Harga Domba Qurban 2016

Apa kabar sahabat Aqiqah Berkah ? Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin

Bagaimana persiapan untuk qurban tahun 2016 / 1437 H ? Sudahkah saudara memesan kambing / domba qurban ? Jangan sampai terlambat mempersiapkan hewan sembelihan qurban 1437 H.

Qurban 1437 H tahun 2016 Insya Allah dilaksanakan pada bulan September 2016. Segera pesan hewan qurban sekarang juga agar ibdah qurban lebih sempurna. Qurban merupakan penyembelihan hewan ternak bagi manusia untuk menjadi lebih dekat dengan kasih sayang Allah.

Dalam fiqh qurban disebut “udhiyya” yang berarti hewan yang disembelih saat Idul Adha. Menyembelih binatang dapat disebut “tadhiyya” yang berarti menyembelih hewan khusus pada waktu tertentu dengan niat ibadah dan ketaatan. Ini juga dapat disebut “zabh” dan “Nahr”.

Nilai dari ketaatan menyembelih hewan qurban tidak sebanding dengan harga domba qurban 2016 yang harus dibayar. Yang dimaksud dengan hewan khusus diatas adalah hewan yang diterima menurut syariat agama sebagai kurban seperti domba, kambing, sapi dan unta.

Sedangkan yang dimaksud dengan waktu tertentu adalah hari Idul Adha. Dalam hukum islam, qurban merupakan ritual wajib yang dilakukan di dunia ini dan untuk mendapatkan amal baik (pahala) untuk akhirat.

12789811_1291703577523002_600893983_o

Qurban dilakukan dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah dan hanya demi Allah. Dilarang oleh agama (haram) untuk mengorbankan hewan bagi siapa pun selain Allah. Rasulullah SAW memperingatkan orang-orang yang mencoba untuk berqurban untuk orang lain selain Allah dengan sabda berikut ini:

“Semoga Allah melaknat orang-orang yang mengorbankan binatang untuk orang lain selain untuk Allah.” (Muslim, Nasai)

Hikmah adanya ibadah qurban disyariatkan Allah adalah untuk mengenang sejarah Idul Adha sendiri yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan sebagai suatu upaya untuk memberikan kemudahan pada hari Id.

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw, “Hari-hari itu tidak lain adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla.”

Pada hari-hari itu pula menjadi jalan rizki para penjual kambing atau domba karena harga domba qurban 2016 khusunya akan meningkat saat musim qurban tiba.

Binatang yang diperbolehkan untuk qurban adalah onta, sapi (kerbau), domba dan kambing. Selain dari tiga jenis hewan tersebut tidak diperbolehkan untuk dijadikan hewan qurban. Allah SWT berfirman, “supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dianugerahkan Allah kepada mereka.” (Al-Hajj: 34).

pict dombaSyarat berqurban dengan domba haruslah yang berumur setengah tahun, kambing jawa yang berumur satu tahun, sapi yang berumur dua tahun, dan unta yang berumur lima tahun, baik itu jantan atau betina. Hal ini sesuai dengan hadits-hadits di bawah ini:

Dari Abu Hurairah ra berkata, aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda, “Binatang qurban yang paling bagus adalah kambing yang jadza’ (powel/berumur satu tahun).” (HR Ahmad dan Tirmidzi).

Harga domba qurban 2016 berdasarkan pengamatan pada beberapa penjual domba, menempati harga dari Rp1.000.000,- hingga Rp 2.400.000,-. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Berqurban tidak harus dengan domba, bisa saja dengan kambing maupun sapi. Syarat domba atau kambing yang disembelih untuk qurban dan aqiqah memiliki kondisi yang sama.

Banyak saat ini kita jumpai para peternak kambing atau domba mulai merambah menjadi pemasok hewan sembelihan pada bisnis jasa aqiqah atau qurban. Ini menjadi peluang besar bagi mereka untuk lebih menjaga kualitas ternak.

Qurban tinggal sebentar lagi, maka segera persiapkan hewan qurban sekarang juga. Untuk informasi dan pemesanan harga domba qurban 2016 segera hubungi nomor layanan kami :

SMS: 085749622504
Whatsapp: +6281335680602
PinBB: 7C0B38CE

Tags: , , , , ,