Dasar Hukum dan Ketentuan Aqiqah

Apa itu aqiqah ? Bagaimana ketentuan aqiqah ? Mengapa kita harus melaksanakan aqiqah ? Berapa harga kambing aqiqah? Banyak diantara para pembaca yang bertanya-tanya mengenai aqiqah. Berikut ini akan kita bahas mengenai hukum dan ketentuan aqiqah. Aqiqah merupakan salah satu hal yang disyariatkan dalam agama islam. Terdapat dalil-dalil yang menyatakan hal ini, di antaranya, adalah Hadits Rasulullah saw, “Setiap anak tertuntut dengan aqiqah-nya”. Ada pula Hadits lain yang menyatakan, “Anak laki-laki aqiqah-nya dengan 2 ekor kambing sedang anak perempuan aqiqah-nya dengan 1 ekor kambing”.

Status hukum Aqiqah adalah sunnah. Hal tersebut sesuai dengan pandangan mayoritas ulama, seperti Imam Syafi’i, Imam Ahmad dan Imam Malik, dengan berdasarkan dalil di atas. Para ulama tidak sependapat apabila aqiqah dikatakan wajib. Apabila dengan menyatakan bahwa aqiqah wajib, maka kewajiban tersebut menjadi suatu hal yang sangat diketahui oleh agama. Dan seandainya aqiqah wajib, maka Rasulullah SAW juga pasti telah menerangkan akan kewajiban tersebut.

Bagi seorang ayah yang mampu membeli sesuai dengan harga kambing aqiqah di pasaran, hendaknya menghidupkan sunnah ini sehingga dia mendapatkan pahala. Dengan syariat ini, dia dapat berpartisipasi dalam menyebarkan rasa cinta di masyarakat dengan mengundang para tetangga dalam walimah aqiqah tersebut. Aqiqah memiliki beberapa manfaat bagi orang yang melaksanakan maupun bagi orang lain, diantaranya :

  1. Memberikan kabar atau berita baik tentang kelahiran anak kepada sanak saudara, tetangga sekaligus memberikan informasi tentang nasab anak agar tidak terjadi prasangka buruk oleh para tetangga.
  2. Mencerminkan sikap murah hati dan dermawan.
  3. Mengikuti jejak Nabi Ibrahim ketika mau menyembelih anaknya yaitu Ismail namun diganti dengan domba.
  4. Merupakan bentuk atauu wujud pengorbanan kepada Allah Swt seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  5. Melepaskan status anak yang tergadai hal ini karena anak yang baru lahir kalau belum di aqiqahi statusnya adalah tergadai. Maka kalau tergadai berarti harus ditebus terlebih dahulu agar bisa mendapatkan manfaatnya.
Aqiqah Berkah

Aqiqah Berkah

Hikmah mendasar dari melaksanakan aqiqah adalah sebagai ungkapan rasa syukur dan rasa gembira demi tegaknya Islam dan lahirnya keturunan yang dikemudian hari memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW dan terhubung menjadi tali siltaurahim antar anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir.

Aqiqah dilaksanakan dengan memotong hewan kambing, ketentuan kambing aqiqah bila telah disembelih daging aqiqah tersebut dianjurkan untuk diberikan atau dibagikan dalam keadaan sudah dimasak. Daging aqiqah hendaknya diberikan kepada tetangga dan fakir miskin. Siapapun berhak menerima daging aqiqah termasuk orang non muslim. Bagi keluarga yang beraqiqah juga diperbolehkan untuk memakan daging aqiqah, tidak ada larangan untuk ini.

Dalam penyembelihan hewan aqiqah, banyak hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah tidak mematahkan tulang dari sembelihan aqiqah tersebut. Dengan hikmah atau harapan akan keselamatan tubuh dan anggota badan anak tersebut. Aqiqah sah jika memenuhi syarat seperti syarat hewan qurban, yaitu tidak cacat dan memasuki usia yang telah disyaratkan oleh agama Islam.

Seperti dalam definisi tersebut di atas, bahwa aqiqah adalah menyembelih kambing pada hari ketujuh semenjak kelahiran seorang anak, sebagai rasa syukur kepada Allah. Tetapi boleh juga mengganti kambing dengan unta ataupun sapi dengan syarat unta atau sapi tersebut hanya untuk satu anak saja, tidak seperti kurban yang mana dibolehkan untuk 7 orang. Tetapi, sebagian ulama berpendapat bahwa aqiqah hanya boleh dengan menggunakan kambing saja, sesuai dalil-dalil yang datang dari Rasulullah saw.

Harga kambing aqiqah dari beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan prosentase sebesar 15-30%. Sehingga layanan jasa aqiqah berinisiatif membantu anda dalam pelaksanaan aqiqah dengan harapan, anda dapat melaksanakan sunnah tanpa terbebani. Aqiqah Berkah menawarkan kepada anda yang ingin melaksanakan aqiqah untuk putra putri anda.

Bagi anda yang ingin melakukan qurban tahun  ini, anda dapat segera memesan segera hewan qurban. Aqiqah Berkah melayani pemesanan hewan qurban baik hewan kambing maupun sapi. Harga kambing qurban dan sapi qurban di Aqiqah Berkah relatif murah dan membantu anda untuk dapat melaksanakan qurban di tahun ini.

Pemesanan hewan qurban dapat menghubungi :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,