Hewan Qurban Kambing

ahlan_wa_sahlan_wandtattoo_1

Apa kabar sahabat Aqiqah Berkah ? Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.  Aamiin Aamiin Ya Robbal’alamin.

Sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah, artikel kali ini kita akan membahas mengenai hewan qurban kambing, semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat Aqiqah Berkah dan pembaca yang lain.

Jika beberapa waktu lalu kita membahas mengenai sapi qurban 2016, sebagai pelengkap, pembahasan kali ini lebih focus pada hewan qurban kambing. Selain qurban dengan sembelihan sapi, maka kambing pun lebih laris untuk menjadi sembelihan hewan qurban.

Harga kambing yang relatif murah dibandingkan dengan sapi menjadikan kambing sebagai hewan yang sangat dicari ketika tiba musim qurban. Hewan qurban kambing selalu lebih banyak saat musim qurban dibanding dengan hewan qurban sapi.

Jika kita melihat secara seksama, di Indonesia sebagian besar orang memilih hewan qurban kambing dan sapi. Kenapa demikian ? Karena jenis kedua hewan ini yang paling banyak di ternak di Indonesia, terutama kambing.

kambing editKambing selain menjadi sembelihan saat qurban atau Idul Adha, hewan ini juga menjadi primadona untuk sembelihan aqiqah. Karena waktu aqiqah dalam Islam dianjurkan pada hari ke tujuh sejak kelahiran anak, maka sebagian orang telah mempersiapkan kambing di hari pertama kelahiran untuk mengaqiqahi bayi mereka.

Kambing yang disembelih untuk qurban maupun aqiqah tidak hanya dilihat dari berat rata-rata saja, namun juga harus memperhatikan kesehatan hewan tersebut. Bagi anda yang memiliki waktu sangat terbatas untuk memilih hewan qurban ataupun aqiqah, maka anda dapat mempercayakan pasa penyedia jasa hewan qurban atau aqiqah seperti Aqiqah Berkah.

Aqiqah Berkah menyediakan paket aqiqah dan menyediakan hewan aqiqah maupun hewan qurban yang telah dipilih sesuai dengan ketentuan dan syariat agama Islam. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi nomor layanan :

SMS : 0857 4962 2504

Whatsapp : +6281 335 680 602

Pin BB : 7C0B38CE

Selain anda memperhatikan untuk memilih hewan qurban, perlu diperhatikan waktu-waktu dalam penyembelihan qurban. Jika waktu aqiqah dalam Islam dilaksanakan pada hari ke-7 sejak kelahiran anak, penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah sholat Ied pada hari raya Idul Adha.

Rasulullah SAW telah bersabda :

مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلاةِ فَإِنَّمَا يَذْبَحُ لِنَفْسِهِ ، وَمَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلاةِ فَقَدْ تَمَّ نُسُكُهُ ، وَأَصَابَ سُنَّةَ الْمُسْلِمِينَ

“Barang siapa yang menyembelih sebelum shalat maka ia menyembelih untuk dirinya sendiri, dan barang siapa yang menyembelih setelah shalat maka ia telah menyempurnakan kurbannya, dan sesuai dengan sunnah kaum muslimin”.

Daging hewan qurban kambing setelah dipotong maka segera dibagi-bagi kepada warga dan masyarakat. Islam memberikan ketentuan dalam pembagian daging qurban sebagai berikut :

  1. Orang yang berkurban harus mampu menyediakan hewan sembelihan dengan cara halal tanpa berhutang.
  2. Qurban harus binatang ternak, seperti unta, sapi, kambing, atau biri-biri.
  3. Binatang yang akan disembelih tidak memiliki cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekor harus utuh.
  4. Hewan kurban telah cukup umur, yaitu unta berumur 5 tahun atau lebih, sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun, dan domba atau kambing berumur lebih dari 1 tahun.
  5. Orang yang melakukan kurban hendaklah yang merdeka (bukan budak), baligh, dan berakal.
  6. Daging hewan kurban dibagi tiga, 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 bagian dihadiahkan kepada orang lain.

Sahabat Aqiqah Berkah, semoga artikel mengenai hewan qurban kambing diatas bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi kita semua. Semoga kita dapat melaksanakan ibadah qurban tahun ini. Aamiin Aamiin Ya Robbal ‘alamin.

Tags: , , , , , , , , ,