Mengapa Bayi Cegukan ?

MENGAPA BAYI CEGUKAN ?

Sahabat Aqiqah Berkah yang dimuliakan Allah. Bagi Anda yang memiliki bayi, tentunya tidak ingin sang bayi terus-terusan menangis atau cegukan berkepanjangan bukan ?

Mengatasi Bayi Cegukan

Aqiqah Berkah selain memberikan informasi mengenai aqiqah dan qurban, pada kesempatan kali akan berbagi pengetahuan mengenai bayi cegukan. Selama ini, kelahiran sang buah hati merupakan yang paling ditunggu oleh orangtua. Ketika sang bayi sakit, orangtua yang pertama merasakan kesedihan. Jagalah buah hati Anda agar kelak menjadi insan yang dimuliakan di dunia dan akhirat.

Tahukah Anda, cegukan tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun juga terjadi pada bayi. Cegukan yang terjadi pada sangbayi seringkali membuat orangtua cemas, padahal ketika bayi cegukan, orangtua tidak perlu terlalu mencemaskan. Cegukan yang terjadi pada bayi bisa disebabkan karena masalah ketika sang bayi mengalami perubahan emosi.

Cegukan pada sang bayi seringkali akan hilang dengan sendirinya dan tidak akan membahayakan kondisi kesehatan sang bayi. Penyebab bayi cegukan dapat dikenali dari usia bayi yakni 3 bulan yang seringkali mengalami hiccups atau dikenal dengan cegukan.

Kondisi cegukan ini dapat terjadi karena belum matangnya fungsi saraf yang dapat mengatur diafragma bayi. Diafragma yangg dapat memberi sekat antara dada dan perut bayi. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir bila bayi cegukan. Seiring berjalannya waktu, cegukan pada bayi akan menghilang karena bayi telah memiliki keseimbangan pada sistem tubuhnya.

Penyebab Bayi Cegukan

Cegukan datang dikarenakan beberapa diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Bayi melakukan dua hal secara bersamaan yaitu tertawa selagi melamun.
  2. Penurunan suhu yang menyebabkan sang bayi menjadi kedinginan, sehingga dapat memicu cegukan.
  3. Tanda bahwa bayi sedang stress. Cobalah ingat-ingat lagi apa yang sebelumnya dialami si kecil.
  4. Cara menyusui yang kurang tepat. Misalnya, puting kurang masuk ke mulut bayi, posisi bayi tidak berada dalam garis lurus dengan lengan bayi sehingga perut bayi tidak berhadapan dengan perut ibu. Akibatnya ada udara yang masuk terisap.
  5. Bayi minum susu dari botol. Ada banyak udara yang ikut terhisap oleh bayi, apalagi jika lubang pada dot terlalu besar.

Aqiqah Berkah

Cegukan yang seringkali terjadi pada bayi memang tidak membahayakan, namun apabila dibiarkan terus menerus amak akan mengganggu kenyamanan bayi, dikhawatirkan bayi muntah, rewel atau batuk-batuk. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika mengatasi bayi yang cegukan :

  • Ubahlah Posisi Menyusui : Apabila sang bayi cegukan ketika disusui, coba ubah posisi menyusui Anda hingga cegukan bayi hilang.
  • Usahakan Bayi Bersendawa Setelah Mendapat ASI : Usahakan bayi bersendawa setelah disusui, karena dengan bersendawa maka bayi mengeluarkan udara yang berlebihan di dalam perut. Selain itu, sendawa dapat melepaskan kejang otot sehingga menhentikan cegukan yang dialami oleh bayi.
  • Membuat Jadwal Makan Yang Teratur : Berilah bayi makan sebelum bayi merasa sangat lapar dan perutnya mengandung banyak gas.Cegukan menjadi tanda bahwa ada masalah di perut sang bayi, itu dapat disebabkan masalah pada lambung.
  • Pijat Perlahan Bagian Belakang : Maksudnya pijat bagian belakang adalah dengan menggosok punggung bayi dengan tenang sehingga cegukan yang dialami bayi dapat berkurang.

Nah bagi para orangtua, kini Anda tidak perlu khawatir lagi ketika sang bayi cegukan. Ke empat cara diatas Insya Allah akan membantu orangtua dalam mengatasi masalah cegukan bayi.

Jangan lupa untuk mengaqiqahi sang bayi ketika dia lahir di hari ketujuh. Bila tidak sempat melaksanakan aqiqah di hari ketujuh, Anda dapat melaksanakannya di hari ke empat belas atau dua puluh satu. Pastikan bahwa sang buah hati kelak akan menjadi anak yang sholeh / sholehah dan berbakti pada orangtua.

Tags: , , , , , , , , , , ,