Hikmah Akikah

Kenapa kita harus melaksanakan aqiqah ? Apa hikmah melaksanakan aqiqah ?

Aqiqah secara etimologis / lughawi aqiqah adalah memotong (al-qat’u) atau nama untuk rambut pada kepala bayi yang dilahirkan. Menurut terminologi syariah / fiqih aqiqah adalah hewan yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah SWT atas lahirnya seorang bayi di dunia ini. Kelahiran anak di dunia merupakan suatu anugerah terindah dan rizki yang datang dari Allah. Sebab anak merupakan jalan rizki bagi kedua orangtua kelak serta anak adalah dambaan setiap suami istri.

aqiqahberkah

Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur maka diwujudkan dalam bentuk aqiqah tersebut. Secara islam aqiqah merupakan sunnah muakad. Hukum aqiqah merupakan sunnah bagi orang yang memiliki kewajiban menanggung nafkah anak. Hewan sembelihan aqiqah berupa binatang ternak seperti kambing. Bagi anak laki-laki hendaklah disembelih dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan hanya satu ekor kambing saja.

Tidak perlu risau untuk sahabat Aqiqah Berkah di wilayah luar Jawa Timur, karena kami akan senantiasa membantu kelancaran aqiqah baik dengan aqiqah mandiri atau aqiqah peduli. Aqiqah Berkah menyediakan pula kambing untuk aqiqah seperti kambing aqiqah Depok, kambing aqiqah Jakarta, kambing aqiqah Surabaya dan kota besar lainnya.

Adapun hikmah aqiqah menurut Al-Hafizh Ibul Qayyim antara lain :

  1. Menghidupkan sunnah Nabi
  2. Taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah dan syukur kepada-Nya
  3. Membebaskan anak bayi dari pergadaian
  4. Penyebab kebaikan anak, pertumbuhannya, keselamatannya, panjang umurnya, dan terhindar dari gangguan setan.

Sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi, “Anak yang baru lahir menjadi rungguhan sampai disembelihkan baginya aqiqah pada hari yang ketujuh dari hari lahirnya, dan di hari itu juga hendaklah dicukur rambut kepalanya dan diberi nama”.

Hikmah aqiqah lainnya dan paling mendasar adalah sebagai ungkapan rasa syukur dan rasa gembira demi tegaknya Islam dan lahirnya keturunan yang dikemudian hari memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW dan terhubung menjadi tali siltaurahim antar anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir.

Aqiqah memiliki beberapa manfaat bagi orang yang melaksanakan maupun bagi orang lain, diantaranya :

  1. Memberikan kabar atau berita baik tentang kelahiran anak kepada sanak saudara, tetangga sekaligus memberikan informasi tentang nasab anak agar tidak terjadi prasangka buruk oleh para tetangga.
  2. Mencerminkan sikap murah hati dan dermawan.
  3. Mengikuti jejak Nabi Ibrahim ketika mau menyembelih anaknya yaitu Ismail namun diganti dengan domba.
  4. Merupakan bentuk atauu wujud pengorbanan kepada Allah Swt seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  5. Melepaskan status anak yang tergadai hal ini karena anak yang baru lahir kalau belum di aqiqahi statusnya adalah tergadai. Maka kalau tergadai berarti harus ditebus terlebih dahulu agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Imam Nawawi ra berkata dalam kitabnya, al-Majmu’, “Hewan yang layak atau sah disembelih sebagai hewan aqiqah adalah domba yang dewasa dan kambing dewasa yang sudah memiliki gigi seri (gigi depan).”

Domba dan kambing itu harus selamat dari cacat. Karena aqiqah adalah mengalirkan darah secara syar’i (sesuai dengan ketentuan Islam) maka sifat-sifat hewan yang disembelih untuk aqiqah sama dengan sifat-sifat hewan yang disembelih untuk kurban, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dengan sanad sahih bahwa Ibnu Abbas r.a. berkata “Rasulullah mengaqiqahkan Hasan da Husain masing-masing dengan seekor domba.”

Silahkan hubungi nomor :
SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

Aqiqah Berkah akan membantu saudara dalam melaksanakan aqiqah untuk putra putri anda, rasakan manfaat dan hikmah aqiqah untuk putra putri anda. Terdapat beragam menu paket yang dapat anda pilih untuk acara aqiqah. Atau memilih hewan aqiqah (kambing) untuk disembelih sendiri, kami siap melayani.

Pemesanan jasa aqiqah dilayani untuk seluruh wilayah di Indonesia. Tersedia di berbagai kota di Indonesia seperti Surabaya, Malang, Nganjuk, Ngawi, Kediri, Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, Bandung, Yogyakarta.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,