Makna Akikah

Pengertian Aqiqah

Aqiqah merupakan transliterasi dari aqiqah yang berarti pengurbanan hewan dalam syariat islam sebagai suatu penebusan seorang bayi yang telah dilahirkan. Pendapat lain menyebutkan bahwa aqiqah adalah penyembelihan hewan ternak (kambing, sapi, kerbau) sebagai pernyataan syukur orangtua atas kelahiran anaknya yang lazim dilaksanakan pada hari ketujuh. Aqiqah juga dapat pula diartikan tradisi penyembelihan ternak pada saat upacara pencukuran rambut bayi ketika berusia tujuh hari sebagai bentuk rasa syukur.

Hukum Aqiqah

Hukum melaksanakan aqiqah menurut para ulama adalah sunah muakadah. Ada pula ulama yang menjelaskan bahwa aqiqah sebagai penebus, artinya disini aqiqah itu akan menjadikan terlepasnya kekangan syetan yang mengiringi bayi sejak lahir.

Diriwayatkan dari Imam Ahmad dan Tirmidzi bahwa Ummu Karaz Al Ka’biyah bertanya kepada Rasulullah tentang aqiqah. Rosul bersabda, “Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan satu ekor, dan tidak akan membahayakan kamu sekalian, apakah (sembelihan itu) jantan atau betina.”

Aqiqah berasal dari bahasa arab yang secara etimologi berarti ‘memutus’. Menurut istilah, aqiqah berarti “menyembelih kambing pada hari ketujuh (dari kelahiran bayi) sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat Allah SWT. Syariat dalam agama islam salah satunya adalah melaksanakan aqiqah. Status hukum aqiqah adalah sunnah. Namun beberapa yang mengatakan wajib, namun para ulama seperti Imam Syafi’i, Imam Ahmad dan Imam Malik tidak sependapat dengan hal itu.

Banyak orang yang menanyakan “kapan aqiqah dilaksanakan?”. Rosul bersabda, “Seorang anak tertahan hingga ia diaqiqahi, (yaitu) yang disembelih pada hari ketujuh dari kelahirannya dan diberi nama pada waktu itu”. Dalam penyembelihan hewan aqiqah, banyak hal yang perlu diperhatikan diantaranya tidak mematahkan tulang dari sembelihan hewan tersebut dengan hikmah berharap akan keselamatan tubuh dan anggota badan anak tersebut. Aqiqah akan dianggap sah apabila hewan yang disembelih untuk aqiqah seperti syarat hewan qurban.

Syarat hewan untuk aqiqah sama dengan hewan untuk qurban yaitu tidak cacat dan memasuki usia yang telah disyaratkan oleh agama islam. Namun perlu diketahui bahwa ada perbedaan antara aqiqah dengan qurban. Jika daging qurban dibagi-bagikan dalam keadaan mentah, sedangkan aqiqah dibagi-bagikan dalam keadaan matang.

Aqiqah Berkah

Aqiqah Berkah

Islam membedakan antara hukum aqiqah untuk anak laki-laki dengan aqiqah untuk anak perempuan. Hewan aqiqah yang sering disembelih adalah kambing, tetapi boleh juga mengganti kambing dengan unta ataupun sapi dengan syarat unta atau sapi tersebut hanya untuk satu anak saja, tidak seperti qurban yang dibolehkan untuk tujuh orang. Namun sebagian besar ulama berpendapat bahwa akikah hanya boleh dengan menyembelih hewan kambing saja.

Syaikh Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam menyebutkan beberapa hikmah dari aqiqah :

  1. Menghidupkan sunah Nabi Muhammad S.A.W dalam meneladani Nabiyyullah Ibrahim alaihissalam tatkala Allah Subhanahu wa Ta’ala menebus putra Ibrahim yang tercinta Ismail alaihissalam.
  2. Dalam aqiqah mengandung unsur perlindungan dari syaitan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadis, yang artinya: “Setiap anak itu tergadai dengan akikahnya.”.
  3. Aqiqah merupakan tebusan hutang anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari perhitungan.
  4. Merupakan suatu bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah SWT sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah SWT dengan lahirnya sang anak.
  5. Aqiqah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam & bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.
  6. Aqiqah memperkuat ukhuwah (persaudaraan) di antara masyarakat.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ulasan Hukum Aqiqah, silahkan kunjungi artikel ini: Hukum Aqiqah dan Ilmu Mengenai Aqiqah

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,