Harga Qurban Sapi 2016

Aqiqah dan Qurban memiliki sebab dan maksud masing-masing. Qurban sebagai tebusan untuk diri sendiri, sedangkan aqiqah sebagai tebusan untuk anak yang diharapkan dapat tumbuh menjadi anak soleh dan sholehah. Aqiqah juga dilaksanakan untuk mendoakan putra putri agar menjadi anak yang berbakti kepada kedua orangtua. Aqiqah menurut Islam merupakan sebuah sunnah namun masih banyak dilalaikan oleh kaum muslimin saat ini dan menggantinya dengan lainnya.

Hewan sembelihan untuk qurban dan aqiqah sama saja syarat dan ketentuannya, namun berbeda maksud untuk kedua hal tersebut. Aqiqah dan qurban merupakan dua hal yang berbeda namun sama-sama mendatangkan manfaat serta pahala. Alangkah lebih baik jika melaksanakan aqiqah diluar ibadah berqurban. Hewan qurban yang lebih utama atau yang paling dianjurkan sebagai hewan qurban sebagai berikut:

  1. Yang paling gemuk dan sempurna. Bahkan jika berqurban dengan satu qurban yang gemuk itu lebih baik daripada dua hewan qurban yang kurus. Karena yang diinginkan adalah daging. Semakin banyak daging yang dimiliki hewan tersebut maka itu semakin baik.
  2. Hewan qurban yang lebih utama adalah unta, kemudian sapi, kemudian kambing. Namun satu ekor kambing lebih baik daripada kolektif dalam sapi atau unta.
  3. Warna yang paling utama adalah putih polos, kemudian warna debu (abu-abu), kemudian warna hitam.
  4. Berkurban dengan hewan jantan lebih utama dari hewan betina.
Aqiqah Berkah

Aqiqah Berkah

Berikut penjelasan dari hadits Bulughul Marom tentang masalah kurban pada hadits no. 1363.

وَعَنْ جَابِرِ بنِ عَبْدِ اَللَّهِ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: – نَحَرْنَا مَعَ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – عَامَ اَلْحُدَيْبِيَةِ: اَلْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ, وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ – رَوَاهُ مُسْلِم

“Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Kami pernah berkurban (melakukan nahr atau penyembelihan) bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun Hudaibiyah, yaitu kami berkurban untuk unta dengan patungan tujuh orang. Sedangkan sapi untuk patungan tujuh orang.” Diriwayatkan oleh Muslim. (HR. Muslim no. 1318).

Begitu pula, bagi orang yang ikut serta qurban sapi atau unta, masing-masing boleh meniatkan untuk dirinya dan juga untuk keluarganya. Berbeda dengan qurban se-ekor kambing, ketentuannya hanya boleh untuk satu orang saja. Kalau dalam aqiqah menurut islam, seekor kambing untuk aqiqah anak perempuan sedangkan untuk anak laki-laki dua ekor kambing.

Sedangkan ketentuan umur hewan untuk qurban adalah sebagai berikut :

  1. Unta, umur minimal 5 tahun
  2. Sapi, umur minimal 2 tahun
  3. Kambing, umur minimal 1 tahun
  4. Domba Jadza’ah, umur minimal 6 bulan

Tercatat hingga bulan november 2015, harga bibit dan bakalan sapi di sejumlah pasar masih relatif stabil dan cenderung naik. Bisa dipastikan tahun 2016 ini harga sapi dapat naik kembali sesuai dengan jenis sapi dan berat sapi.harga-sapi-qurban

Bila dilihat dari segi berat dan bobot sapi umumnya yang paling laku adalah sapi dengan berat 200-250 Kg, harga kisaran Rp 9.000.000 – Rp 13.000.000 untuk sapi PO dan Limo. Untuk jenis sapi simental dapat mencapai harga Rp 12.00.000 sampai dengan Rp 17.000.000. Sedangkan sapi silangan harga bervariasi antara Rp 11.000.000 hingga Rp 14.000.000.

Bagi anda yang ingin qurban sapi, ada baiknya anda mengamati harga sapi dipasaran saat ini atau memesan qurban sapi sesegera mungkin. Karena bisa dipastikan ketika menjelang idul adha, harga hewan qurban akan naik di pasaran.

Berdasarkan pengamatan penulis pada beberapa situs penjualan kambing qurban, kambing aqiqah menurut islam dan sapi qurban, harga sapi dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Pada tahun 2015 saja harga sapi dengan berat dari 160-300 Kg dapat mencapai harga Rp 14.000.000 hingga 18.000.000. Sapi dengan berat 310-450 Kg bisa berkisar dari harga Rp 21.000.000- Rp 26.000.000. Sapi super dapat anda peroleh mulai harga Rp 40.000.000 di tahun 2015.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,