Harga Jual Kambing Qurban

Qurban dan Aqiqah tidaklah sama. Qurban adalah binatang yang disembelih dengan tujuan ibadah kepada Allah pada hari raya haji dan tiga hari kemudian (tanggal 11 sampai 13). Hukum qurban menurut sebagian ulama adalah wajib, sedangkan sebagian lain berpendapat sunat.

Alasan yang berpendapat wajib yaitu firman Allah SWT :

انا اعطينك الكوثر. فصل لر بك وانحر.

“Sesungguhnya Kami telah memberi kepadanya nikmat yang banyak. Maka Dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah” (Al-Kausar: 1-2).

Sabda Rasulullah SAW, Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW telah bersabda, “Barang siapa yang mempunyai kemampuan tetapi ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat salat kami.” (Riwayat Ahmad dan Ibnu majah).

Aqiqah Berkah

Aqiqah Berkah

Binatang yang sah untuk qurban dan aqiqah ialah yang tidak bercacat seperti pincang, sangat kurus, sakit, putus telinga,putus ekor dan telah berumur sebagai berikut :

1. Domba (da’ni) yang telah berumur satu tahun lebih atau sudah berganti giginya
2. Kambing yang telah berumur dua tahun lebih
3. Unta yang telah berumur lima tahun lebih
4. Sapi, kerbau yang telah berumur dua tahun lebih

Seekor kambing hanya untuk qurban satu orang, diqiaskan dengan denda meningglkan wajib haji. Tetapi seekor unta, kerbau, dan sapi boleh buat kurban tujuh orang.

Sewaktu menyembelih qurban dan aqiqah disunatkan beberapa perkara di bawah ini :
1. Membaca Bismillah
2. Membaca sholawat atas Nabi SAW
3. Takbir (Membaca Allahu Akbar)
4. Berdoa supaya qurban maupun aqiqah diterima Allah
5. Binatang yang disembelih itu hendaklah dihadapkan ke kiblat

Tujuan dari berqurban ialah untuk menggembirakan fakir miskin di Hari Raya Haji, sebagaimana di Hari Raya Fitri mereka digembirakan dengan zakat fitrah. Sebab itu, daging qurban hendaklah disedekahkan. Daging qurban tidak boleh dijual sekalipun hanya kulitnya.

Firman Allah SWT dalam surat Al-Hajj:28

فكلوا منها واطعمواالبا ءس الفقير

“Maka makanlah sebagian darinya, dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir”.

Menjelang hari raya qurban, harga kambing bisa dipastikan mengalami kenaikan. Harga jual kambing bisa dibilang musiman karena menjelang musin qurban banyak orang berusaha untuk bisa ikut serta berqurban. Sehingga ini menjadi peluang bagi para pebisnis dan peternak kambing untuk menjual ternak mereka.

HP. 085749622504,Jasa Aqiqah di Kuala Pembuang

Tercatat sudah 4 tahun ini harga kambing dengan berat 20-25 Kg mengalami kenaikan dan penurunan harga mulai Rp 1.000.000 hingga Rp 2.400.000. Beberapa media mencatat terjadi kenaikan harga jual hewan qurban sekitar 15-30% setiap tahunnya. Bagi anda yang ingin melakukan qurban tahun 2018 ini, anda dapat memesan segera hewan qurban.

Pada tahun 2015 lalu harga kambing qurban dan aqiqah untuk ukuran 20-25 Kg dapat mencapai harga Rp 1.200.000 hingga Rp 2.500.000. Besar kemungkinan pada tahun 2018 ini harga kambing qurban maupun aqiqah menaik dikarenakan harga barang yang semakin naik dan segera terwujudnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Menurut prediksi dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bahwa rata-rata inflasi diprediksi mencapai 4,3 persen pada tahun 2018 ini.

Aqiqah Berkah melayani pemesanan hewan qurban baik hewan kambing maupun sapi. Harga kambing qurban dan sapi qurban di Aqiqah Berkah relatif murah dan membantu anda untuk dapat melaksanakan qurban di tahun ini. Pemesanan hewan qurban dapat menghubungi :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

Harga kambing setelah Hari Raya Qurban seperti kambing jawa dan kambing domba untuk qurban dan aqiqah mengalami penurunan harga. Penurunan harga pasca Idul Adha tidak seberapa jauhnya, hal ini dikarenakan menurunnya peminatan pada kambing dan turunnya permintaan pasar. Penurunan permintaan pasar bukan berarti tidak ada sama sekali permintaan kambing, tetap ada permintaan kambing namun tidak sebanyak saat moment Idul Adha.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,