Harga Kambing Kacang Umur 1 Tahun 2016

harga kambing kacang umur 1 tahun 2016

Aqiqah Berkah (10)
Permintaan produk peternakan khususnya daging di indonesia akhir-akhir ini semakin meningkat, baik untuk informasi dalam negeri maupun untuk tujuan ekspor dalam bentuk ternak hidup. Ternak kambing merupakan salah satu jenis ternak yang memiliki prospek pengembangan yang cukup baik dalam menyuplai kebutuhan tersebut.

Bertolah dari permintaan tersebut, maka perlu ada peningkatan dalam produktivitas kambing lokal (kambing kacang) selain melalui seleksi di dalam kambing kacang sendiri untuk pemantapan sesuai permintaan lokal, juga dilakukan persilangan antara kambing lokal ini dengan kambing yang di anggap superior dalam produksi daging dalam rangka pemenuhan permintaan ekspor.

Kambing Kacang adalah salah satu kambinglokal di Indonesia dengan populasi yang cukup tinggi dan tersebar luas. Kambing kacang memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, memiliki telinga yang kecil dan berdiri tegak. Kambing ini telah beradaptasi dengan lingkungan setempat, dan memiliki keunggulan pada tingkat kelahiran.

Beberapa hasil pengamatan menunjukkan bahwa litter sizenya adalah 1.57 ekor (S ETIADI 2003). kambing ini memiliki keterbatasan dengan rataan bobot badan dewasa yang cukup rendah yaitu sekitar 20–25 kg, dengan tinggi pundak pada jantan dewasa dan betina dewasa adalah 53,80 ± 2,88 cm dan 52,00 ± 7,38 cm (S ETIADI et al., 1997).

Kambing ini memiliki tanduk baik jantan maupun betina. Secara umum warna tubuhnya adalah gelap dan coklat. Kambing Boer telah dikembangkan di Afrika Selatan untuk tujuan produksi daging. Kambing ini telah secara intensif dikembangkan dengan sistem perkawinan yang selektif sejak lebih dari 50 tahun oleh para breeder di Afrika Selatan. Sehingga Boer ini dikenal sebagai kambing yang superior diantara beberapa jenis kambing untuk produksi daging.

Kambing Boer mempunyai tanda umum yaitu ; tanduk melengkung keatas dan ke belakang, telinga lebar dan menggantung, hidung cembung, rambut relatif pendek sampai sedang. Dengan pola warna dasar putih dan biasanya dengan kombinasi warna coklat atau merah bata pada bagian leher dan kepala (D EVENDRA dan M CLEROY (1982) dalam S ETIADI (2003). Ukuran kambing Boer yang dipelihara di Wurtemburg, Jerman menurut B IRMKAMMER (1986) dalam S ETIADI (2003) berurut-turut. Pada jantan dan betina diantaranya; mempunyai bobot badan dewasa 80-130 kg dan 50−75 kg, serta tinggi pundak sekitar 50-75 cm dan 60−70 cm. Namun demikian kambing Boer dipotong dengan bobot badan sekitar 35−40 kg untuk jantan dan 30−35 kg untuk betina, dengan persentase karkas 50−55%. Menurut M ASON (1988) dalam S ETIADI (2003), rataan litter size kambing Boer adalah 1,7 ekor.

Persilangan merupakan salah satu cara atau upaya untuk meningkatkan produktivitas ternak lokal dengan ternak lain yang dianggap memiliki keunggulan tertentu. Persilangan itu sendiri adalah perkawinan antara ternak kambing jantan dengan kambing betina dari rumpun yang berbeda. Hal ini bukan berarti perkawinan itu asal saja antar rumpun yang berbeda. Namun yang diartikan dengan persilangan adalah penggunaan sumber daya genetik kambing (rumpun kambing) yang sistematik dengan perencanaan sistem perkawinan untuk menghasilkan anak hasil persilangan yang spesifik (S UBANDRIYO , 2004). Melalui persilangan kambing Kacang dan kambing Boer diharapkan akan dihasilkan kambing yang mempunyai karakteristik dan morfologis yang lebih baik dibanding kambing Kacang.

Kambing Jawa/lokal/kacang adalah ras yang paling banyak di temui di Indonesia, terutama daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Harga Kambing Jawa juga sangat bervariasi, tergantung kualitas dan fungsinya, sebagai pedaging, bibit ternak, dan lain sebagainya. Daging Kambing Jawa sangat diminati di pasaran, rasanya yang paling nikmat dari semua jenis Kambing yang ada di Indonesia menjadi harga Kambing Jawa stabil. Selain itu Kambing Jawa juga sangat mudah untuk di budidayakan karena tingkat perkembangbiakannya yang tinggi. Untuk cara ternak Kambing Jawa dapat Anda pelajari pada artikel dengan judul “Ternak Kambing Jawa Dengan Konsep Penggemukan Agar Cepat Untung”.

Kambing Jawa memang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis Kambing Etawa atau Pe. Ukurannya hampir sama dengan jenis Kambing Gibas. Namun harga Kambing Jawa lebih malah daripada harga jenis Kambing Gibas, dibawah ini adalah harga Kambing Kacang terbaru 2016 yang kami dapatkan dari informasi pasar.

• Betina umur 3-5 bulan : +- 800.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 6-7 bulan : +- 1.300.00 (tergantung kondisi)
• Betina umur 8-2 bulan : +- 1.800.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 12-24 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 3-5 bulan : +- 1.000.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 6-7 bulan : +- 1.600.00 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 8-2 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 12-24 bulan : +- 2.600.000 (tergantung kondisi)

Itulah tadi informasi mengenai Harga Kambing Kacang 2016 yang bisa kami sampaikan, informasi di atas kami ambil dari beberapa lapak kambing dan tentunya setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda, namun daftar harga di atas bisa dijadikan patokan dasar untuk anda dalam membeli atau menjual kambing.

Untuk Informasi Lebih lanjut Hubungi Kami :

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Tags: , , , , , , ,