Bacaan Doa Aqiqah

BACAAN DOA AQIQAH

Doa adalah suatu permohonan, harapan, permintaan dan pujian yand ditujukan kepada Allah. Sedangkan berdoa memiliki makna memohonkan berkat dan sebagainya kepada Tuhan dengan bacaan dan ucapan pengharapan.

Doa yang seringkali dipanjatkan atau diucapkan dalam aqiqah adalah sebagai berikut ini :

DO’A WALIMATUL ‘AQIQAH

بِسْمِ اللهِ الرّحمنِ الرّحِيمِ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيّدِناَ محمّدٍ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ, اَللّهُمَّ اُعِيْذُهُ بِالْوَاحِدِ الصَّمَدِ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ حَسَـدٍ. اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْـطَانِ الرَّجِيْمِ. اَللّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا اْلوَلَدَ وَلَدًا صَالِحًا. اَللّهُـمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ السَّـلاَمَةَ فِى الدُّنْياَ وَالدِّيْنِ وَنَسْأَلُكَ الزِّيَادَةَ وَالْبَرَكَةَ فِى اْلعِلْـمِ وَارْزُقِ الْمَرْزُوْقِيْنَ. اِلَهِى اِنَّكَ قَدْ عَلَّمْتَ اَدَمَ اْلاَسْمَاءَ كُلَّهَا وَقَدْ اَمَرَنَا نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِإِحْسـَانِهَا فَهَا نَحْنُ نُسَمَّى هَذَا الْوَلَدَ بِاسْمِ يُنَاسِبُ اَهْلَ الْبَيْتِ… اِلَهِى اَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ وَعَلىَ دِيْنِ نَبِيِّناَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى مِلَّةِ اَبِيْنَا اِبْرَاهِيْـمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اَللّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ لِسَاناًذَاكِرًا وَقَلْبًا شَاكِرًا وَبَدَنًاصَابِرًا وَزَوْجَةً تُعِيْنُنَا فِى الدُّيْنَا وَاْلآخِرَةِ. وَنَعُوْذُبِكَ يَا رَبَّنَا مِنْ وَلَدٍ يَكُوْنُ عَلَيْناَ سَيِّدًا وَمِنِ امْرَاَةِ تُشَيِّبُنَا قَبْلَ وَقْتِ الْمَشِيْبِ وَمِنْ مَالٍ يَكُوْنَ عَذَابًا لَّنَا وَوَبَالاً عَلَيْنَا وَمِنْ جَارٍ اِنْ رَّآى مِنَّا حَسَنَةً كَتَمَهَا وَاِنْ رَّآى مِنَّا سَيِّئَةً اَفْشَاهًا. اَللّهُـمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا عَقِيْقَتَنَا رَبَّناَ, بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحمَ الرَّاحِمِـيْنَ. واَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمـِيْنَ.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, teriring keluarganya, dan sahabatnya. Ya Allah, aku memohon perlindungan untuk anak ini (sebutkan nama sang bayi yang di aqiqahi) kepada Tuhan yang maha esa lagi Tuhan tempat meminta dan bergantung dari jahatan setiap orang yang dengki. Aku memohon perlindungan untuk ibu anak-anak dan keturunannya dengan Zat Engkau dari syetan yang terkutuk. Ya Allah, hendaklah Engkau menjadikan anak ini menjadi anak yang shaleh atau sholehah.

Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu keselamatan dunia dan agama, kami memohon kepada-Mu penambahan dan keberkahan dalam ilmu, dan limpahkanlah rizki kepada orang-orang yang berkah mendapatkan rizki. Wahai Tuhanku, sungguh Engkau telah mengajarkan semua nama-nama kepada Adam, dan sungguh Nabi-Mu Muhammad SAW telah memerintahkan kepada kami agar memberi nama kepada anak ini dengan nama yang layak di negeri ini(sebutkan nama anak).

Wahai Tuhanku, kami dipagi hari di atas kesucian Islam, di atas kepastian ikhlas, di atas agama Nabi Muhammad Saw, dan di atas agama bapak kami Ibrohim sebagai orang yang cenderung kepada kebenaran lagi yang tunduk (kepada ajaran) dan tidaklah ia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah. Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu lisan yang berzikir, hati yang bersyukur, badan yang bersabar, dan istri yang menolong kami dalam urusan dunia dan urusan akhirat.

Dan kami berlindung kepada-Mu, wahai Tuhan kami, dari anak yang kepada kami sebagai tuan, dari istri yang menyebabkan tumbuh uban sebelum usia layak beruban, dari harta yang menjadi siksaan dan bencana bagi kami, dan dari tetangga yang bila melihat kebaikan kami, maka ia menyimpan dan bila ia melihat keburukan kami maka ia menyebarkan. Ya Allah, terimalah aqiqah kami, wahati Tuhan kami, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan paling penyayang di antara para penyayang. Dan segala puji hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Aqiqah Berkah (8)

Itulah tadi doa aqiqah yang sering dipanjatkan dalam pelaksanaan aqiqah anak disertai dengan pemotongan rambut sang anak. Sedangkan doa lain menurut kebiasaan aqiqah beberapa muslim lainnya adalah seperti berikut ini :

Ya Allah, kami bersyukur kepada Mu yang telah mengurniakan seorang anak lelaki/perempuan kepada pasangan ini (sebut nama kedua ibu bapak sang anak). Ya Allah, Engkau karuniakanlah kepada kedua orangtua anak ini hidayah, petunjuk dan taufik Mu agar mereka berdua dapat menjalankan amanah yang Engkau berikan kepada mereka ini dengan keimanan dan takwa kepada Mu. Ya Allah, kurniakanlah kepada mereka berdua kekuatan dan keyakinan untuk mendidik dan membesarkan anak mereka ini sebagai hamba yg taat dan patuh kepada perintah Mu. Ya Allah, Engkau bimbing lah mereka berdua diatas jalan yang Engkau ridhoi.

Doa Aqiqah

Ya Allah, rahmatikanlah anak kecil ini (sebutkan nama sang anak). Ya Allah, Sesungguhnya telah Engkau catatkan segala-galanya untuk kehidupannya, kebaiknya, keburuknya, rezekinya, hidupnya, matinya dan segalanya yang Engkau lebih mengetahuinya. Ya Allah, jika keburukannya lebih banyak dari kebaikannya, kami memohon kepada Engkau ya Allah, Maha Suci Tuhan yang Arasy-Nya terletak di langit, yang memperlihatkan kekuatan-Nya di bumi, yang menjalankan segala lautan, yang meperlihatkan kekuasaan di api neraka, yang meperlihatkan rahmat-Nya di dalam surga, yang telah mengangkat tujuh petala langit dan menetapkan tujuh petala bumi dengan kudrat-Nya, Maha Suci Allah, yang tidak ada tempat untuk bergantung dan tidak ada tempat untuk meminta pertolongan melainkan kepada Engkau semata-mata, maka Engkau tukarkanlah sebagaimana Engkau menukarkan malam kesiang dan siang ke malam, segala keburukkan itu dengan segala kebaikan, segala kesulitan dengan kemudahan, segala penderitaan dengan kebahagiaan, segala kegagalan dengan kejayaan, segala kemudharatan dengan kesejahteraan dan segala kehinaan dengan pujian.

Lanjutkan berdoa, Ya Allah, selamatkan anak kecil ini dan Engkau peliharalah hatinya, matanya, telinganya, mulutnya tangannya, kakinya dan seluruhnya anggotanya daripada gangguan syaitan yang direjam dan bala tenteranya.

Ya Allah, karuniakanlah kepada anak kecil ini iman yang sempurna. Kesihatan tubuh badan yang berterusan, dilapangkn rezekinya seluas langit dan bumi. Memiliki budi pekerti yang baik dan akhlak terpuji. Menjadi hamba yang sentiasa taat dan patuh kepada perintah Mu. Menjadi anak yang soleh sholehah kepada kedua orangtuanya.

 

Daftar Harga Aqiqah Mandiri

Daftar Harga Aqiqah Mandiri

 

Daftar Harga Aqiqah Peduli

Tags: , , , , , , , , ,