Harga Kambing Kurban di Blitar

Harga Kambing Kurban di Blitar

Nah kita ketemu lagi dengan kami Aqiqah Blitar. Gimana kabarnya para sahabat Aqiqah Blitar?baik kan… ini kami ingin memberi info mengenai harga kambing kurban di Blitar. Aqiqah Berkah selain membantu anda dalam beraqiqah, kami juga melayani kurban, ada dua jenis kurban yaitu kurban mandiri dan kurban peduli. Tapi sebelum ke harga kambing kurban, kita ulas sedikit mengenai Asal usul hari menyembelih kurban. Mari…..

Aqiqah Berkah (5)
Kurban dalam sejarah umat manusia merupakan ibadah yang di mulai pada masa nabi Ibrahim as. Mulainya Ibrahim bermimpi diperintahkan untuk menyembelih puteranya yaitu Ismail as. Pada mimpi yang pertama ia tidak yakin kalau mimpinya itu benar – benar datang dan sebagai wahyu dari Allah SWT, ia yakin mimpi itu bisikan setan. Ibrahim baru benar – benar yakin pada mimpinya yang ketiga, Ia yakin betul apa yang ada dalam mimpinya itu merupakan perintah Allah SWT sebagai sebuah wahyu yang harus dilaksanakan.

Pada suatu hari Nabi Ibrahim as menyembelih kurban fisabilillah (di jalan Allah SWT) berupa 1.000 ekor domba, 300 ekor sapi dan 100 ekor unta. Banyak orang mengaguminya termasuk para malaikat yang terkagum – kagum atas kurbannya. “Kurban sejumlah itu bagiku belum apa – apa”. Demi Allah! Seandainya aku memiliki anak laki – laki pasti akan aku sembelih karena Allah dan aku kurbankan kepada-Nya, “kata nabi Ibrahim as, sebagai ungkapan sebab Sarah istri nabi Ibrahim belum juga mengandung.

Suatu ketika Sarah menyarankan Ibrahim agar menikahi Hajar (budaknya yang hitam kelam) yang di peroleh dari Mesir. Ketika berada di Baitul Maqdis, beliau berdoa kepada Allah SWT agar di karuniai seorang anak, doa beliau pun dikabulkan Allah SWT. Ada yang mengatakan saat itu usia Ibrahim mencapai 99 tahun. Dan karena demikian lamanya maka anak itu diberi nama Ismail yang artinya “Allah telah mendengar”. Sebagai ungkapan kegembiraan karena akhirnya memiliki anak, seolah Ibrahim berseru: “Allah mendengar doaku”.

Ketika usia Ismail menginjak kira – kira 7 tahun (ada pula yang berpendapat 13 tahun), pada malam tarwiyah (hari ke-8 di bulan Dzulhijjah) nabi Ibrahim as bermimpi berupa seruan, “Hai ibrahim! Penuilah nadzarmu (janjimu). “Pagi harinya beliau pun berpikir dan merenungkan arti mimpinya semalam. Apakah mimpi itu benar – benar dari Allah SWT atau dari setan? Dari sinilah kemudian tanggal 8 Dzulhijjah disebut sebagai hari tarwiyyah (artinya berpikir atau merenung). Pada malam ke-9 Dzulhijjah beliau bermimpi sama dengan sebelumnya. Pagi harinya beliau thau dengan yakin mimpinya itu berasal dari Allah SWT. Dari sinilah hari ke-9 Dzulhijjah disebut dengan hari Arofah (artinya mengetahui) dan bertepatan pula waktu itu beliau sedang berada di tanah Arafah.

Malam berikutnya beliau bermimpi lagi dengan mimpi yang serupa. Keesokan harinya melaksanakan nadzar itu. Karena itulah, hari tersebut dinamakan hari menyembelih kurban atau Yaumun nahr.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan soal Asal usul hari menyembelih Kurban atau yaumun nahr. Berikut ini harga kambing kurban 2016:

  1. Harga Kambing Gibas
    Kambing gibas juga sering disebut juga kambing gimbal. Secara umum, kambing gibas memiliki bulu berwarna putih. Adapun harga dari kambing gibas ini mulai berkisar dari harga Rp.600.000,- hingga Rp.2.400.000,- di tahun 2016 ini. Adapun harga kambing gibas memiliki harga yang terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.
  2. Harga Kambing Kacang (Jawa)
    Kambing jawa juga sering disebut pula kambing kacang. Harga dari jenis kambing ini sangat bervariasi hal ini didasarkan pada jenis umur, kondisi fisik, kesehatan dan jenis kelamin. Adapun harga dari kambing kacang atau kambing jawa ini mulai berkisar dari harga Rp.800.000,- hingga Rp.2.600.000,- di tahun 2016 ini.
  3. Harga Kambing Etawa
    Kambing etawa juga sering disebut pula Jamnapari. Kambing etawa berasal dari India. Kambing ini merupakan jenis kambing yang memiliki 2 fungsi yaitu kambing pedaging dan kambing penghasil susu. Adapun harga kambing etawa ini mulai berkisar dari harga Rp.1.700.000,- hingga Rp.5.000.000,- di tahun 2016 ini.
  4. Harga Kambing Peranakan Etawa (PE)
    Jenis kambing peranakan etawa merupakan hasil persilangan antara kambing jawa (lokal) dengan kambing etawa. Adapun untuk harga kambing jenis PE ini mulai berkisar dari harga Rp.1.000.000,- hingga Rp.3.200.000,- di tahun 2016 ini.

Itulah tadi informasi mengenai harga kambing terbaru yang bisa kami sampaikan, daftar di atas kami ambil dari beberapa lapak kambing dan tentunya setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda, namun daftar harga di atas bisa dijadikan patokan dasar untuk anda dalam membeli atau menjual kambing.

Untuk Informasi Lebih lanjut Hubungi Kami :

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

Hewan atau Kambing bisa dipilih di kandang kami dan Gratis titip hewan qurban sebelum di antar.

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Tags: , , , , , , ,