Ketentuan Aqiqah Dalam Islam

كيف حالك؟

Aqiqah

Aqiqah merupakan salah satu syari’at Islam berupa pengorbanan untuk menebus anak atau bayi yang dilahirkan. Lalu bagaimana ketentuan aqiqah dalam Islam? Dalam artikel ini kita akan mengulas lebih lanjut tentang ketentuan aqiqah dalam Islam.

1Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ahmad, meriwayatkan dari Ummu Karaz Al Ka’biyah bahwa ia pernah menanyakan kepada Rosulullah tentang aqiqah. Rasulullah bersabda, “Bagi anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan 1 ekor, dan tidak akan membahayakan kamu sekalian, apakah (sembelihan itu) jantan atau betina.”

Hakikat aqiqah sebenarnya dilakukan hanya sekali dalam seumur hidup. Aqiqah merupakan penebusan diri pada Allah SWT. Penebusan diri tersebut melalui bersedekah yang disebut aqiqah. Terdapat banyak sekali manfaat aqiqah bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Salah satunya dalah ungkapan rasa syukur atas kelahiran sang buah hati yang merupakan jalan rizki dari Allah SWT.

Ketentuan aqiqah anak

Di zaman masyarakat arab dahulu pada masa Nabi, anak laki-laki dan anak perempuan dilakukan secara berbeda. Beruntunglah bagi mereka yang memiliki anak laki-laki, sedangkan memiliki anak perempuan merupakan aib bagi keluarga mereka. Sehingga lahirnya bayi perempuan dengan segera harus dibunuh agar tidak menjadi aib keluarga.

2Seperti diisyaratkan dalam Al-Qur’an : “Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya dan dia sangat marah.” (QS An-Nahl : 58).

Sangat berbeda dengan kondisi anak laki-laki zaman itu. Anak laki-laki tidak mengalami nasib seperti halnya anak perempuan. Tatkala Islam datang, kelahiran anak perempuan mulai mendapatkan perhatian. Hingga sekarang kedudukan dan posisi antara laki-laki perempuan disetarakan seprti halnya perayaan kelahiran bayi.

Kelahiran bayi perempuan dan laki-laki sama-sama dilakukan adanya aqiqah sebagai ungkapan syukur di era sekarang. Ketentuan aqiqah dalam Islam mengenai hewan aqiqah ada sedikit perbedaan antara laki-laki dan perempuan meskipun begitu tetap sama-sama dilakukan perayaan terhadap kedua jenis kelamin ini. Untuk aqiqah anak laki-laki maka disembelih dua ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan hanya seekor kambing.

Namun jika tidak mampu, boleh pula aqiqah anak laki-laki dengan satu ekor kambing dan itu dianggap sah. Yang penting diketahui saat akan beraqiqah adalah hewan yang akan disembelih untuk diambil dagingnya tersebut merupakan hewan yang telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Hukum Aqiqah

Hukum aqiqah menurut para ahli fiqih adalah sebagai berikut ini :

  1. Hukumnya sunnah. Ulama yang berpendapat demikian diantaranya Imam Malik, ulama madinah, Imam Syafi’i beserta pengikutnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsur dan sebagian besar ulama fiqih dan ijtihad.
  2. Hukumnya wajib. Ulama yang berpendapat demikian adalah Imam Hasa al-Bashri, al-Laits ibn Sa’ad dan lainnya. Dalil yang mendasari pemikiran tersebut adalah hadits yang diriwayatkan oleh al-Hasan dari Samurah ibn Jundab dari Nabi SAW beliau bersabda, “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya”.
  3. Hukum yang ketiga adalah pendapat yang mengingkari disyariatkannya Aqiqah. Ulama yang berpendapat demikian adalah ulama penganut Madzhab Hanafi.

aqiqahberkahJasa Layanan Aqiqah

Di era modern dan serba instant ini banyak kalangan yang ingin menjalankan aktivitas tanpa meninggalkan ibadahnya sehingga mulai bermunculan jasa aqiqah. Penawaran paket aqiqah dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia bersaing untuk membantu dalam melaksanakan aqiqah secara ajaran Islam.

banyak sekali penawaran paket aqiqah dari berbagai jasa layanan aqiqah. Penawaran mulai dari harga kambing aqiqah, harga paket daging kambing aqiqah hingga menjadi menu masakan yang siap untuk disalurkan ke beberapa dhuafa. Meskipun Anda menggunakan jasa paket aqiqah, Anda juga perlu mengetahui tentang Hakikat Aqiqah.

Salah satu jasa layanan aqiqah terpercaya dalah Aqiqah Berkah. Anda dapat melakukan pemesanan aqiqah peduli seperti Aqiqah Yogyakarta, Aqiqah Tasikmalaya, Aqiqah Bandung, Aqiqah Semarang, Aqiqah Jakarta, Aqiqah Depok, Aqiqah Tangerang.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi nomor Layanan Aqiqah Berkah :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
PinBB : 7C0B38CE

Tags: , , , , , , , , , , , ,