Manfaat Aqiqah

Manfaat Aqiqah

Haiiii sahabat Aqiqah Berkah, Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kita tetap di beri kesehatan sampai sekarang ini. Baik, kini kami akan mengulas tentang manfaat aqiqah. Apa sih faedah dan manfaat aqiqah itu?Cekidot……

Aqiqah ialah sebutan hewan yang disembelih untuk anak yang lahir dan aqiqoh adalah hak yang wajib ditunaikan orang tua untuk anak, dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Aqiqah lebih utama daripada bersedekah berupa uang sebesar harganya walaupun ditambah lebih besar, seperti yang dinyatakan Ibnu Qayyim.

Nabi SAW bersabda :
“Setiap bayi lahir tergadai oleh aqiqahnya, disembelih untuknya pada hari ke tujuh , dicukur rambutnya dan diberi nama.” (HR. Ibnu Majah)

Syarat kambing aqiqah seperti syarat kambing untuk kurban dan dianjurkan untuk memberikan daging kambing dalam keadaan matang dan dimakruhkan memecah tulang. Tidak sah berserikat dalam sembelihan aqiqah. Inilah perbedaan antara binatang aqiqah dan kurban. Daging aqiqah dianjurkan sebagian dimakan dan sebagian lain disedekahkan.

Manfaat aqiqah bagi anak, menurut Ibnu Qayyim, adalah sarana pendekatan diri kepada Allah. Aqiqah mengandung sifat murah hati dan sifat mengalahkan kikiran jiwa. Di dalamnya juga ada unsur memberi makanan kepada sanak keluarga. Aqiqah juga berfungsi melepaskan tanggungan anak yang tergadaikan sehingga ada peluang antara anak dan orang tua untuk saling memberi syafaat. Selain itu, aqiqah bermanfaat melestarikan ajaran islam yang menggantikan kebiasaan jahiliyah dan berfungsi mengagungkan kedudukan nasab dengan cara mengumumkan atau mempermaklumkan.

Aqiqah merupakan bukti rasa syukur yang ditampakkan ketika menerima nikmat. Rasa syukur ini dinyatakan dalam bentuk memberi makanan kepada orang banyak, sebagaimana sitiran Al-Quran, “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).” (QS Adh-Dhuha : 11)

Anjuran menyembelih bintang sebagai aqiqah karena memperoleh anak sesungguhnya penuh dengan pelajaran penting, antara lain pengakuan jujur seorang hamba terhadap Rabb yang telah menciptakan dirinya, menjamin keberlangsungan hidupnya, serta memenuhi semua hajat keperluannya, agar sang hamba dapat beribadah kepada-Nya. Kesyukuran lain atas anugerah anak yang baru lahir adalah pengobat lara bagi orang tua, apalagi bayi yang baru lahir merupakan bagian umat islam yang kelak meneruskan jejak orang tuanya.

Kehadiran sang bayi akan menambah jumlah umat Nabi SAW yang akan dibanggakan beliau pada hari kiamat nanti, di hadapan para nabi lainnya.

Kebanggaan Nabi SAW atas jumlah umatnya ini bukan karena jumlahnya, tetapi kualitas iman yang dipupuk dengan ibadah. Dengan aqiqah anak yang baru lahir atau anak yang remaja, diharapkan anak tersebut terdaftar sebagai hamba-hamba yang taat menjalankan perintah Allah SWT.

Faedah dan Manfaat Aqiqah antara lain :

  1. Menyampaikan berita tentang kehadiran anak serta tidak langsung mengabarkan tentang posisi nasab anak agar tidak ada persangkaan buruk terhadap status anak.
  2. Mengikuti panggilan sifat murah hati dan dermawan dan menjauhi panggilan sifat kikir dan pelit.
  3. Aqiqah adalah kelanjutan kebaikan dan ketundukan sebab melakukan hal ini semenjak masa bayi menunjukkan kemauan orang tua untuk berkorban dijalan Allah seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  4. Melepas status anak yang masih tergadai karena anak tergadai dengan aqiqahnya.

Imam Ahmad berkata bahwa syafaat anak kepada orang tua tergadai oleh aqiqahnya. Begitu juga Atha` bin Abi Rabah berkata bahwa yang dimaksud dengan tergadai adalah bahwa orang tua akan terhalang dari syafaat anaknya.

Nah mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat aqiqah. Semoga apa yang kami sampaikan tersebut bermanfaat untuk anda.

Informasi dan pemesanan Aqiqah Hubungi :

WA                             : +6281335680602

BBM                           : 7C0B38CE

TELPON/SMS            : 085749622504

_-_ Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Aqiqah Anda_-_

Tags: , , , , , ,