Harga Kambing Etawa 2016

kambing-etawa

Tahukah kalian bahwa kambing etawa menduduki peringkat nomor satu untuk jenis kambing pedaging dan penghasil susu. Harga kambing etawa 2016 juga teratas dibanding harga kambing lainnya.

Nah, disini akan diulas tentang gambaran perkiraan harga kambing etawa 2016 dan ketentuan hewan aqiqah. Semua prediksi harga kambing etawa 2016 ini diambil sebagai harga rata-rata di Pulau Jawa. Semoga bermanfaat 🙂

Kambing etawa saat ini menjadi primadona dari jenis kambing, karena kambing etawa memiliki harga mahal dengan ukuran tubuh yang besar tentunya bobot daging kambing juga banyak. Selain sebagai kambing pedaging, kambing etawa juga dapat dijadikan sebagai kambing kontes dan menjadi kambing penghasil susu (kambing perah). Kambing etawa sering dijadikan kambing kontes terutama di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kambing etawa merupakan jenis kambing yang berasal dari India dan kambing ini sangat mudah dibedakan cirinya dengan jenis kambing lainnya. Tubuhnya yang berukuran tinggi serta besar, telinga yang panjang terkulai kebawah, kepala yang nonong, punggung rata, bulu tebal dan lurus serta suara kambing yang khas.

Pada saat awal munculnya di Indonesia, harga kambing etawa yang berkualitas standart dapat mencapai harga Rp 5.000.000,- hingga Rp 800.000,- dan untuk kambing etawa super dapat mencapai harga Rp 8.000.000,- hingga Rp 15.000.000,-.

Ketentuan hewan aqiqah bisa dengan menyembelih kambing etawa atau jenis kambing yang lainnya. Kambing etawa memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah memiliki hasil produksi maksimal, jadi kambing ini juga dapat diambil hasil sebagai kambing pedaging, kambing penghasil susu, dan sebagai kambing kontes.

kambing editHarga kambing etawa 2016 dengan jenis kelamin betina memanglah tidak semahal yang berjenis kelamin jantan. Kambing etawa yang bagus adalah dengan ciri tubuhnya tinggi besar, tulangan lurus, kakinya kokoh, banyak bulu panjang diantara bagian belakang, berkarakter jinak dan berputing dua.

  1. Betina dengan usia sekitar 3-5 bulan bisa mencapai harga di antara 1.700.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  2. Betina dengan usia sekitar 6-7 bulan bisa mencapai harga di antara 2.200.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  3. Betina dengan usia sekitar 8-12 bulan bisa mencapai harga di antara 3.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  4. Betina dengan usia sekitar 12-24 bulan bisa mencapai harga di antara 3.500.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.

Untuk harga kambing etawa 2016 jenis kelamin jantan memang lebih mahal daripada yang berjenis kelamin betina. Untuk kambing etawa standar bisa mencapai 2x lipat harganya dari yang betina dan untuk kelas unggulan bahkan dapat mencapai 10x lipat (sebagai kambing kontes).

Kambing etawa jantan sangat mudah di identifikasi yaitu dengan tubuhnya yang tinggi dan besar, kakinya kokoh, kepalanya nonong, nafus kawin yang tinggi, telinganya yang panjang dan lebar, tulang punggungnya lurus dan galak.

  1. Jantan dengan usia sekitar 3-5 bulan bisa mencapai harga di antara 2.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  2. Jantan dengan usia sekitar 6-7 bulan bisa mencapai harga di antara 3.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  3. Jantan dengan usia sekitar 8-12 bulan bisa mencapai harga di antara 4.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  4. Jantan dengan usia sekitar 12-24 bulan bisa mencapai harga di antara 5.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.

kambing qurban

Harga diatas merupakan harga yang dipasang oleh para pedagang kambing etawa, jadi harga dapat berubah setiap waktunya dan tergantung dengan cara tawar menawar yang dilakukan. Harga kambing etawa 2016 adalah prediksi harga, harga akan diperbarui jika perubahan harga sangat jauh dari prediksi diatas.

Tags: , , , , , , , , ,