Kewajiban Aqiqah

ahlan_wa_sahlan_wandtattoo_1Aqiqah sunnah atau wajib ?

Ada perbedaan pandangan mengenai hukum sunnah atau wajib melaksanakan aqiqah. Berikut ini akan mengulas mengenai status hukum dalam Islam pelaksanaan aqiqah bagi umat muslim.

Menurut pandangan Al-Malikiyah

Madzhab Al-Malikiyah menetapkan bahwasannya waktu untuk menyembelih hewan aqiqah hanya di hari ketujuh saja. Apabila dilaksanakan diluar waktu tersebut (sesudah atau sebelumnya) menurut Madzhab Al-Malikiyah tidak menyariatkan penyembelihan hewan aqiqah. Artinya penyembelihan hewan aqiqah hanya sah dilaksanakan pada hari ketujuh saja. Kewajiban aqiqah dilaksanakan hanya di hari ketujuh dari kelahiran anak.

Menurut pandangan Asy-Syafi’iyah

Menurut pendapat Asy-Syafi’iyah lebih luas lagi karena madzhab Syafi’i membolehkan melaksanakan aqiqah disembelih meski belum masuk hari ketujuh. Madzhab Asy-SYafi’i juga membolehkan disembelihkan aqiqah meski waktunya sudah lewat dari hari ketujuh.

Pandangan madzhab Syafi’i lebih memberikan toleran, menyembelih hewan aqiqah pada hari ketujuh adalah waktu ikhriyar. Maksudnya adalah waktu yang sebaiknya dipilih. Namun seandainya tidak ada pilihan, maka boleh dilakukan kapan saja.

potong rambut bayi 1Menurut pandangan Al-Hanabilah

Madzhab Al-Hanabilah berpendapat bahwa bila seseorang tidak mampu untuk menyembelih kambing aqiqah pada hari ketujuh dari kelahiran sang bayi, maka dia masih diperbolehkan untuk menyembelihnya pada hari ke empat belas. Dan bila pada hari ke empat belasnya juga tidak mampu melaksanakannya maka boleh dilaksanakan pada hari ke dua puluh satu. Kewajiban aqiqah menurut pandangan ini tidak sempit hanya pada hari ketujuh saja untuk dilaksanakan.

Ibnu Hazm menyebutkan bahwa tidak disyariatkan bila menyembelih kambing aqiqah sebelum hari ketujuh, namun bila lewat dari hari ke tujuh maka tetap bisa dilaksanakan sampai kapan saja.

Dari ketiga sudut pandang diatas dapat digaris bawahi bahwasannya masing-masing ahli fiqih memiliki cara pandangan yang berbeda. Kita tidak bisa memaksakan kehendak kepada seseorang atau sekelompok orang yang mengikuti salah satu dari pandangan tersebut.

Orang yang mengikuti salah satu dari cara pandang diatas telah memiliki alasan dan dasar hukum yang kuat berdasarkan Al-Quran dan Hadits. Kewajiban aqiqah tidak tertulis secara jelas dalam Al-Quran, namun perintah melaksanakan aqiqah hanya anjuran sebagai penebusan.

Hal-hal yang Disunnahkan Waktu Melaksanakan Aqiqah

  1. Membaca basmalah.
  2. Membaca sholawat atas Nabi.
  3. Membaca takbir.
  4. Membaca doa.
  5. Disembelih sendiri oleh ayah dari anak yang diaqiqahkan.
  6. Daging aqiqah dibagikan kepada fakir miskin, sanak famili dan tetangga setelah dimasak terlebih dahulu.
  7. Pada hari itu anak dicukur rambutnya dan diberi nama dan bersedekah seberat rambu bayi yang baru dicukur dengan nilai 1/2 atau 1 dirham.

Kambing Aqiqah Berkah

Untuk melaksanakan penyembelihan hewan aqiqah yang mayoritas memilih kambing sebagai sembelihan. Maka sepatutnya segera mencari informasi seputar paket aqiqah maupun harga hewan sembelihan. Aqiqah Berkah memberikan informasi detil mengenai harga hewan qurban Kertosono maupun wilayah Jawa Timur lainnya.

Kambing tidak hanya menjadi sembelihan dalam acara aqiqah, namun juga menjadi hewan sembelihan ketika qurban. Hewan ternak ini yang paling mudah dibudidaya dan dijumpai di Indonesia.

Untuk informasi paket aqiqah murah, souvenir aqiqah murah, jasa layanan aqiqah maupun pemesanan hewan qurban (kambing dan sapi), segera hubungi nomor layanan Aqiqah Berkah :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

Lebih tepatnya jika menggunakan istilah aturan aqiqah bukan kewajiban aqiqah, karena jumhur ulama memberikan pencerahan bahwa aqiqah itu sunnah bukan wajib. Meskipun ada pandangan yang secara tidak langsung mewajibkan adanya aqiqah. Meskipun ada dari penganut Madzhab Hanafi mengingkari disyariatkannya aqiqah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan para pembaca dan sahabat Aqiqah Berkah. Perbedaan pendapat dan pandangan bukan awal dari perpecahan, justru dengan adanya perbedaan tersebut membuat umat muslim saling toleran dan menguatkan.

Tags: , , , , , , , , , ,