Kambing Aqiqah Blitar

Kambing Aqiqah Blitar

Haii….sahabat…belum bosan dengan pembahasan-pembahasan kami mengenai Aqiqah kan..?tapi tenang aja sahabat, kini kami membahas mengenai Kambing Aqiqah Blitar. Mungkin ini bisa menjadi patokan yang akan atau mau membeli kambing etawa dan juga yang mau beternak kambing etawa dirumah. Berikut ini ulasan soal kandang yang akan di gunakan untuk beternak kambing. Monggo di baca…

kambing-kacang
Ternak kambing/domba atau sering disebut juga ternak ruminansia kecil merupakan ternak yang sangat populer di kalangan petani di Indonesia terutama yang berdomisili di areal pertanian/ perkebunan. Selain lebih mudah dipelihara, cepat berkembang biak, dapat memanfaatkan limbah dan hasil ikutan pertanian, ternak kambing/domba juga memiliki pasar yang selalu tersedia setiap saat dan hanya memerlukan modal yang relatif sedikit bila dibandingkan ternak yang lebih besar seperti ternak sapi.

Ternak kambing atau domba tersebar luas di daerah pedesaan yang pemeliharaannya bertujuan sebagai tabungan hidup yang bisa diambil sewaktu-waktu maupun sebagai ternak potong untuk kebutuhan konsumsi. Selain itu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari usaha ternak kambing/ domba antara lain :

  1. kotoran (feses) ternak kambing/domba dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik maupun biogas.
  2. Urine kambing/domba juga dapat diolah menjadi pupuk cair.
  3. Bulu (wool) domba dapat pula dimanfaatkan untuk membuat baju hangat atau bahan pengganti kapas/kapuk (untuk bantal, guling, dll.)
  4. Kambing perah (etawah, peranakan etawah, saanen, dll) merupakan jenis ternak kambing yang dapat menghasilkan susu. Susu kambing juga memiliki protein yang tinggi dan dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Apabila pengelolaan usaha ternak kambing/ domba dapat dilaksanakan secara optimal maka akan lebih memberikan manfaat yang nyata dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi petani peternak. Apalagi apabila didukung dengan ketersediaan sumber daya alam yang mendukung dan memadai sebagai sumber pakan ternak maka usaha ternak kambing/ domba akan lebih mudah untuk dilaksanakan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Menyadari berbagai hal tersebut di atas, dengan potensi sumber daya alam yang mendukung maka diharapkan usaha peternakan kambing/ domba yang dibudidayakan oleh peternak akan semakin meningkat. Untuk tujuan tersebut di atas maka salah satu upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menerbitkan buku praktis beternak kambing/ domba.

Diharapkan akan dapat membantu petugas dalam melayani/membina petani peternak di pedesaan dan sebagai panduan umum bagi petani peternak dalam teknis pemeliharaan ternak kambing/domba.

Domba dan kambing sebenarnya merupakan hewan yang serupa tetapi tidak sama. Perbedaan terletak pada penampakan tubuhnya dan sifat-sifatnya. Berdasarkan kedua perbedaan tersebut, maka kedua hewan ruminansia kecil ini dibedakan menjadi domba dan kambing. Berdasarkan penampakan tubuh luarnya, domba memiliki tubuh lebih bulat, sedangkan pada kambing tubuhnya lebih ramping.

Domba memiliki bulu yang tebal, sedangkan pada kambing bulunya lebih tipis dan halus sehingga apabila dilihat sepintas nampak tidak berbulu. Domba pada umumnya memiliki tanduk yang berbentuk segitiga, membelit, atau spiral, sedangkan pada kambing tanduknya berbentuk pipih. Bangsa domba umumnya tidak berjenggot, sedangkan kambing pada umumnya berjenggot.

Berdasarkan sifat-sifat nya, domba memiliki sifat lebih suka hidup bersama atau berkelompok dan tidak bersifat liar. Hal ini berlainan dengan ternak kambing yang lebih suka hidup bebas dan bersifat liar walaupun mudah dijinakkan. Kambing akan mudah menjadi liar kembali apabila mendapat kesempatan hidup bebas. Kambing mempunyai kemampuan membela diri dan suka berkelahi sehingga seringkali dijadikan hewan aduan.

Kandang mempunyai fungsi yang penting dalam usaha beternak kambing/ domba. Kandang harus dapat melindungi kambing dari hewan-hewan pemangsa maupun hewan pengganggu. Kandang harus dapat mempermudah kambing dalam melakukan aktifitas keseharian kambing seperti makan, minum, tidur, kencing, atau buang kotoran. Kandang dapat mempermudah peternak dalam melakukan pengawasan dan menjaga kesehatan ternak. Membangun kandang merupakan tindakan preventif supaya kambing tidak merusak tanaman dan fasilitas lain yang berada di sekitar lokasi kandang, serta menghindari terkonsumsinya pakan yang berbahaya bagi kesehatan kambing.

Kandang di usahakan di bangun dilokasi yang jauh dari pemukiman warga. Hal ini di maksudkan agar supaya kotoran yang ditimbulkan oleh kambing tidak menganggu warga masyarakat. Dianjurkan juga lokasi kandang sebaiknya berada di tanah yang memiliki tanaman yang rimbun . Hal ini dimaksudkan agar angin yang bertiup tidak terlalu kencang. Angin yang terlalu kencang dapat menyebabkan kambing sering kembung perut.

Luasan kandang sebaiknya disesuaikan dengan jumlah kambing yang akan dipelihara. Standar luas kandang untuk seekor kambing adalah 1,5 m persegi, sehingga untuk memelihara kambing 10 ekor, dibutuhkan lahan seluas 15 m persegi.

Ukuran kandang yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:
1. Kandang beranak : 120 cm x 120 cm /ekor
2. Kandang induk : 100 cm x 125 cm /ekor
3. Kandang anak : 100 cm x 125 cm /ekor
4. Kandang pejantan : 110 cm x 125 cm /ekor
5. Kandang dara/dewasa : 100 cm x 125 cm /ekor

Pembuatan kandang di sarankan untuk melihat potensi pengembangan, sehingga perlu di buat kandang yang lebih luas. Pembuatan kandang memang membutuhkan biaya yang ekstra, tetapi manfaatnya akan lebih terasa pada masa yang akan datang. Jika dipandang terlalu luas dengan jumlah kandang yang ada, kandang bisa diberi sekat untuk pemisah sehingga gerak untuk kambing jadi terbatas. Usahakan pembangunan kandang di hindari dari tempat genangan air.

Desain dan konstruksi kandang tidak usah terlalu mewah, tetapi cukup sederhana saja, apalagi kalau pemeliharaannya sekala kecil, di bawah 5 ekor. Namun, apabila pemeliharaannya bersekala komersil atau di atas 10 ekor, jelas diperlukan desain dan konstruksi khusus yang ideal di area yang cukup luas. Ini disebabkan pemeliharaan kambing sekala komersial memerlukan penanganan yang lebih serius.

Kandang di usahakan berbentuk panggung, karena Selain lebih menjamin kesehatan, kandang panggung juga menjamin kondisi lingkungan lebih bersih dan pada dasarnya akan lebih mudah bagi peternak untuk melakukan pengawasan terhadap ternakan itu sendiri. Dasar kandang di buat agak miring dengan kemiringan 60 derajat. Dasar kandang ini berada di bawah lantai karena konstruksi kandang di buat sistem pangggung.

Fungsinya agar limbah kotoran kambing dapat langsung mengalir ke parit atau bak penampungan kambing yang disediakan di sekitar kandang. Tujuan utama pembagunan dasar kandang yang miring adalah agar supaya tercipta kebersihan kandang. Karena kandang yang bersih merupakan cara pencegahan penyakit pada ternak. Bila nanti di lantai kolong kandang masih ada kotoran kambing sebaiknya setiap hari kandang disapu atau dibersihkan agar supaya tidak muncul bau yang dapat mengancam kesehatan ternak. Berikut contoh desain kandang kambing yang baik :

kandang
Syarat Kandang
Kandang diusahakan menghadap ke timur agar memenuhi persyaratan kesehatan ternak. Bahan yang digunakan harus kuat, murah dan tersedia di lokasi. Kandang dibuat panggung dan beratap dengan tempat pakan dan minum. Dinding kandang harus mempunyai ventilasi (lubang angin) agar sirkulasi udara lebih baik.
Kambing sebaiknya dipelihara dalam kandang untuk:
a. Memudahkan dalam pengawasan terhadap kambing yang sakit atau yang sedang dalam masa kebuntingan.
b. Memudahkan dalam pemberian pakan.
c. Menjaga keamanan ternak.

Jenis dan Daftar Harga Kambing Terbaru 2016

Harga Kambing Kacang (jawa)
Untuk harga yang pertama adalah kambing jawa atau biasa di panggil kambing jawa (lokal). Untuk ras ini, paling banyak di Indonesia dan paling mudah untuk di cari, terutama di daerah jawa timur dan jawa tengah. Dan untuk masalah harga, jenis kambing jawa atau kacang sangat bervariasi di lihat dari umur kondisi fisik , kesehatan, jenis kelamin dan lainnya. Untuk harganya mulai dari harga 800 ribu sampai 2,5 juta rupiah.
Berikut daftar Harga Kambing Kacang
• Kambing betina anakan umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 800.000,-
• Kambing betina anakan Umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.300.00,-
• Kambing betina Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 1.800.000,-
• Kambing Betina Umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.300.000,-
• Kambing Jantan anakan Umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 1.000.000,-
• Kambing jantan anakan umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.600.000,-
• Kambing jantan Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 2.300.000,-
• Kambing jantan umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.600.000,-

Daftar Harga Kambing Etawa
Kemudian ada kambing etawa, hewan pemakan rumput ini berasal dari india yang berhasil di kembangkan dan di budidaya di Negara kita dengan sangat baik, dan menjadi andalan para peternak kambing sukses di era modern ini. Untuk populasi dan perkembangannya pun tidak kalah saing dengan kambing lokal atau kambing jawa (kacang). Namun kambing etawa ini memiliki keunggulan yaitu dengan postur tubuh yang lebih besar seta menghasilkan daging yang sangat banyak. Untuk urusan harga tentunya jauh di atas kambing lokal.

Untuk saat ini jenis kambing etawa sangat menjadi primadona di dalam pasar kambing. Banyak dari peternak kambing beralih fungsi menjadi peternak kambing etawa. Mungkin karena bersifat multi fungsi kambing besar ini menjadi andalan para peternak sukses. Sebab dengan beternak kambing etawa keuntungan yang di dapat bisa berkali kali lipat. Etawa sendiri bisa di fungsikan sebagai kambing pedaging, penghasil susu, dan sebagai kambing kontes.
Dan untuk masalah harga kambing etawa anda bisa melihatnya di bawah ini,
• Etawa betina anakan Umur 3 – 5 bulan —>> Rp 1.700.000,-
• Etawa Betina nakan Umur 6 – 7 bulan —>> Rp 2.200.000,-
• Etawa Betina Umur 8 – 12 bulan —>> Rp Rp 3.000.000,-
• Etawa Betina Dewasa Umur 1 – 2 tahun —>> Rp 3.500.000,-
• Etawa Jantan Anakan Umur 3 – 5 bulan —>> Rp 2.000.000,-
• Etawa jantan Anakan Umur 6 – 7 bulan —>> Rp 3.000.000,-
• Etawa Jantan Umur 8 – 12 bulan —>> Rp 4.000.000,-
• Etawa Jantan Umur 1 – 2 tahun —>> Rp 5.000.000,-

Daftar harga Kambing Peranakan Etawa (PE)
Kambing peranakan Etawa (PE) adalah kambing hasil dari kawin silang antara kambing etawa dan jawa (lokal). Untuk kualitasnya tidak kalah dengan kambing lain dan termasuk kambing yang mempunyai keunggulan, keunggulan yang sangat menonjol dari Peranakan etawa ini adalah tingkat adaptasinya yang sangat tinggi. Atas keunggulannya tersebut sudah banyak para peternak yang membudidayakan kambing ini.
Untuk harganya bisa anda lihat di bawah ini,
• PE Betina Anakan Berumur 3 – 5 bulan >> Rp 1.000.000,-
• PE Betina anakan Berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.500.000,-
• PE betina Berumur 8 – 12 bulan >> Rp 2.000.000,-
• PE betina Berumur 1 – 2 tahun >> Rp 2.500.000,-
• PE Jantan Anakan Berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 1.400.000,-
• PE Jantan Anakan Berumur 6 – 7 bulan >> Rp 1.800.000,-
• PE Jantan Berumur 8 – 12 bulan >> Rp 2.500.000,-
• Pe Jantan Berumur 1 – 2 tahun >> Rp 3.200.000,-

Daftar Harga kambing Gibas
Selanjutnya kambing gibas, untuk urusan harga kambing yang satu ini memiliki harga yang paling rendah jika di banding dengan harga kambing lain. Nah langusung saja, berikut harga kambing gibas,
• Kambing Gibas Betina Anakan Berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 600.000,-
• Kambing Gibas Betina Anakan Berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.200.000,-
• Kambing Gibas Betina Berumur 8 – 12 Bulan >> Rp 1.600.000,-
• Gibas Jantan Anakan Jantan berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 1.000.000,-
• Gibas Jantan Anakan Jantan berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.200.000,-
• Gibas Jantan Umur 8 – 12 Bulan >> Rp 2.100.000,-
• Gibas jantan Umur 1 – 2 Tahun >> Rp 2.400.000,-

Tips Memilih kambing Aqiqah yang Sehat

  1. Hewan aqiqah harus cukup umur. Untuk kambing, umur ideal dijadikan hewan aqiqah adalah 12 – 18 bulan. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari catatan kelahiran atau gigi susu yang dimiliki kambing. Bila gigi susu telah tanggal, kambing tersebut sudah cukup umur.
  2. Amati aktivitas si kambing. Bila pergerakannya aktif saat didekati, kambing tersebut sehat. Selain itu, kambing yang sehat memiliki selera makan yang baik.
  3. Memiliki bulu yang halus, mengilap, tidak rontok, tidak ada perubahan warna, dan tidak dihinggapi parasit kulit.
  4. Matanya bersinar jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Hindari membeli kambing yang matanya berwarna keruh. Ciri ini menandakan kambing tersebut sedang sakit.
  5. Bentuk tubuhnya standart dan tidak cacat.
  6. Perhatikan mulutnya. Jika sering mengeluarkan banyak air liur dan terdapat bintil-bintil merah di dalam mulutnya, berarti kambing tersebut sedang sakit.
  7. Perhatikan kondisi fisik lainnya, seperti hidung, mulut, kuku, kulit,bulu ekor, dan bagian dubur hewan tersebut. Pastikan semua dalam kondisi baik dan bersih.

Penentuan harga Jual Kambing
Penentuan harga ketika proses jual beli ternak, umumnya didasarkan pada kondisi fisik (bobot dan kesehatan) ternak. Karena kondisi fisik mencerminkan produksi dan kualitas karkas. Semakin bagus kondisi fisik si ternak, maka harga semakin tinggi. Ada beberapa hal juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jual ternak. Berikut pertimbangan yang dimaksud.

a. Umur
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur potong kambing berkorelasi positif dengan keempukkan daging yang dihasilkannya. Artinya, makin tua ternak dipastikan dagingnya lebih liat. Diketahui juga, daging yang berasal dari kambing tua baunya lebih menyengat. Konsumen umumnya lebih suka daging kambing yang empuk. Karena itu, faktor umur cukup memengaruhi harga jual kambing.
Ada tiga tipe daging kambing yang dihasilkan dan dikonsumsi sebagai berikut.
– Daging anak kambing (umur 8 – 12 minggu)
– Daging kambing muda (umur 1 – 2 tahun)
– Daging kambing tua (umur 2 – 6 tahun)

b. Kebiri
Kambing muda siap potong umumnya lebih murah dibandingkan dengan kambing muda kebirian, meski umur keduannya sama. Hal ini disebabkan karena persentase karkas kambing muda akan lebih rendah dibandingkan dengan kambing jantan kebiri.

Nah mungkin uraian di atas bisa menjadi patokan anda untuk membeli kambing yang berkualitas untuk aqiqah dan dapat untuk pandangan beternak kambing. Jadi sebelum membeli kita liat dulu kambing yang akan kita beli, sehat ataukah tidak. jika membeli kambing haruslah sangat berhati-hati. Tapi para sahabat tidak perlu kawatir untuk membeli kambing, di Aqiqah Berkah tempatnya kambing yang berkualitas, sehat, tidak cacat dan terbaik. Dan di ambil dari kandang sendiri, hasil peternakan sendiri. Harga kambing akikah di Aqiqah Berkah lebih terjangkau, apabila dibandingakan dengan yang lainnya. Untuk informasi dan pemesanan anda bisa menghubungi nomor di bawah ini.

Aqiqah BerkahInformasi dan Pemesanan hubungi :

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah-_-

Tags: , , , , , ,