Harga Kambing Kacang di Rappang

HARGA KAMBING KACANG DI RAPPANG

Harga kambing saat ini terus mengalami kenaikan di Indonesia. Baik di Indonesia wilayah barat, tengah maupun timur. Permintaan untuk konsumsi daging kambing kian banyak setiap tahunnya. Bahkan peternak lokal belum mampu untuk memenuhi tingkat kebutuhan daging kambing.

Kambing jawa atau disebut kambing kacang adalah kambing lokal Indonesia. Jenis kambing juga didapati di Malaysia dan Filiphina. Kambing kacang berkembang biak dengan sangat cepat, di usia 15-18 bulan sudah bisa menghasilkan keturunan. Kambing kacang ini memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi alam sekitarnya serta mempunyai daya reproduksi yang sangat tinggi.

Harga

Kambing kacang jantan maupun betina, keduanya merupakan tipe kambing pedaging. Kelahiran kembar dua anak kambing merupakan hal yang biasa pada kambing kacang. Bahkan kadang melahirkan anak kembar tiga sekaligus. Kambing jenis ini berkembangbiak sepanjang tahun. Sangat cocok dikembangkan untuk kambing potong.

Kambing Jawa memang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis Kambing Etawa atau Pe. Ukurannya hampir sama dengan jenis Kambing Gibas. Namun harga Kambing Jawa lebih malah daripada harga jenis Kambing Gibas, dibawah ini adalah harga Kambing Jawa terbaru yang saya dapatkan dari informasi pasar.

  1. Kambing kacang Betina umur 3-5 bulan : +- 800.000 (tergantung kondisi)
  2. Kambing kacang Betina umur 6-7 bulan : +- 1.300.00 (tergantung kondisi)
  3. Kambing kacang Betina umur 8-2 bulan : +- 1.800.000 (tergantung kondisi)
  4. Kambing kacang Betina umur 12-24 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
  5. Kambing kacang Jantan umur 3-5 bulan : +- 1.000.000 (tergantung kondisi)
  6. Kambing kacang Jantan umur 6-7 bulan : +- 1.600.00 (tergantung kondisi)
  7. Kambing kacang Jantan umur 8-2 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
    Kambing kacang Jantan umur 12-24 bulan : +- 2.600.000
  8. (tergantung kondisi)

Mengenal ciri-ciri kambing kacang

  1. Pada umumnya kambing kacang memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil.
  2. Berat badan hidup kambing kacang jantan dewasa antara 30 kg, serta betina bisa mencapai berat 25 Kg.
  3. Pada umumnya kambing kacang memiliki bulu berwarna putih, coklat, hitam. Baik berwarna bulu tunggal atau mempunyai campuran warna ketiganya.
  4. Mempunya tanduk yang pendek baik kambing jantan maupun kambing betina.
  5. Kambing jantan dapat mencapai tinggi 60 hingga 65 cm. Sedangkan kambing betina dapat mencapai tinggi hingga 56 cm.
  6. Arah telinganya tegak, bulunya pendek dan lurus kecuali pada ekor dan dagu.
  7. Pada kambing jantan juga tumbuh bulu panjang sepanjang garis leher, pundak, punggung hingga ekor dan pantatnya.

Sedangkan untuk membedakan kambing kacang jantan dan betina, bis dilihat dari warna bulunya. Untukkambing kacang jantan, memiliki janggut sedangkan pada kambing betina tidak memiliki janggut. Ciri selanjutnya adalah pada kambing kacang jantan berbulu surai panjang dan kasar, sepanjang garis leher, pundak, punggung sampai ekor. Pada kambing kacang betina tidak demikian.

Rappang yang merupakan wilayah di Sulawesi Selatan yang banyak memiliki minat pada daging kambing kacang. Kabupaten Rappang berbatasan langsung dengan Pare-pare dan Pinrang, Enrekang dan Luwu. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.506,19 km persegi. Penduduk asli di Rappang adalah suku bugis muslim yang taat dalam beribadah dan memegang teguh tradisi saling menghormati serta tolong menolong.

Di Kab. Rappang juga akan mudah dijumpai bangunan ibadah umat muslim berupa masjid yang besar dan permanen. Didaerah ini juga terkenal pernah hidup seorang tokoh cendekiawan bugis yang cukup terkenal pada masa Addatuang Sidenreng dan Addatuang Rappang.

Kabupaten Rappang juga merupakan wilayah penghasil beras di Sulawesi Selatan. Ini karena dukungan dari jaringan irigasi teknis yang mampu mengairi sawah sepanjang tahun. Tidak ketinggalan pula destinasi wisata yang wajib dikunjungi si Sulawesi Selatan seperti Danau Sidenreng.

Tags: , , , , , , ,