Harga Kambing di Jombang 2016

Harga Kambing di Jombang 2016

Nah bagi sahabat Aqiqah Berkah yang suka dengan binatang seperti binatang yang dapat menghasilkan uang atau sering kita sebut dengan binatang ternak, anda bisa menyalurkan kesukaan anda menjadi bisnis, ya beternak binatang kesukaan. Apabila kita mengetahui tentang hewan yang kita sukai maka tidak ada salahnya kesukaan itu dijadikan peluang usaha ternak hewan yang menguntungkan. Berikut kami akan mengulas mengenai Usaha ternak kambing perah.

Aqiqah Berkah (9)
Usaha ternak Kambing Perah

Kambing terus diburu. Itu fakta. Bahkan karena permintaan begitu tinggi, pencurian atas hewan jinak ini juga meningkat tajam. Banyak peternak yang tidak berani lagi melepas hewan piaraannya ini begitu saja. Jika tidak di awasi maka maling akan mengawasi kambing – kambing itu. Harga kambing terus meningkat apalagi menjelang hari raya kurban. Itu sebabnya beternak kambing, untungnya menggiurkan. Mencari makanannya pun tidak sulit.

Beternak kambing ada dua macam. Kambing potong atau kambing perahan. Kambing potong dagingnya di konsumsi untuk sup dan panganan lainnya. Sedangkan kambing perahan, susunya di ambil untuk dikonsumsi. Harga satu liter susu kambing perahan saat ini sangat mahal. Satu liter mencapai Rp 50.000. Dengan kambing sebanyak 10 ekor saja, susunya bisa mneghasilkan sekitar Rp. 45 juta. Kenapa harga susu kambing sangat mahal?salah satu alasan adalah susu ini diyakini berkhasiat menyembuhkan macam-macam penyakit, misalnya asma, flek paru – paru, TBC, asam urat, leukemia, dan lain sebagainya.

Untuk memulai usaha ini Anda harus mencari kambing Etawa. Kambing ini di kenal memiliki produksi susu yang lebih dibandingnya kambing jenis lainnya. Sebelum membeli kambing siapkan dulu kandang untuk beberapa ekor kambing (10 ekor betina misalnya). Biayanya hanya sekitar Rp. 3 jutaan. Kandangnya selesai, belilah 10 ekor kambing betina dan satu jantan dengan total harga Rp. 15 jutaan. Dengan demikian modal awalnya tidak sampai Rp. 20 juta.

Namun untuk melangkah lebih jauh, sediakan dana pemeliharaan per bulan dengan rinciannya sebagai berikut pakan ternak Rp. 300 ribu, tenaga kerja 2 orang Rp. 2 juta dan biaya – biaya lainnya sekitar Rp. 1 juta. Dalam enam bulan pengeluaran Anda sekitar Rp. 15 jutaan. Bagaimana dengan pemasukannya? Tenang saja. Setiap pengeluaran pasti ada pemasukannya. Seekor kambing biasanya menghasilkan 3 liter per hari dikalikan 20 hari masa produktif kambing, maka sebulan bisa menghasilkan 60 liter. Di kalikan Rp. 30 ribu per liter, sebulan setiap kambing menghasilkan Rp. 900.000. Kalau Anda punya 10 kambing, dalam sebulan penghasilan Anda bisa menghasilkan sekitar Rp. 10 juta.

Dibandingkan dengan biaya pemeliharaan yang hanya sekitar Rp. 3 juta – Rp. 4 jutaan, maka balik modal tak sampai setahun. Apalagi kalau usaha ini digarap di atas lahan yang telah menjadi milik Anda sendiri. Enaknya lagi usaha ini, kambing termasuk ternak yang jarang kena penyakit. Makanannya pun tidak sulit didapat. Masih ada yang bisa dihasilkan dari kambing perahan. Dagingnya bisa dijual Rp. 15 ribu per kilo. Permintaan kambing pada hari raya kurban sangat tinggi. Permintaan negara Arab setiap tahun mencapai 200 ribu ekor kambing. Selain dagingnya, kencingnya pun bisa dijual. Pasalnya, kencing kambing sangat bagus untuk menyuburkan tanaman. Ayo, selamat berbisnis kambing perahan.

Nah mungkin itu yang dapat kami sampaikan mengenai Usaha Ternak Kambing Perah. Semoga membantu anda yang akan atau mau menjalankan bisnis kambing perah. Ulasan Selanjutnya yakni mengenai Harga Kambing di Kota Jombang.

Apakah anda sedang mencari informasi tentang harga kambing kurban yang ada di Kota Jombang? Kami akan memberikan informasi mengenai pengertian beberapa kambing beserta harganya di tahu 2016 ini. Idul Adha merupakan sebuah hari raya islam yang selalu kita tunggu setiap tahunnya. Apakah anda pada tahu apa salah satu yang wajib dilakukan di hari raya idul adha? Pasti anda semuanya sudah tau kan… ya menyembelih Hewan Qurban yaitu bisa domba ataupun sapi ataupun onta.

Hari raya Idul Adha sudah dekat, pastinya banyak para pedagang hewan kurban yang menawarkan dagangnya kepada anda semuanya, entah itu di pasaran ataupun di dekat rumah anda. Salah satu hal yang harus diperhatikan atau dipertimbangkan dalam kriteria hewan kurban yaitu tidak hanya dari bertanya saja tetapi anda juga harus memperhatikan juga kesehatannya, itulah salah satu yang paling penting dari hewan yang akan anda kurbankan.

Penentuan harga ketika proses jual beli ternak, umumnya didasarkan pada kondisi fisik (bobot dan kesehatan) ternak. Karena kondisi fisik mencerminkan produksi dan kualitas karkas. Semakin bagus kondisi fisik si ternak, maka harga semakin tinggi. Ada beberapa hal juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jual ternak. Berikut pertimbangan yang dimaksud.

a. Umur
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur potong kambing berkorelasi positif dengan keempukkan daging yang dihasilkannya. Artinya, makin tua ternak dipastikan dagingnya lebih liat. Diketahui juga, daging yang berasal dari kambing tua baunya lebih menyengat. Konsumen umumnya lebih suka daging kambing yang empuk. Karena itu, faktor umur cukup memengaruhi harga jual kambing.
Ada tiga tipe daging kambing yang dihasilkan dan dikonsumsi sebagai berikut.
– Daging anak kambing (umur 8 – 12 minggu)
– Daging kambing muda (umur 1 – 2 tahun)
– Daging kambing tua (umur 2 – 6 tahun)

b. Kebiri
Kambing muda siap potong umumnya lebih murah dibandingkan dengan kambing muda kebirian, meski umur keduannya sama. Hal ini disebabkan karena persentase karkas kambing muda akan lebih rendah dibandingkan dengan kambing jantan kebiri.

Tips Memilih kambing Aqiqah yang Sehat

  1. Hewan aqiqah harus cukup umur. Untuk kambing, umur ideal dijadikan hewan aqiqah adalah 12 – 18 bulan. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari catatan kelahiran atau gigi susu yang dimiliki kambing. Bila gigi susu telah tanggal, kambing tersebut sudah cukup umur.
  2. Amati aktivitas si kambing. Bila pergerakannya aktif saat didekati, kambing tersebut sehat. Selain itu, kambing yang sehat memiliki selera makan yang baik.
  3. Memiliki bulu yang halus, mengilap, tidak rontok, tidak ada perubahan warna, dan tidak dihinggapi parasit kulit.
  4. Matanya bersinar jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Hindari membeli kambing yang matanya berwarna keruh. Ciri ini menandakan kambing tersebut sedang sakit.
  5. Bentuk tubuhnya standart dan tidak cacat.
  6. Perhatikan mulutnya. Jika sering mengeluarkan banyak air liur dan terdapat bintil-bintil merah di dalam mulutnya, berarti kambing tersebut sedang sakit.
  7. Perhatikan kondisi fisik lainnya, seperti hidung, mulut, kuku, kulit,bulu ekor, dan bagian dubur hewan tersebut. Pastikan semua dalam kondisi baik dan bersih.
  8. Hati-hati ketika membeli kambing saat musim hujan. Pasalnya, pada musim hujan, kambing rawan mengalami diare atau cacingan.

Berikut Harga – Harga Kambing di Kota Jombang

Harga Kambing Jawa (lokal) Terbaru 2016
Kambing Jawa/lokal/kacang adalah ras yang paling banyak di temui di Indonesia, terutama daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Harga Kambing Jawa juga sangat bervariasi, tergantung kualitas dan fungsinya, sebagai pedaging, bibit ternak, dan lain sebagainya. Daging Kambing Jawa sangat diminati di pasaran, rasanya yang paling nikmat dari semua jenis Kambing yang ada di Indonesia menjadi harga Kambing Jawa stabil. Selain itu Kambing Jawa juga sangat mudah untuk di budidayakan karena tingkat perkembangbiakannya yang tinggi. Untuk cara ternak Kambing Jawa dapat Anda pelajari pada artikel dengan judul “Ternak Kambing Jawa Dengan Konsep Penggemukan Agar Cepat Untung”.

Kambing Jawa memang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis Kambing Etawa atau Pe. Ukurannya hampir sama dengan jenis Kambing Gibas. Namun harga Kambing Jawa lebih malah daripada harga jenis Kambing Gibas, dibawah ini adalah harga Kambing Jawa terbaru yang saya dapatkan dari informasi pasar.

• Betina umur 3-5 bulan : +- 800.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 6-7 bulan : +- 1.300.00 (tergantung kondisi)
• Betina umur 8-2 bulan : +- 1.800.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 12-24 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 3-5 bulan : +- 1.000.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 6-7 bulan : +- 1.600.00 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 8-2 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 12-24 bulan : +- 2.600.000 (tergantung kondisi)

Harga Kambing PE (peranakan Etawa) Terbaru 2016
Kambing PE (peranakan Etawa) merupakan ras yang di hasilkan dari persilangan antara Kambing Etawa dan Kambing Jawa (lokal), kambing ini semakin di kembangkan oleh para peternak di Indonesia. Saat ini keturunan terbaik sudah di dapatkan, Kambing Pe mampu berukuran sebesar kambing Etawa tetapi kelebihan lainnya adalah tingkat adaptasi yang bagus untuk cuaca yang ada di Indonesia.

Kambing PE juga dapat bertumbuh dan berkembangbiak dengan baik meskipun dengan pakan berkualitas rendah, tetapi harus di usahakan dagan pakan mengandung gizi yang di butuhkannya setiap harinya. Hal tersebut tentunya sudah di pelajari dan semakin dikembangkan lagi oleh para peternak Kambing yang berpengalaman. Dengan demikian harga Kambing PE juga terus meningkat di setiap tahunnya karena Kambing ini mudah di budidayakan, dagingnya yang banyak, dan rasanya yang menyerupai Kambing Jawa (lokal). Dibawah ini adalah informasi harga terbaru untuk Kambing PE:

• Betina umur 3-5 bulan : +- 1.000.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 6-7 bulan : +- 1.500.00 (tergantung kondisi)
• Betina umur 8-2 bulan : +- 2.000.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 12-24 bulan : +- 2.500.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 3-5 bulan : +- 1.400.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 6-7 bulan : +- 1.800.00 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 8-2 bulan : +- 2.500.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 12-24 bulan : +- 3.200.000 (tergantung kondisi)

Harga Kambing Etawa Tebaru 2016
Kambing Etawa merupakan Kambing yang berasal dari India, Kambing jenis ini memiliki ukuran tubuhnya yang tinggi dan besar, saat ini Kambing Etawa menjadi primadona di dunia pasar Kambing. Saat ini banyak para peternak Kambing Lokal yang beralih untuk beternak Kambing Etawa karena sifat Kambing Etawa yang multifungsi. Kambing Etawa bisa di sebagai kambing pedaging, Kambing perah, dan bahkan menjadi Kambing yang dikonteskan. Cara ternak Kambing Etawa dapat Anda pelajari pada artikel dengan judul “Ternak Kambing Etawa Praktis Dengan Panen Yang Memuaskan”.

Daging Kambing Etawa tentunya sangat banyak, lebih banyak dari pada daging Kambing Lokal atau PE, Kambing ini juga dapat menghasilkan susu. Ada yang lebih menarik dari Kambing Etawa adalah menjadi Kambing Kontes yang saat ini banyak para penghobi mulai merawat Kambing Etawa yang disiapkan untuk mengikuti kontes saja. Kontes Kambing banyak di laksanakan di daerah Jawa tengah dan Jawa Timur. Dibawah ini adalah harga Kambing Etawa terbaru!!

• Betina umur 3-5 bulan : +- 1.700.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 6-7 bulan : +- 2.200.00 (tergantung kondisi)
• Betina umur 8-2 bulan : +- 3.000.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 12-24 bulan : +- 3.500.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 3-5 bulan : +- 2.000.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 6-7 bulan : +- 3.000.00 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 8-2 bulan : +- 4.000.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 12-24 bulan : +- 5.000.000 (tergantung kondisi)

Harga Kambing Gibas Terbaru 2016
Harga Kambing Gibas memang paling rendah di banding dengan semua jenis kambing pedaging lainnya, Kambing ini memiliki ukuran yang kecil dan seukuran dengan Kambing Jawa (lokal). Namun survey yang saya dapatkan harga Kambing Gibas lebih murah di bandingkan dengan harga Kambing Jawa. Semakin saya penasaran dan mencari informasi mengapa demikian, ternyata pada peminat daging Kambing memberikan penjelsan bahwa daging Kambing Gibas tidak senikmat daging Kambing Jawa (lokal). Kambing Gibas sangatlah mudah di bedakan cirinya dari jenis Kambing lainnya, bulunya yang tebal, keriting dan ekornya yang gemuk. Warna Kambing Gibas pada umumnya adalah putih, namun seiring dengan banyaknya kawin silang antara Kambing Gibas dengan ras lain muncullah warna hitam dan coklat namun warna putih masih dominan. Untuk cara ternak Kambing Gibas dapat Anda pelajari pada ulasan dengan judul “KAMBING GIBAS”.

Kambing Gibas adalah solusi bagi Anda yang mempunyai dana minim yang ingin menikmati daging Kambing, harganya yang lebih murah di banding dengan jenis Kambing lainnya menjadikan Kambing Gibas sangat banyak diminati di pasaran dan berikut adalah harga terbaru Kambing Gibas.

• Betina umur 3-5 bulan : +- 600.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 6-7 bulan : +- 1.200.00 (tergantung kondisi)
• Betina umur 8-2 bulan : +- 1.600.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 12-24 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 3-5 bulan : +- 1.000.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 6-7 bulan : +- 1.200.00 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 8-2 bulan : +- 2.100.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 12-24 bulan : +- 2.400.000 (tergantung kondisi)

Itulah tadi informasi mengenai harga kambing terbaru yang bisa kami sampaikan, daftar di atas kami ambil dari beberapa lapak kambing dan tentunya setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda, namun daftar harga di atas bisa dijadikan patokan dasar untuk anda dalam membeli atau menjual kambing. Harga daging kambing per kilonya kisaran 100.000 sampai 120.000. tiap daerah untuk daging kambing juga berbeda-beda.

Anda tidak perlu bingung untuk mencari hewan kurban yang sehat, berkualitas dan terjangkau, anda misa membelinya di Aqiqah Berkah. Di Aqiqah Berkah hewan kurban di ambil dari kandang sendiri dari peternakan sendiri, sehingga pasti terjamin kesehatan hewannya.

Untuk mendapatkan Harga Kambing Kurban yang murah tentunya harus pandai-pandai dalam menawar karena saat ini para pengepul Kambing menjualnya dengan harga yang sangat tinggi. Jika tidak mengetahui harga Kambing terbaru maka dapat mengajak kerabat yang mengetahuinya untuk menemani membeli Kambing di pasar hewan terdekat. Baiklah, cukup sekian ulasan tentang harga Kambing kali ini.

Jika anda membutuhkan kambing Aqiqah atau qurban dengan Kualitas terbaik dan berkualitas anda melihat di website kami www.aqiqahberkah.com atau bisa juga menghubungi nomor berikut ini untuk informasi lebih detailnya. Kami tunggu pesanan anda….

Untuk Informasi Lebih lanjut Hubungi Kami :

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

Hewan atau Kambing bisa dipilih di kandang kami dan Gratis titip hewan qurban sebelum di anatar.

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Save

Tags: , , , , , , , , , ,