Harga Kambing Aqiqah Nganjuk 2016

HARGA KAMBING AQIQAH NGANJUK 2016

Kambing merupakan hewan ternak primadona untuk sembelihan para warga di Kab. Nganjuk Jawa Timur. Kambing menjadi hewan sembelihan baik qurban, aqiqah maupun dalam hajat tasyakuran.

Assalamu’alaikum wr wb

Apa kabar sahabat Aqiqah Berkah di Nganjuk ? Semoga kita semua selalu diberi nikmat sehat, menjadi hamba-Nya yang senantiasa bersyukur dan selalu dimudahkan jalan rizki kita semua. Aamiin.

Wilayah Kabupaten Nganjuk merupakan wilayah yang sangat berpotensi untuk membuka lahan bisnis dan industri baru. Untuk itu, kini mulai banyak didapati proyek pembangunan di wilayah Kab. Nganjuk. Namun, dengan adanya proyek pembangun yang terus menerus bukan berarti masyarakat di Nganjuk meninggalkan sunnah ibadah terutama aqiqah.

Untuk beraqiqah, masyarakat lebih memilih kambing sebagai hewan sembelihan. Ternak kambing/domba atau sering disebut juga ternak ruminansia kecil merupakan ternak yang sangat populer di kalangan petani di Indonesia terutama yang berdomisili di areal pertanian/ perkebunan.

Kambing selain lebih mudah dipelihara, cepat berkembang biak, dapat memanfaatkan limbah dan hasil ikutan pertanian, ternak kambing/domba juga memiliki pasar yang selalu tersedia setiap saat dan hanya memerlukan modal yang relatif sedikit bila dibandingkan ternak yang lebih besar seperti ternak sapi.

Ternak kambing atau domba tersebar luas di daerah pedesaan yang pemeliharaannya bertujuan sebagai tabungan hidup yang bisa diambil sewaktu-waktu maupun sebagai ternak potong untuk kebutuhan konsumsi. Selain itu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari usaha ternak kambing/ domba antara lain :

  1. Kotoran (feses) ternak kambing/domba dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik maupun biogas.
  2. Urine kambing/domba juga dapat diolah menjadi pupuk cair.
  3. Bulu (wool) domba dapat pula dimanfaatkan untuk membuat baju hangat atau bahan pengganti kapas/kapuk (untuk bantal, guling, dll.)
  4. Kambing perah (etawa, peranakan etawa, saanen, dll) merupakan jenis ternak kambing yang dapat menghasilkan susu. Susu kambing juga memiliki protein yang tinggi dan dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Mengenai informasi harga kambing aqiqah di Kab. Nganjuk, berikut ini prediksi harga sementara kambing aqiqah di Nganjuk :

Harga Kambing Gibas

Kambing gibas juga sering disebut juga kambing gimbal. Secara umum, kambing gibas memiliki bulu berwarna putih. Adapun harga dari kambing gibas ini mulai berkisar dari harga Rp.600.000,- hingga Rp.2.400.000,- di tahun 2016 ini. Adapun harga kambing gibas memiliki harga yang terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

Harga Kambing Kacang (Jawa)

Kambing jawa juga sering disebut pula kambing kacang. Harga dari jenis kambing ini sangat bervariasi hal ini didasarkan pada jenis umur, kondisi fisik, kesehatan dan jenis kelamin. Adapun harga dari kambing kacang atau kambing jawa ini mulai berkisar dari harga Rp.800.000,- hingga Rp.2.600.000,- di tahun 2016 ini.

Harga Kambing Etawa

Kambing etawa juga sering disebut pula Jamnapari. Kambing etawa berasal dari India. Kambing ini merupakan jenis kambing yang memiliki 2 fungsi yaitu kambing pedaging dan kambing penghasil susu. Adapun harga dari kambing etawa ini mulai berkisar dari harga Rp.1.700.000,- hingga Rp.5.000.000,- di tahun 2016 ini.

Harga Kambing Peranakan Etawa (PE)

Jenis kambing peranakan etawa merupakan hasil persilangan antara kambing jawa (lokal) dengan kambing etawa. Adapun untuk harga kambing jenis PE ini mulai berkisar dari harga Rp.1.000.000,- hingga Rp.3.200.000,- di tahun 2016 ini.

Namun, pada Aqiqah Berkah yang tersedia adalah kambing jenis gibas dengan berat 24-29 Kg harga Rp 1.850.000,- Untuk jenis kambing lainnya belum tersedia pada Aqiqah Berkah seperti Kambing Etawa, Kambing Peranakan Etawa maupun jenis yang langka lainya.

Tags: , , , , , , , , , ,