiqah adalah salah satu acara ritual di dalam Islam, yang dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran seorang bayi. Aqiqah hukumnya sunnah muakkad (mendekati wajib), bahkan sebagian ulama menyatakan wajib.

Hukum Aqiqah

Aqiqah bagi anak yaitu sembelihan yang disembelih dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan sebagai rasa syukur kepada-Nya atas nikmat lahirnya seorang anak yang diadakan pada hari ketujuh dari kelahirannya.

Para ulama berbeda pendapat dalam masalah aqiqah ini, hukumnya sunnah ataukah wajib. Mayoritas ahlul ilmi berpendapat bahwa hukumnya sunnah mu’akkad.

Hingga Imam Ahmad mengatakan, “Hendaknya dia berhutang dan mengaqiqahinya.” Maksudnya: bahwa orang yang tidak memiliki harta hendaknya berhutang dan mengaqiqahi anaknya, dan Allah-lah yang akan menggantinya, sebab dia berusaha menghidupkan sunnah.

Yang dimaksud dengan ucapan beliau rahimahullâh, “hendaknya dia berhutang” adalah bagi orang yang bisa diharapkan untuk melunasi hutangnya pada waktu mendatang.

Adapun orang yang tidak bisa diharapkan untuk melunasinya, maka tidak sepantasnya berhutang untuk mengaqiqahi anaknya. Pendapat dari Imam Ahmad rahimahullâh ini sebagai dalil bahwa aqiqah tersebut hukumnya sunnah mu’akkad, dan memang seperti itu.

Maka seyogyanya mengaqiqahi anak laki-laki dengan dua kambing dan anak perempuan dengan satu kambing. Hal itu dilakukan pada hari ketujuh, dimakan, dihadiahkan dan disedekahkan dagingnya.

Tidak mengapa dia menyedekahkan dan mengumpulkan karib kerabat serta tetangganya untuk makan daging aqiqah tersebut dengan disertai jamuan yang lain.

(Fatawa Ibnu ‘Utsaimin)
(Dinukil dari Risalah ilal ‘Arusain wa Fatawa Az-Zawaj wal Mu’asyaratin Nisaa’ (Bingkisan ‘tuk Kedua Mempelai) karya Abu ‘Abdirrahman Sayyid bin ‘Abdirrahman Ash-Shubaihi, taqdim: Fadhilatusy-Syaikh Muhammad Jamil Zainu, hal. 595, penerjemah: Abu Hudzaifah, penerbit: Maktabah Al-Ghuroba’

Hikmah Aqiqah (Menurut Drs. Abu Zaki Akhmad) sebagai berikut :

Banyak sekali manfaat yang akan di dapat dengan aqiqah, diantaranya :

  1. Membebaskan anak dari ketergadaian.
  2. Pembelaan orang tua di hari kemudian.
  3. Menghindari anak dari musibah dan kehancuran, sebagaimana pengorbanan Nabi Ismaila a.s dan Ibrahima a.s.
  4. Pembayaran hutang orang tua kepada anaknya.
  5. Pengungkapan rasa gembira demi tegaknya islam dan keluarganya keturunan yang di kemudian hari akan memperbanyak ummat Muhammad SAW.
  6. Memperkuat tali silaturrahmi di antara anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak.
  7. Sumber jaminan sosial dan menghapus kemiskinan di masyarakat.
  8. Melepaskan bayi dari godaan setan dalam urusan dunia dan akhirat.

Pelaksanaan Aqiqah

Kapankah sebaiknya aqiqah itu dilaksanakan?
Aqiqoh lebih baik dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran, apabila tidak memungkinkan, maka pada hari keempat belas, jika tidak juga, maka pada hari kedua puluh satu, dan jika tidak mungkin juga, maka di hari mana pun juga boleh.

Namun menunda-nunda untuk melakukannya dengan alasan yang tidak dibenarkan, maka termasuk ke dalam kategori melalaikan perintah agama. Hadist yang menjelaskan waktu pelaksanaan aqiqoh adalah sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, “Aqiqah disembelih pada hari ketujuh, atau pada hari keempat belas atau pada hari kedua puluh satu.” (HR. Baihaqi).

Hewan Untuk Aqiqah

Di dalam riwayat imam Ahmad HR. At-Tirmidzi disebutkan :
Dari Ummu Kurzin Al Ka’biyah, bahwa ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Aqiqah. Beliau bersabda :
“Untuk bayi laki-laki dua ekor kambing kibas dan untuk bayi perempuan seekor kambing kibas dan tidaklah merugikan kamu yang jantan atau yang betina.”

Hadist diatas menyatakan secara jelas bahwa kambing untuk aqiqah boleh jantan boleh juga betina. Tentang berapa umur binatang tersebut, tidak ada perinciannya lebih lanjut dari binatang tersebut, tidak ada perincian lebih lanjut dari rasulullah SAW.

Hal ini berbeda dengan kambing yang disembelih untuk Idul Qurban, umurnya jelas, ciri dan keadaannya pun jelas, yaitu kambing harus berumur satu tahun keatas, tidak kurus, tidak pincang, tidak cacat mata. Tapi harus sehat dan gemuk. Untuk aqiqah ini disunnahkan dimasak terlebih dahulu sebelum dibagi.

Penyaluran Aqiqah

Mereka yang paling layak menerima sedekah adalah orang fakir dan miskin dari kalangan umat Islam, begitu juga dengan aqiqah, mereka yang paling layak menerima adalah orang miskin dikalangan umat Islam.

Daging selain disedekahkan juga bisa dimakan oleh keluarga yang melakukan aqiqah. Hal ini berdasarkan hadist Aisyah r.a. :
“Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan, ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh.” (HR. Al-Baihaqi)

Aqiqah dan kepedulian

Pada aspek sosial, Ibadah aqiqah dapat menjalin ukhuwah pada sesama tatkala kambing yang disembelih lalu dimasak.

Masakan aqiqah tersebut tidak diantar ke shohibul aqiqah tetapi dibagikan kepada masyarakat yang tidak berpunya (dhuafa) baik dari kalangan yatim piatu atau dhuafa pada umumnya, terlebih jika dalam pengadaannya pun melibatkan para peternak kecil yang siap menyediakan hewan aqiqah, belum lagi hasil dari pengelolaan aqiqah dikembalikan kepada orang-orang tak berpunya (dhuafa) dalam bentuk yang lain.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai aqiqah. Semoga apa yang kami sampaikan mengenai aqiqah ini dapat membantu dan memberi pandangan untuk anda yang akan melaksanakan aqiqah. Kali ini mau membahas sedikit mengenai aqiqah yang ada di Gresik.

Pasti kalian udah taukan.. di indonesia ini banyak sekali layanan aqiqah, jasa aqiqah, dan sejenisnya. Nah.. di Aqiqah gresik ini menyediakan paket aqiqah yang murah, praktis dan mudah yang berbeda dengan layanan atau jasa aqiqah lainnya. Kambing aqiqah yang berkualitas di ambil dari peternakan sendiri dan pastinya kambing yang terbaik memenuhi syar’i.

Kami Aqiqah Berkah disamping sebagai wahana berbagi ilmu juga menerima pesanan paket aqiqah tanpa bau prengus. Pesan aqiqah di Aqiqah Berkah, Mudah, Murah, Praktis dan Nyaman.

Alasan Aqiqah Lewat Aqiqah Gresik?

Aqiqah Gresik merupakan sebuah unit usaha yang digagas oleh badan wakaf peduli dhuafa.

Badan wakaf peduli dhuafa merupakan sebuah lembaga visioner dan inspirator kemandirian, dimana karyawan yang tergabung dalam lembaga ini berkomitmen untuk mentasrufkan dana ZISWAF-nya 100% kepada orang-orang yang membutuhkan.

Gaji karyawan akan diambilkan dari unit usaha yang demikiannya, diantaranya peternakan sapi,cetering aqiqah, pengelolaan hewan qurban.

Berikut keuntungan yang anda dapatkan :

  1. Kambing berkualitas tinggi dan telah memenuhi syarat untuk aqiqah
  2. Kambing disembelih oleh ahlinya sesuai syariat Islam (wajib dan sunnah)
  3. Kambing dapat dilihat dan dipilih langsung di kandang
  4. Kami melayani Jasa Aqiqah untuk daerah Gresik
  5. GRATIS biaya pemotongan
  6. Kambing potong sehat, baik/sesuai syariah
  7. Menu masakan bervariatif: Sate, Gule, Rendang, Daging Lapis, Krengseng, Dendeng Ragi, Kambing Guling, dan menu lainnya.
  8. Pembayaran setelah barang sampai / transfer.
  9. Siap menyalurkan kepada yang berhak: pondok pesantren, panti asuhan dan fakir miskin.

Di Layanan Aqiqah Lamongan ini hanya disediakan paket Aqiqah Peduli saja.
Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)

  1. Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
  2. Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
  3. Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Jika anda akan melakukan aqiqah, segera hubungi kami. Kami akan membantu pelaksanaan aqiqah anda.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

Telp: 0857-4962-2504

HP/WA: 0813-3568-0602

This image has an empty alt attribute; its file name is Desain-258-16-1024x1019.jpg

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Aqiqah Anda_-_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *