Daftar Harga Kambing Jawa 2016

DAFTAR HARGA KAMBING JAWA 2016

Kambing sering dijadikan hewan sembelihan baik qurban, aqiqah maupun tasyakuran. Jenis kambing yang dipilih pun beragam seperti kambing gibas maupun kambing jawa (kambing kacang).

Dalam suatu perayaan tasyakuran maupun perayaan lainnya seperti aqiqah, banyak orang yang membutuhkan daging kambing. Dari pada membeli daging kambing di pasaran, lebih banyak yang memilih membeli hewan kambing. Karena membeli daging kambing dan membeli kambing lebih mahal membeli daging kambing, apalagi bila dalam porsi besar.

Aqiqah Berkah

Peminat terbesar daging kambing lebih memilih daging kambing jawa. Kambing jawa merupakan jenis kambing asli Indonesia yang saat ini keberadaanya bisa dengan mudah dijumpai dan tersebar luas di seluruh pulau Jawa dan sekitarnya. Dilihat dari segi harga jual, kambing jawa masih memiliki harga jual rendah dibanding kambing yang lainnya.

Meskipun harga jual kambing jawa lebih rendah dibandingkan jenis kambing lainnya, namun untuk budidaya kambing jawa ini menjadi pilihan bagi banyak orang. Karena kambing jawa memiliki beberapa kelebihan seperti jual beli kambing yang secara umum lebih besar dibanding jenis kambing lain. Untuk perawatan kambing jawa umumnya tidaklah rumit. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan kambing Jawa untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sangat baik.

Ciri dari kambing jawa atau kambing kacang ini adalah :

  1. Bulu yang pendek dan berwarna tunggal (putih, hitam dan coklat).
  2. Kambing jantan maupun betina memiliki tanduk yang berbentuk pedang, melengkung ke atas sampai ke belakang.
  3. Telinga pendek dan menggantung.
  4. Janggut selalu terdapat pada jantan, sementara pada betina jarang ditemukan.
  5. Leher pendek dan punggung melengkung. Kambing jantan berbulu surai panjang dan kasar sepanjang garis leher, pundak, punggung sampai ekor.
  6. Kambing ini memiliki bulu pendek pada seluruh tubuh, kecuali pada ekor dan dagu, pada kambing jantan juga tumbuh bulu panjang sepanjang garis leher, pundak dan punggung sampai ekor dan pantat.

Kambing jawa ini memang banyak tersebar di pulau Jawa, namun paling banyak dijumpai di wilayah Jawa Timur. Mengenai harga dari jenis kambing jawa ini sangat bervariasi di lihat dari umur, kondisi fisik, kesehatan dan jenis kelamin kambing. Harga kambing jawa ini mulai dari harga Rp 800.000,- hingga Rp 2.500.000,-.

Berikut ini informasi harga sementara kambing jawa di pasaran :

  1. Kambing betina anakan umur 3 sampai 5 bulan berkisar antara Rp 800.000,-
  2. Kambing betina anakan Umur 6 sampai 7 bulan berkisar antara Rp 1.300.00,-
  3. Kambing betina Umur 8 sampai 12 bulan berkisar antara Rp 1.800.000,-
  4. Kambing Betina Umur 1 sampai 2 tahun berkisar antara Rp 2.300.000,-
  5. Kambing Jantan anakan Umur 3 sampai5 bulan berkisar antara Rp 1.000.000,-
  6. Kambing jantan anakan umur 6 sampai 7 bulan berkisar antara Rp 1.600.000,-
  7. Kambing jantan Umur 8 sampai 12 bulan berkisar antara Rp 2.300.000,-
  8. Kambing jantan umur 1 sampai 2 tahun berkisar antara Rp 2.600.000,-

Nah itulah tadi informasi mengenai harga kambing jawa tahun 2016 di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan permintaan dan hasil tawar menawar yang dilakukan. Namun harga tersebut bisa dijadikan gambaran ketika Anda akan membeli kambing di pasaran.

Pada jasa layanan Aqiqah Berkah, tersedia pula kambing jenis gibas. Sementara ini untuk kambing jenis jawa masih belum tersedia di Aqiqah Berkah. Kambing jenis gibas tersedia di usia >1 tahun berat 24 sampai 29 Kg. Harga kambing gibas Rp 1.850.000,-

Pemesanan kambing gibas untuk tasyakuran, aqiqah maupun qurban dapat menghubungi nomor layanan Aqiqah Berkah :

WA : +6281335680602

BBM : 7C0B38CE

TELPON/SMS : 085749622504

Tags: , , , , , , ,