Manfaat Aqiqoh

Manfaat Aqiqoh

a1
Imam Ibnul Qayyim berkata, “di antara manfaat aqiqah adalah sebagai berikut ini:

  1. Aqiqah dikategorikan sebagai salah satu bentuk ritual qurban yang dikerjakan untuk mendekatkan diri si bayi kepada Allah swt. Pada kelahirannya di dunia ini. Si anak dapat mendapatkan manfaat yang banyak dari aqiqah yang dikerjakan untuknya, seperti halnya ia juga mendapatkan banyak manfaat dari do’a yang diucapkan untuknya, membawanya ketempat-tempat manasik haji dan berihram untuknya. Si bayi mendapatkan banyak sekali manfaat dari hal-hal tersebut.
  2. Karena si anak tergadainya dengan aqiqahnya, maka selama aqiqahnya belum dilaksanakan, maka si anak masih tetap tergadaikan. Untuk membebaskan si anak dari gadaian, maka aqiqahnya harus dilaksanakan. Ibnul Qayyim berkata, “Maksudnya, selama aqiqah si anak belum dilaksanakan, maka orang tua tidak bisa mendapatkan syafaat dari anaknya.
  3. Aqiqah adalah sebuah fidyah atau tebusan bagi si anak, seperti halnya Allah swt menebus Ismail adz-Dzabiih dengan seekor gibas. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa kambing yang disembelih untuk si anak seharusnya hal itu dilakukan sebagai ibadah (nusuk), seperti qurban dan al-Hadyu. Beliau bersabda. “Barang siapa di antara kalian yang ingin menyembelih kambing untuk anak yang dilahirkan, maka lakukanlah.”

Rasulullah SAW menjadikan ritual aqiqah seperti ritual qurban yang dijadikan oleh Allah SWT sebagai sebuah ritual sekaligus tebusan bagi ismail a.s serta sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada-Nya. Dan jika dilihat dari sisi hikmah Allah SWT yang terapat di dalam syariat dan kekuasaan-Nya, maka kita bisa menemukan faedah lain dari di syariatkannya aqiqah, yaitu bisa menjadi sebab pertumbuhan si anak berjalan dengan baik dan memberikan kondisi aman dan selamat bagi diri si anak selama hidupnya dari gangguan dan bisikan setan. Setiap bagian tubuh hewan aqiqah yang disembelih menjadi tebusan bagi setiap anggota tubuh si anak. Berdasarkan hal ini, bisa diketahui alasan kenapa ketika melaksanakan aqiqah, disunnahkan untuk mengucapkan do’a yang diucapkan ketika melaksanakan qurban. (Shahih Maqthu’).

Jenis aqiqah yang ada di aqiqah berkahsebagai berikut :

1. Aqiqah Mandiri
• Dikirim ke rumah Sohibul Aqiqah.
• Wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, malang, Tulungagung, Trenggalek, Madiun, ponorogo dan Sekitarnya.
• Pilihan menu aqiqahan (pengganti sate) lapis, Krengseng, sate rebus, rendang, dendang ragi, rawon.

Aqiqah Mandiri Dengan Kambing Betina

mandiri
Aqiqah Mandiri dengan Kambing Jantan

mandiri1

2. Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)
• Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
• Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
• Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah Peduli dengan Kambing Betina

peduli
Aqiqah Peduli dengan Kambing Jantan

peduli1

Kelahiran si bayi kecil nan mungil tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Tentunya kita harus mengungkapkan rasa syukur kepada Allah dengan benar, tepat dan sesuai dengan kehendak-Nya. Maka sudah sepatutnya kita melaksanakan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam, yaitu melaksanakan aqiqah.

Dan sudah menjadi fenomena terkini bahwa banyak dari masyarakat kita yang kurang peduli dengan masalah aqiqah. Mereka sudah bisa membeli rumah, sudah bisa membeli mobil bahkan sudah bisa berangkat umroh, tetapi belum mengaqiqahi anak mereka.

Segera pesan paket aqiqahberkah SEKARANG JUGA. Kami akan menyediakan paket aqiqah murah dengan kriteria kambing memenuhi syar’i, penyembelihan secara islami, mudah, praktis dan nyaman dengan pilihan harga yang bervariasi. Sekali lagi, telepon dan pesan catering aqiqah kami segera.

CARA MUDAH PEMESANAN Aqiqah Berkah, sebagai berikut:
1. Silahkan Anda telephone Kami, Kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail.

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

2. Atau juga bisa Informasikan kepada Kami lewat SMS atau email: Nama Anak, Tempat tanggal lahir, Nama Bapak & Ibu, Tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, Alamat pengiriman laporan Aqiqah Anda.
3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga (a.n. Peduli Dhuafa).

Bank Syariah Mandiri
NO. Rek. 703-691-2191
an. Peduli Dhuafa
BRI
NO. Rek. 0056-01002879-53-1
an. Peduli Dhuafa

4. Konfirmasikan kepada Kami bila sudah transfer.
5. Sesuai tanggal yang disepakati, aqiqah akan Kami laksanakan.
6. H+ 3 laporan Kami kirim via pos ke alamat yang ditentukan.
7. Laporan sampai di shohibul aqiqah (perkiraan H+5 dan seterusnya, mohon konfirmasi apabila Laporan Aqiqah sudah diterima atau belum sampai di tempat Anda)

Tags: , , , , , ,