Berkah Aqiqah

Berkah Aqiqah

aqiqah
Hello sahabat Aqiqah Berkah yang di Rahmati Oleh Allah SWT. Alhamdulillah sampai sekarang ini kita masih diberi kesehatan sehingga kita masih bisa menjalankan aktivitas sampai sekarang. Baik, kami akan mengulas mengenai berkah aqiqah. Tapi sebelumnya kami mau mengulas tentang aqiqah terlebih dahulu.

Aqiqah artinya menyembelih kambing atas kelahiran anak pada hari ke tujuh dari kelahirannya. Hukumnya sunnah, tidak wajib, dan merupakan anjuran bagi yang mampu saja. Bahkan, Fathimah r.a. sendiri tidak melakukannya, dan yang mengaqiqahkan ke dua anaknya adalah Nabi SAW.

Menurut kebanyakan ahli fiqih, meskipun aqiqah sunnah, namun dianjurkan karena dapat menambah makna kasih sayang, kecintaan, dan mempererat tali ikatan sosial antara kerabat dan keluarga, tetangga dan handai taulan. Di samping itu, dapat menjadi sumbangan sosial, bila sebagian kaum fakir miskin turut diundang untuk menikmati hidangan dari aqiqah tersebut.

Aqiqah artinya menyembelih kambing atas kelahiran anak pada hari ketujuh dari kelahirannya. Hukumnya sunnah, tidak wajib, dan merupakan anjuran bagi yang mampu saja. Bahkan, Fathimah r.a. sendiri tidak melakukannya, dan yang mengaqiqahkan kedua anaknya adalah Nabi SAW.

Sebelum islam, tradisi selamatan (pesta syukuran) atas kelahiran seorang bayi hanya diperuntukkan bagi kelahiran bayi laki-laki, tidak untuk bayi perempuan. Akan tetapi, tradisi yang amat menyakiti kaum perempuan tersebut diubah oleh islam, dengan menganjurkan bahwa dalam hal selamatan bayi tidak boleh di diskriminasi. Syukuran atas kelahiran bayi laki-laki maupun perempuan tidak boleh dibedakan. Tasyakuran tidak harus dirayakan secara besar-besaran, yang penting berlangsung khidmat walau sederhana sekalipun.

Tradisi semacam ini berawal dari sunnah Nabi SAW., bahwa beliau bersabda tentang aqiqah, “Setiap anak itu digadaikan dengan aqiqah. Disembelihkan baginya pada hari ketujuh dari kelahirannya, dicukur rambut kepalanya dan diberi nama.” Apabila setiap anak diaqiqah dengan dua ekor kambing juga boleh,bahkan lebih baik. Ada perbedaan riwayat mengenai hal ini.

Cara Menyelenggarakan Aqiqah
Aqiqah sebaiknya diselenggarakan dengan cara yang paling mudah, tetapi tetap memenuhi ketentuan aqiqah yang di syariatkan, yaitu :

  1. Kualitas kambing atau domba seperti yang disyariatkan dalam qurban, yaitu sehat, tidak cacat, dan memasuki usia yang cukup untuk disembelih.
  2. Memotong hewan dengan cara yang sesuai dengan syariat. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW saat menyembelih adalah, “Bismillaah, Allaahumma taqabbal mim Muhammadin.” Artinya, “Dengan nama Allah, ya Allah, terimalah (qurban) dari Muhammad dan keluarganya serta dari umatnya.” (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud)
  3. Saat aqiqah, diutamakan penyembelih kambing atau dombanya adalah ayah si bayi. Tetapi, jika ia tidak mampu melakukannya, boleh diwakilkan kepada orang lain yang dipercaya dan saleh.
  4. Tidak disyariatkan melakukan ritual atau upacara khusus sebelum penyembelihan. Misalnya, bayi harus menyentuh hewan aqiqah, hewan harus dirias dan diberi wewangian, atau yang lainnya.
  5. Siapkan alat dan tenaga yang memadai untuk memasak daging hewan aqiqah. Daging aqiqah dibagi-bagikan dalam keadaan matang (sudah dimasak dan siap dimakan). Ini berdasarkan Hadist riwayat Aisyah ra, “Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu, dimakan (oleh keluarganya) dan disedekahkan pada hari ketujuh.” ( HR Al-Baihaqi)
  6. Selenggarakan walimah aqiqah dengan mengundang tetangga dan kerabat. Dalam acara ini, para tamu dipersilahkan menikmati perjamuan daging aqiqah dan diperkenalkan dengan nama bayi.
    Dalam walimah ini, keluarga dianjurkan mengundang seorang ulamauntuk memberikan taushiyah, mengundang beberapa orang untuk bershalawat, atau bersama-sama melantunkan zikir.
  7. Sisakan sebagian masakan daging aqiqah untuk tetangga atau fakir miskin yang tidak hadir dalam perjamuan atau walimah tersebut. Antarkan jatah ini kerumah mereka sambil mengabarkan kelahiran dan nama bayi yang di aqiqahi.

Berkah aqiqah dalam pelaksanaan aqiqah, antara lain :

  1. Membebaskan anak dari ketergadaian.
  2. Pembelaan orang tua di hari kemudian.
  3. Menghindari anak dari musibah dan kehancuran, sebagaimana pengorbanan Nabi Ismaila a.s dan Ibrahima a.s.
  4. Pembayaran hutang orang tua kepada anaknya.
  5. Pengungkapan rasa gembira demi tegaknya islam dan keluarganya keturunan yang di kemudian hari akan memperbanyak ummat Muhammad SAW.
  6. Memperkuat tali silaturrahmi di antara anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak.
  7. Sumber jaminan sosial dan menghapus kemiskinan di masyarakat.
  8. Melepaskan bayi dari godaan setan dalam urusan dunia dan akhirat.

Nah mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai Berkah Aqiqah. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan berguna untuk anda.

Apabila anda ingin beraqiqah, anda dapat memesan aqiqah di Aqiqah Berkah. Informasi dan Pemesanan anda bisa menghubungi :

WA : +6281335680602
BBM : D801E13D
TELPON/SMS : 085749622504

_-_Aqiqah Berkah SIAP MEMBANTU PELAKSANAAN AQIQAH ANDA_-_
-_-Mudah, Praktis, Murah dan Nyaman-_-

Tags: , , , , , ,