Makanan Bayi Dibawah Usia 1 Tahun

MAKANAN BAYI DIBAWAH USIA 1 TAHUN

Makanan Pendamping ASI (MP ASI) yang diberikan pada bayi setelah usia lebih dari enam bulan harus memenuhi gizi, memperhatikan waktu pemberian, frekuensi, porsi atau jumlah dan jenis makanan.

Kunci penting dalam memberi makanan pendamping ASI harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan usia buah hati Anda. Selain itu, makanan pendamping ASI anak di bawah usia satu tahun tidak perlu menambahkan gula dan garam pada menu makanannya. Karena akan berdampak buruk terhadap kesehatannya.

Aqiqah Berkah (4)

Berikut ini beberapa contoh makanan pendamping ASI yang bisa Anda siapkan untuk sang buah hati :

Makanan Pendamping ASI Usia 6-7 Bulan

Anak usia 6-7 bulan diberikan makanan pendamping ASI dengan tujuan untuk merangsang pertumbuhan gigi dan melatih kemampuan motorik (memegang makanan sendiri). Menu makanan pendamping ASI untuk usia 6-7 bulan sebaiknya diberikan makanan yang lunak dan cair seperti bubur susu (tepung beras / tepung beras merah / kacang hijau / labu kuning yang dicampur dengan ASI) dan biskuit.

Ketika menyuapi pada sang bayi, awali dengan jumlah yang sedikit dan secara bertahap kentalkan dan ditambah porsinya. Berikan makanan pendamping ASI ini satu persatu dan berikan satu jenis terlebh dahulu dalam beberapa hari sehingga dapat diketahui apabila ada alergi pada jenis makanan tertentu.

Buha hati dapat Anda beri makanan dari buah-buahan yang tidak bergetah seperti pisang raja, pisang ambon, jeruk, labu dan pepaya untuk menghindari diare. Berikan juz buah dengan campuran susu sebanyak dua sendok makan sekali makan dan berikan selama dua kali sehari.

Bila bayi Anda berusia 7 bulan, Anda dapat menambahkan bahan makanan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, makaroni, kacang hijau atau roti ditambah protein hewani maupun nabati dan sayuran. Protein hewan bisa didapatkan dari kuning telur ayam yang telah direbus.

Campurkan bahan-bahan yang tersebut diatas kemudian blender hingga menjadi halus dan selanjutnya diulek diatas saringan. Sebagai tahap awal atau pengenalan, berikan dua sendok makan untuk sekali makan. Berikanan makanan tersebut 2-3 kal sehari. Setelah beberapa waktu, Anda dapat meningkatkan porsi hingga 7 sendok makan.

Aqiqah Berkah (5)

Makanan Pendamping ASI Usia 8-9 Bulan

Usia bayi 8-9 bulan sudah memiliki pencernaan yang lebih kuat sehingga sudah boleh memakan makanan pendamping ASI yang lebih padat. Selain diberi bubur susu yang berbahan buah atau tepung beras, lengkapi dengan bubur yang disaring yang tentunya lebih kasar.

Pada usia 8-9 bulan bayi sudah dapat diberikan bubur dengan porsi minimal 8 sendok makan untuk sekali makan. Tambahkan makanan lain seperti bubur kacang hijau, biskuit dan pudding yang dibuat susu dan buah.

Pada usia ini Anda juga bisa menambahkan kandungan gizi di dalam bubur dengan zat lemak seperti margarin, santan atau minyak kelapa. Tambahn lemak tersebut akan menambah kalori makanan, memberikan rasa gurih dan mempertinggi penyerapan vitamin A dan zat gizi lain yang larut dalam lemak tubuh bayi.

Selain menambahkan telur sebagai sumber hewani, Anda juga dapat menambahkan daging ayam atau daging sapi atau bahkan ikan yang telah dihaluskan. Berikan beberapa jenis makanan tersebut secara bergantian agarbayi tidak bosan atau bahkan lebih memilih satu jenis makanan.

Aqiqah Berkah (6)

Makanan Pendamping ASI Usia 10-12 Bulan

Pada usia 10-12 bulan, bayi sebenarnya sudah bisa mencerna makanan semi padat berupa nasi tim (nasi beras dilengkapi dengan protein hewani dan nabati : hati ayam, ikan, daging ayam / sapi, tempe, tahu, telur, dan sayur-sayuran). Berikan kepadatan nasi tim secara bertahap hingga pada akhirnya mendekati makanan keluarga. Tambahkan pula bumbu alami seperti pada masakan orang dewasa.

Lauk pauk yang dijadikan pelengkap sebaiknya diolah secara terpisah dan diberikan secara bergantian. Jangn dicampur, karena apabila dicampur lalu dihangatkan berulang-ulang, gizi dari sumber makanan tersebut akan berkurang. Pada usia 10-12 bulan ini lengkapi juga gizi buah hati Anda dengan memberikan makanan bergizi lain seperti bubur kacang hijau, biskuit dan buah-buahan (pisang, jeruk atau pepaya).

Jadi kesimpulan yang dapat ibunda ambil dari Makanan Pendamping ASI diatas adalah makanan pendamping ASI untuk bayi di bawah usia satu tahun harus diberikan secara bertahap dengan jenis yang bervariasi. Tahap pengenalan makanan bayi antara usia 6-7 bulan, 8-9 bulan dan 10-12 bulan. Makanan Pendamping ASI usia 6-7 bulan, 8-9 bulan dan 10-12 bulan terus ditingkatkan dari tekstur, jumlahnya hingga jenisnya.

Nah sebelum anak mencapai usia baligh, sebaiknya segera lakukan aqiqah untuk sang anak agar kelak terhindar dari godaan syetan dan lebih sempurna ibadah sunnah Anda. Sebagai muslim yang taat beribadah, segera penuhi kesempurnaan ibadah aqiqah Anda dengan mempercayakan pada jasa layanan Aqiqah Berkah.

Pemesanan aqiqah dapat dilakukan secara online maupun offline di nomor layanan :

SMS: 085749622504

Whatsapp: +6281335680602

PinBB: 7C0B38CE

Atau Anda dapat datang langsung ke Kantor Pusat Aqiqah Berkah di Jl. Raya Baron Timur No. 1 Baron Nganjuk. Pelayanan kantor dari jam 08.00-16.00 WIB. Untuk pelayanan online 24 jam. Aqiqah Murah, Aqiqah Mudah, Aqiqah Berkah !!!

Tags: , , , , , , , , , , ,