Hikmah Adanya Aqiqah

HIKMAH ADANYA AQIQAH

Setiap ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT tentunya memiliki manfaat dan hikmah yang besar bagi umatnya. Bagitu pula dengan hikmah adanya aqiqah bagi umat muslim.

Perintah ibadah aqiqah dihukumi sunnah muakadah oleh sebagian besar ulama fiqih. Tujuan aqiqah untuk menyembelih hewan ternak saat kelahiran anak serta memberikan nama anak di ahri ketujuh kelahirannya.

Menurut Syaikh Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab yang berjudul Tarbiyatul Aulad Fil Islam, aqiqah memiliki beberapa hikmah diantaranya :

  1. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammaad SAW dalam meneladani Nabi Ibrahim AS, tatkala Allah SWT menebus putera Ibrahim yang tercinta yakni Ismail AS
  2. Aqiqah mengandung unsur sebuah perlindungan dari syetan yang dapat mengganggu anak yang terlahir tersebut. Hal ini sesuai dengan hadits berikut, yang artinya “Setiap anak itu tergadai dengan akikahnya.” Sehingga, anak yang telah ditunaikan akikahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan setan yang sering mengganggu anak-anak. Hal inilah yang dimaksud oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah “bahwa lepasnya dia dari setan tergadai oleh akikahnya”.
  3. Aqiqah merupakan tebusan bagi sang anak untuk memberikan syafaat bagi kedu aorangtua kelak di hari akhir. Sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Ahmad, “Dia tergadai dari memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan akikahnya).”
  4. Aqiqah merupakan bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT dengan lahirnya anak.
  5. Aqiqah sebagai sarana menunjukkan rasa bahagia dalam melaksanakan syariat Islam dan bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW di hari kiamat.
  6. Aqiqah dapat memperkuat ukhuwah (persaudaraan) di antara masyarakat.
  7. Aqiqah merupakan sarana untuk mewujudkan prinsip-prinsip keadilan sosial dan menghapuskan gejala kemiskinan di dalam masyarakat.

Nah demikian tadi merupakan beberapa hikmah aqiqah yang disampaikan oleh Syaikh Abdullah Nashih Ulwan. Sedangkan hikmah adanya aqiqah menurtu sebagian besar ulama dapat dirumuskan menjadi 3 hal, antara lain :

Aqiqah Berkah (16)

Pertama. Memelihara atau melindungi anak dari segala bahaya yang menimpanya dengan aqiqah yang telah diberikan untuk anak. Sebagaimana kita ketahui, bahwa pada usia bayi, sangat rentan dengan bahaya yang menimpanya, karena pada saat itu daya tahan tubuhnya belum stabil.

Kedua. Memberi nama dan bercukur rambut. Pada saat aqiqah, orangtua memberikan nama kepada anaknya. Memberikan nama adalah salah satu kewajiban orangtua terhadap anaknya. Sebaiknya anak diberi nama-nama yang baik sesuai ketentuan aqiqah. Contoh untuk nama-nama yang baik adalah Abdullah, Abdurrahman,juga dibolehkan dengan memberi nama Malaikat, Nabi dan nama-nama dari al-Qur’an.

Dalam memberi nama anak ridak boleh memberi nama yang disembah selain Allah, seperti Abdul Uzza, Abdul Hubal, Abdul Umar, Abdul Ka’bah, dan Hasya Abdul Muthallib. Juga di makruhkan memberikan memberikan nama seperti Yasar, Rabah, Nujaih, Aflah karena nama-nama tersebut terkadang sebagai sarana mendatangkan kesialan.

Sebagaimana riwayat dari samurahbahwa Nabi SAW bersabda, “Janganlah engkau memberi nama anakmu itu dengan Yasar, Rabbah, Nujaih, dan Aflah. Karena sesungguhnya jika engkau menanyakannya, Apakah ia memang demikian?Jangan sampai ada yang menjawab “Tidak”. (HR. Muslim).

Orangtua hendaklah mencari nama-nama yang terbaik untuk anak-anak mereka, karena nama adalah do’a atau cermin kepribadian anak di masa mendatang. Jika nama tersebut baik, insyaallah pertumbuhan dan perkembangan anak pun menjadi baik, tetapi jika nama anak buruk, maka keburukanlah yang akan menimpa anak dan keluargannya.

Ketiga. Berbagi dengan orang lain. Pertama, membagikan daging kambing aqiqah. Kedua, dalam aqiqah rambut bayi dicukur, rambut hasil cukurannya ditimbang dan dihargai dengan emas atau perak sesuai jumlah timbangannya, kemudian hasilnya disedekahkan. Dua ritual aqiqah ini mengajarkan kepada kita agar mau membagi dengan orang lain, dan juga memupuk kebiasaan bersedekah kepada anak sejak usia dini.

Semoga informasi mengenai hikmah adanya aqiqah tersebut dapat bermanfaat untuk saudara muslim semua dan menjadikan semangat untuk meningkatkan ibadah. Untuk memudahkan saudara muslim dalam beraqiqah, pesan segera paket aqiqah maupun catering aqiqah pada Jasa Layanan Aqiqah Berkah. Pesan aqiqah dapat dilakukan secara offline di nomor layanan berikut ini :

SMS: 085749622504

Whatsapp: +6281335680602

PinBB: 7C0B38CE

Pelayanan online selama 24 jam. Aqiqah Berkah berkantor pusat di Jl. raya Baron Timur No. 1 Baron Nganjuk. Terdapat kantor cabang di berbagai wilayah diantaranya di Kab. kediri, Kab. Jombang, Kab. Madiun, Kab. Blitar, Kab. Tulungagung, dan Kab. Trenggalek. Segera sempurnakan sunnah ibadah aqiqah Anda.