Jual Kambing Aqiqah di Sidoarjo

Jual Kambing Aqiqah di Sidoarjo

Halo sahabat Aqiqah Berkah yang di rahmati oleh Allah SWT. Gimana kabarnya hari ini?baik apa engga?pasti baik kan.:-) Nah kali ini kami mau mengulas mengenai Jual Kambing untuK Aqiqah. Kalau bahas masalah jual kambing sih, Aqiqah Berkah pasti solusinya. πŸ˜‰ tapi sebelumnya kita ulas dulu mengenai Kota Sidoarjo terlebih dahulu. yukkk di baca sahabat…

peta-sidoarjo
Sejarah Berdirinya Kota Sidoarjo menjadi artikel yang menarik untuk menambah ilmu pengetahuan anda tentang bagaimana asal-muasal kota ini di Indonesia. Kota yang terkenal dengan lumpur Lapindo ini menjadi sorotan dunia ketika mengeluarkan lumpur panas yang hampir menenggelamkan wilayahnya. Tidak hanya manusia, berbagai ekosistem terkena dampak akibat dari aktivitas perusahaan tersebut.

seperti kota-kota lain di Indonesia, kota ini juga berawal dari sebuah kerajaan yang bernama Janggala. Ketika Belanda masuk ke Indonesia, Kota ini kemudian diberi nama Sidokare. Wilayah ini dipimpin oleh seorang patih bernama R. Ng. Djojohardjo.

Wilayah ini merupakan keputusan Belanda untuk membagi kota Surabaya menjadi dua yakni Kota Surabaya sendiri dan Kota Sidokare pada tahun 1859. Usai dibagi Belanda menetapkan R. Notopuro (kemudian bergelar R.T.P Tjokronegoro) yang berasal dari Kasepuhan terpilih menjadi pemimpin wilayah tersebut. R.
Nama Sidokare kemudian dianggap memiliki konotasi yang tidak bagus, dan pada 28 Mei 1859, nama Kabupaten Sidokare diubah menjadi Kabupaten Sidoarjo. Indonesia kemudian diambil alih oleh Jepang pada tahun 1942. Hal ini juga berdampak dengan Sidoarjo juga masuk di bawah kekuasaan Pemerintahan Militer Jepang. Pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah pada Sekutu.

Permulaan bulan Maret 1946 Belanda mulai aktif dalam usaha-usahanya untuk menduduki kembali daerah ini. Ketika Belanda menduduki Gedangan, pemerintah Indonesia memindahkan pusat pemerintahan Sidoarjo ke Porong. Daerah Dungus (Kecamatan Sukodono) menjadi daerah rebutan dengan Belanda. Tanggal 24 Desember 1946, Belanda mulai menyerang kota Sidoarjo dengan serangan dari jurusan Tulangan. Sidoarjo jatuh ke tangan Belanda hari itu juga. Pusat pemerintahan Sidoarjo lalu dipindahkan lagi ke daerah Jombang.

Pemerintahan pendudukan Belanda (dikenal dengan nama Recomba) berusaha membentuk kembali pemerintahan seperti di masa kolonial dulu. Pada November 1948, dibentuklah Negara Jawa Timur salah satu negara bagian dalam Republik Indonesia Serikat. Sidoarjo berada di bawah pemerintahan Recomba hingga tahun 1949. Tanggal 27 Desember 1949, sebagai hasil kesepakatan Konferensi Meja Bundar, Belanda menyerahkan kembali Negara Jawa Timur kepada Republik Indonesia, sehingga daerah delta Brantas dengan sendirinya menjadi daerah Republik Indonesia

Berikut beberapa wisata yang ada di kota sidoarjo.

1. Candi Pari
Jika anda ingin mengunjungi salah satu situs sejarah, Candi Pari mungking wajib anda kunjungi. Candi Pari terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Menurut sejarah candi ini dibuat untuk mengenang sahabat dari salah satu Prabu Brawijaya yang tidak ingin untuk tinggal di keratin majapahit. Candi ini berjarak 2km ke arah barat laut dari lumpur sidoarjo.

Beberapa tempat lain yang memilki nilai sejarah adalah Candi Dermo, Makam Putri Ayu Sekar, Klenteng Teng Swi Bio dan Klenteng Tjong Hok Klong.

2. Lumpur Lapindo
Lumpur Lapindo (LuLa) atau Lumpur Sidoarjo (LuSi) sebenarnya merupakan sebuah bencana alam yang awalnya dimulai dengan peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc. di Sudun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo sejak tanggal 29 Mei 2006. Semburan lumpur tersebut terus meluas hingga akhirnya menenggelamkan beberapa kawasan pemukiman dan perindustrian di tiga kecamatan sekitarnya.

Lumpur Lapindo hingga saat ini memang menjadi masalah bagi bangsa Indonesia, namun ternyata hal ini dapat menjadi tempat wisata menarik lho. Kamu bisa memanfaatkan tempat wisata alam di Sidoarjo satu ini untuk hunting foto. Sajian pemandangan eksotis dengan tanggul-tanggul di pinggir jalan raya dapat memberikan efek keren pada hasil foto.

Meski demikian kamu harus tetap berhati-hati dan menjada jarak jika mengunjungi tempat ini sebab lumpur lapindo dapat menyembur sewaktu-waktu.

3. Pantai Ketingan
Tempat wisata di Sidoarjo selanjutnya adalah Pantai Ketingan. Ini merupakan salah satu objek wisata alam yang alam yang terdapat di Sidoarjo. Pantai ini terletak di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Untuk mencapai tempat ini anda diharuskan menggunakan jalur laut.

Wisatawan bisa menggunakan jasa perahu yang telah disediakan oleh penduduk. Jalu darat untuk mencapai tenpat ini sanga sulit untuk dilalui, anda harus melewati mangrove dan medan yang sulit.

Biasa tempat ini akan ramai saat adanya perayaan upacara Nyidran yang dilakukan oleh warga sekitar. Dan juga di hari libur. Selain Pantai Ketingan adan juga tempat wisata alam lain di Sidoarjo yaitu, Petik Laut Sidoarjo.

4. Alun-alun Sidoarjo
Jika anda ingin objek wisata yang berada di tengah kota mungkin inilah yang sesuai dengan selera anda. Alun –alun Sidoarjo adalah salah satu simbol dari pusat pemerintahan di Sidoarjo. Di Alun-alun Sidoarjo para wisatawan dapat berburu foto suasana yang terdapat di wilayah sekitar.

Salah satu tempat favorit yang sering difoto di tempat ini adalah Tugu dan Pendopo. Wisatawan berfoto untuk dijadikan kengan-kenangan mereka berlibur di Sidoarjo. Alun-alun Sidoarjo juga cocok sebagai tempat untuk menghabiskan malam dan menikmati suasana liburan anda saat berada di Sidoarjo.

5. Sun City Waterpark
Tempat wisata yang satu sangat cocok untuk dihabiskan bersama sanak saudara dan keluarga di akhir pekan. Tempat wisata yang didirikan sudah lebih dari 10 tahun ini sudah memilki fasilitas yang memadai dan tak kalah dengan tujuan tempat wisata yang sejenisnya. Beberapa fasilitas di tempat ini adalah life guard, panggung hiburan, dan medical center. Untuk wahana air juga tak kalah menarik yaitu dragon sliding, water boom dan lain-lain.

6. Candi Pari
Jika anda ingin mengunjungi salah satu situs sejarah, Candi Pari mungking wajib anda kunjungi. Candi Pari terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Menurut sejarah candi ini dibuat untuk mengenang sahabat dari salah satu Prabu Brawijaya yang tidak ingin untuk tinggal di keratin majapahit. Candi ini berjarak 2km ke arah barat laut dari lumpur sidoarjo.

Beberapa tempat lain yang memilki nilai sejarah adalah Candi Dermo, Makam Putri Ayu Sekar, Klenteng Teng Swi Bio dan Klenteng Tjong Hok Klong.

Nah selanjutnya akan kami teruskan mengenai ulasan mengenai harga kambing. cekidot….

Domba dan kambing sebenarnya merupakan hewan yang serupa tetapi tidak sama. Perbedaan terletak pada penampakan tubuhnya dan sifat-sifatnya. Berdasarkan kedua perbedaan tersebut, maka kedua hewan ruminansia kecil ini dibedakan menjadi domba dan kambing. Berdasarkan penampakan tubuh luarnya, domba memiliki tubuh lebih bulat, sedangkan pada kambing tubuhnya lebih ramping.

Domba memiliki bulu yang tebal, sedangkan pada kambing bulunya lebih tipis dan halus sehingga apabila dilihat sepintas nampak tidak berbulu. Domba paa umumnya memiliki tanduk yang berbentuk segitiga, membelit, atau spiral, sedangkan pada kambing tanduknya berbentuk pipih. Bangsa domba umumnya tidak berjenggot, sedangkan kambing pada umumnya berjenggot.

Berdasarkan sifat-sifat nya, domba memiliki sifat lebih suka hidup bersama atau berkelompok dan tidak bersifat liar. Hal ini berlainan dengan ternak kambing yang lebih suka hidup bebas dan bersifat liar walaupun mudah dijinakkan. Kambing akan mudah menjadi liar kembali apabila mendapat kesempatan hidup bebas. Kambing mempunyai kemampuan membela diri dan suka berkelahi sehingga seringkali dijadikan hewan aduan.

Penentuan harga Jual Kambing
Penentuan harga ketika proses jual beli ternak, umumnya didasarkan pada kondisi fisik (bobot dan kesehatan) ternak. Karena kondisi fisik mencerminkan produksi dan kualitas karkas. Semakin bagus kondisi fisik si ternak, maka harga semakin tinggi. Ada beberapa hal juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jual ternak. Berikut pertimbangan yang dimaksud.

a. Umur
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur potong kambing berkorelasi positif dengan keempukkan daging yang dihasilkannya. Artinya, makin tua ternak dipastikan dagingnya lebih liat. Diketahui juga, daging yang berasal dari kambing tua baunya lebih menyengat. Konsumen umumnya lebih suka daging kambing yang empuk. Karena itu, faktor umur cukup memengaruhi harga jual kambing.
Ada tiga tipe daging kambing yang dihasilkan dan dikonsumsi sebagai berikut.
– Daging anak kambing (umur 8 – 12 minggu)
– Daging kambing muda (umur 1 – 2 tahun)
– Daging kambing tua (umur 2 – 6 tahun)
b. Kebiri
Kambing muda siap potong umumnya lebih murah dibandingkan dengan kambing muda kebirian, meski umur keduannya sama. Hal ini disebabkan karena persentase karkas kambing muda akan lebih rendah dibandingkan dengan kambing jantan kebiri.

Tips Memilih kambing Aqiqah yang Sehat

  1. Hewan aqiqah harus cukup umur. Untuk kambing, umur ideal dijadikan hewan aqiqah adalah 12 – 18 bulan. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari catatan kelahiran atau gigi susu yang dimiliki kambing. Bila gigi susu telah tanggal, kambing tersebut sudah cukup umur.
  2. Amati aktivitas si kambing. Bila pergerakannya aktif saat didekati, kambing tersebut sehat. Selain itu, kambing yang sehat memiliki selera makan yang baik.
  3. Memiliki bulu yang halus, mengilap, tidak rontok, tidak ada perubahan warna, dan tidak dihinggapi parasit kulit.
  4. Matanya bersinar jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Hindari membeli kambing yang matanya berwarna keruh. Ciri ini menandakan kambing tersebut sedang sakit.
  5. Bentuk tubuhnya standart dan tidak cacat.
  6. Perhatikan mulutnya. Jika sering mengeluarkan banyak air liur dan terdapat bintil-bintil merah di dalam mulutnya, berarti kambing tersebut sedang sakit.
  7. Perhatikan kondisi fisik lainnya, seperti hidung, mulut, kuku, kulit,bulu ekor, dan bagian dubur hewan tersebut. Pastikan semua dalam kondisi baik dan bersih.

Jenis dan Daftar Harga Kambing Terbaru 2016

1. Harga Kambing Kacang (jawa)
Untuk harga yang pertama adalah kambing jawa atau biasa di panggil kambing jawa (lokal). Untuk ras ini, paling banyak di Indonesia dan paling mudah untuk di cari, terutama di daerah jawa timur dan jawa tengah. Dan untuk masalah harga, jenis kambing jawa atau kacang sangat bervariasi di lihat dari umur kondisi fisik , kesehatan, jenis kelamin dan lainnya. Untuk harganya mulai dari harga 800 ribu sampai 2,5 juta rupiah.
Berikut daftar Harga Kambing Kacang
β€’ Kambing betina anakan umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 800.000,-
β€’ Kambing betina anakan Umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.300.00,-
β€’ Kambing betina Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 1.800.000,-
β€’ Kambing Betina Umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.300.000,-
β€’ Kambing Jantan anakan Umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 1.000.000,-
β€’ Kambing jantan anakan umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.600.000,-
β€’ Kambing jantan Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 2.300.000,-
β€’ Kambing jantan umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.600.000,-

2. Daftar Harga Kambing Etawa
Kemudian ada kambing etawa, hewan pemakan rumput ini berasal dari india yang berhasil di kembangkan dan di budidaya di Negara kita dengan sangat baik, dan menjadi andalan para peternak kambing sukses di era modern ini. Untuk populasi dan perkembangannya pun tidak kalah saing dengan kambing lokal atau kambing jawa (kacang). Namun kambing etawa ini memiliki keunggulan yaitu dengan postur tubuh yang lebih besar seta menghasilkan daging yang sangat banyak. Untuk urusan harga tentunya jauh di atas kambing lokal.

Untuk saat ini jenis kambing etawa sangat menjadi primadona di dalam pasar kambing. Banyak dari peternak kambing beralih fungsi menjadi peternak kambing etawa. Mungkin karena bersifat multi fungsi kambing besar ini menjadi andalan para peternak sukses. Sebab dengan beternak kambing etawa keuntungan yang di dapat bisa berkali kali lipat. Etawa sendiri bisa di fungsikan sebagai kambing pedaging, penghasil susu, dan sebagai kambing kontes.
Dan untuk masalah harga kambing etawa anda bisa melihatnya di bawah ini,
β€’ Etawa betina anakan Umur 3 – 5 bulan —>> Rp 1.700.000,-
β€’ Etawa Betina nakan Umur 6 – 7 bulan —>> Rp 2.200.000,-
β€’ Etawa Betina Umur 8 – 12 bulan —>> Rp Rp 3.000.000,-
β€’ Etawa Betina Dewasa Umur 1 – 2 tahun —>> Rp 3.500.000,-
β€’ Etawa Jantan Anakan Umur 3 – 5 bulan —>> Rp 2.000.000,-
β€’ Etawa jantan Anakan Umur 6 – 7 bulan —>> Rp 3.000.000,-
β€’ Etawa Jantan Umur 8 – 12 bulan —>> Rp 4.000.000,-
β€’ Etawa Jantan Umur 1 – 2 tahun —>> Rp 5.000.000,-

Daftar harga Kambing Peranakan Etawa (PE)
Kambing peranakan Etawa (PE) adalah kambing hasil dari kawin silang antara kambing etawa dan jawa (lokal). Untuk kualitasnya tidak kalah dengan kambing lain dan termasuk kambing yang mempunyai keunggulan, keunggulan yang sangat menonjol dari Peranakan etawa ini adalah tingkat adaptasinya yang sangat tinggi. Atas keunggulannya tersebut sudah banyak para peternak yang membudidayakan kambing ini.
Untuk harganya bisa anda lihat di bawah ini,
β€’ PE Betina Anakan Berumur 3 – 5 bulan >> Rp 1.000.000,-
β€’ PE Betina anakan Berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.500.000,-
β€’ PE betina Berumur 8 – 12 bulan >> Rp 2.000.000,-
β€’ PE betina Berumur 1 – 2 tahun >> Rp 2.500.000,-
β€’ PE Jantan Anakan Berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 1.400.000,-
β€’ PE Jantan Anakan Berumur 6 – 7 bulan >> Rp 1.800.000,-
β€’ PE Jantan Berumur 8 – 12 bulan >> Rp 2.500.000,-
β€’ Pe Jantan Berumur 1 – 2 tahun >> Rp 3.200.000,-

Daftar Harga kambing Gibas
Selanjutnya kambing gibas, untuk urusan harga kambing yang satu ini memiliki harga yang paling rendah jika di banding dengan harga kambing lain. Nah langusung saja, berikut harga kambing gibas,
β€’ Kambing Gibas Betina Anakan Berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 600.000,-
β€’ Kambing Gibas Betina Anakan Berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.200.000,-
β€’ Kambing Gibas Betina Berumur 8 – 12 Bulan >> Rp 1.600.000,-
β€’ Gibas Jantan Anakan Jantan berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 1.000.000,-
β€’ Gibas Jantan Anakan Jantan berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.200.000,-
β€’ Gibas Jantan Umur 8 – 12 Bulan >> Rp 2.100.000,-
β€’ Gibas jantan Umur 1 – 2 Tahun >> Rp 2.400.000,-

Nah mungkin uraian di atas bisa menjadi patokan anda untuk membeli kambing yang berkualitas untuk aqiqah. Jadi sebelum membeli kita liat dulu kambing yang akan kita beli, sehat ataukah tidak. jika membeli kambing haruslah sangat berhati-hati. Tapi para sahabat tidak perlu kawatir untuk membeli kambing, di Aqiqah Berkah tempatnya kambing yang berkualitas, sehat, tidak cacat dan terbaik. Dan di ambil dari kandang sendiri, hasil peternakan sendiri. Harga kambing akikah di Aqiqah Berkah lebih terjangkau, apabila dibandingakan dengan yang lainnya. Untuk informasi dan pemesanan anda bisa menghubungi nomor di bawah ini.

Aqiqah Berkah

Informasi dan Pemesanan hubungi :

WA : +6281335680602
BBM: 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah-_-

Tags: , , , , , ,