Hukum Aqiqah Kambing Jantan

2Bagaimanakah ketentuan kambing aqiqah yang dianjurkan oleh agama Islam ?

Apakah harus aqiqah kambing jantan ?

Rasulullah SAW menganjurkan untuk melaksanakan aqiqah bagi putra putri sejak dialhirkan, namun tidak dijelaskan secara spesifik harus aqiqah kambing jantan ataupun aqiqah kambing betina. Rasulullah menjelaskan bahwa untuk anak laki-laki disembelih dua ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan seekor kambing.

Berikut ini sabda Rasulullah SAW tentang ketentuan jumlah kambing aqiqah :

عن الغلام شاتان متكأ فئتان . و عن الجارية شاة

” Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang mirip, dan untuk anak perempuan satu ekor. Dan dibolehkan satu ekor domba untuk anak laki-laki”.

Ketentuan aqiqah dalam Islam termuat pada salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ahmad, meriwayatkan dari Ummu Karaz Al Ka’biyah bahwa ia pernah menanyakan kepada Rosulullah tentang aqiqah. Rasulullah SAW bersabda : “Bagi anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan 1 ekor, dan tidak akan membahayakan kamu sekalian, apakah (sembelihan itu) jantan atau betina.”

Kambing AqiqahBerikut ini adalah ketentuan hewan yang diperbolehkan untuk aqiqah :

  1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh menggunakan aqiqah kambing jantan atau aqiqah kambing betina.
  2. Tentang umur dari kambing itu sendiri mereka mengkiaskan dengan umur kambing dhahaayaa (kambing qurban), yaitu : Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Untuk kambing biasa umurnya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga.
  3. Adapun tentang sifatnya pun dikiaskan dengan dhahaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik.

Hikmah mendasar yang diperoleh dari melaksanakan aqiqah adalah sebagai ungkapan rasa syukur. Selain itu aqiqah merupakan perwujudan rasa gembira demi tegaknya Islam dan lahirnya keturunan yang dikemudian hari memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW. Dengan banyaknya umat Nabi Muhammad SAW maka terhubung menjadi tali siltaurahim antar anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir.

bismillahMelaksanakan aqiqah tidak terlepas dari hewan ternak untuk sembelihan berupa kambing atau domba. Harga kambing aqiqah dari beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan prosentase sebesar 15-30%. Sehingga layanan jasa aqiqah berinisiatif membantu anda dalam pelaksanaan aqiqah dengan harapan, anda dapat melaksanakan sunnah tanpa terbebani. Aqiqah Berkah menawarkan kepada anda yang ingin melaksanakan aqiqah untuk putra putri anda.

Salah satu jasa layanan aqiqah terpercaya dan terkenal adalah Aqiqah Berkah yang berkantor pusat di Jl. Raya Baron Timur No 1 Baron Nganjuk. Harga paket aqiqah dapat anda pilih sesuai keinginan anda dengan harga yang relatif murah sehingga sangat membantu anda untuk dapat melaksanakan aqiqah.

aqiqahberkah

Untuk melakukan pemesanan baik paket aqiqah murah maupun kambing untuk aqiqah, anda dapat segera menghubungi :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
PinBB : 7C0B38CE

Apabila anda memilih menu aqiqah kambing jantan, maka fasilitas yang anda dapatkan adalah :

Aqiqah Mandiri

  1. Tipe A harga Rp 1.400.000 dengan jenis masakan 250 tusuk sate & 1 panci Gule
  2. Tipe B harga Rp 1.550.000 dengan jenis masakan 300 tusuk sate & 1 panci gule
  3. Tipe C harga Rp 1.750.000 dengan jenis masakan 350 tusuk sate & 1 panci gule
  4. Tipe D harga Rp 1.850.000 dengan jenis masakan 450 tusuk sate & 1 panci gule
  5. Tipe E harga Rp 2.050.000 dengan jenis masakan 500 tusuk sate & 1 panci gule

Aqiqah Peduli

  1. Tipe A harga Rp 1.800.000 dengan jumlah 50 porsi
  2. Tipe B harga Rp 1.950.000 dengan jumlah 60 porsi
  3. Tipe C harga Rp 2.150.000 dengan jumlah 70 porsi
  4. Tipe D harga Rp 2.250.000 dengan jumlah 80 porsi
  5. Tipe E harga Rp 2.450.000 dengan jumlah 90 porsi

Tags: , , , , , , , , , , , ,