Aqiqah di Tuban

Aqiqah di Tuban

Apa kabar untuk para sahabat Aqiqah Berkah. Nungguin artikel mengenai aqiqah ya…:-) ini kami mau mengulas tentang Aqiqah di Tuban. Harap tenang ya,…:-). Kami tidak ada bosan-bosannya kok menyuguhkan informasi mengenai aqiqah. Informasi-informasi tentang aqiqah terus update di website ini. Tapi kami akan menceritakan mengenai wisata yang berada di Kota Tuban terlebih dahulu. Yuk d baca…. cekidot bray….;-)

tuban-map
Berikut ini adalah beberapa wisata di kota Tuban yang patut anda kunjungi, antara lain :

1. Goa Akbar
Letaknya yang berada di kawasan pegunungan kapur utara membuat Tuban memiliki banyak goa. Makanya gak heran kalau kabupaten yang satu ini dijuluki Kota Seribu Goa. Salah satu goa paling istimewa yang bisa kamu nikmati saat berlibur ke Tuban adalah Goa Akbar.

Di Goa Akbar, kamu bisa menikmati megahnya perut bumi di bawah hiruk pikuk Pasar Baru Tuban di pusat kota. Konon, Sunan Bonang mengucapkan “Allahu Akbar” saat pertama kali melihat goa ini; mungkin karena itulah goa dini dinamakan Goa Akbar. Yang jelas, kamu memang bisa menyaksikan keagungan Tuhan lewat ciptaannya yang mempesona ini. Apalagi, goa ini udah dilengkapi dengan bermacam fasilitas seperti penerangan dan jalur wisatawan, jadi gak repot deh kalau pengen menikmatinya.

2.Ponpes Al-Maghribi

Ya, cuma di Tuban kamu bisa menemukan pondok pesantren dan masjid yang letaknya di dalam goa. Makanya, berkunjung ke tempat ini akan memberi pengalaman istimewa buatmu. Ponpes Perut Bumi Al-Maghribi dibangun di dalam goa alami yang telah mati dan terbengkalai. Kini, ornamen-ornamen goa seperti stalagtit dan stalagtit telah mengeras menjadi batuan kapur dan bersinergi harmonis dengan bangunan ponpes beserta masjidnya.

Kini, ponpes yang digagas oleh Kyai Subchan Mubarok ini menjadi salah satu daya tarik bagi peziarah dan wisatawan. Datang aja ke Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding. Kamu juga bisa menyumbang untuk pembangunan ponpes ini.

3. Minuman Legen kha Tuban
Kamu mungkin gak asing lagi dengan legen, minuman khas Tuban yang berasal dari nira bunga pohon siwalan atau lontar yang memang banyak tumbuh di daerah ini. Sayangnya, legen alami hasil sadapan hanya sanggup bertahan 3-4 jam usai disadap, sehingga harus cepat-cepat diminum. Kalau enggak, minuman ini akan berubah menjadi tuak yang kadar alkoholnya tinggi.

Untuk mendapatkan legen yang masih alami—yang disadap langsung dari bunga pohon siwalan dengan bumbungan bambu, bukan yang sudah melewati proses pengolahan—kamu mesti menyambangi desa-desa penghasil legen untuk menikmatinya langsung. Rasanya manis bercampur sedikit asam, segar banget diminum di saat terik.

4. Pantai Kelapa Payuran
Seperti namanya, pantai ini menyuguhkan panorama indah pepohonan kelapa yang nyiur melambai di sepanjang pantai. Pantai ini berada di desa Panyuran, Kecamatan Palang, dengan jarak hanya 6 km dari pusat kota. Tapi karena posisi pantai yang ada disebuah perkampungan, jadi terkesan pantai ini tersembunyi.

Disini Wovger juga akan menemukan banyaknya penduduk lokal yang berprofesi sebagai nelayan, dengan berbagai aktifitasnya. Pantai ini sangat indah, teduh dan masih sangat alami. Pantai ini sering dijadikan tempat untuk berkemah juga. Jadi jika Wovger ingin merasakan beach camp, bisa mencobanya di pantai ini.

5. Pantai Remen
Banyak pantai di kabupaten Tuban yang menjadi destinasi menarik untuk Wovger kunjungi. Pantai ini terletak di desa Remen kecamatan Jenu. Pantai Remen menyuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan dengan pasir berwarna putih cerah. Disini Wovger juga akan menemukan danau besar dengan deretan pohon cemara laut yang seakan menyambut setiap pengunjung yang datang.

Pantai pasir putih ini ternyata masih baru lho. Pantai ini resmi dibuka baru pada 22 Pebruari 2015 dan dikelolah oleh pemerintah desa Remen. Terdapat banyak sekali tenda-tenda pedagang berjejer di sekitar pantai, terlihat sederhana yang tertata rapi dan bersih.

Pantai ini sangat terjaga kebersihannya, bahkan ada banyak tong sampah disepanjang pantainya. Kalo mampir kesini jangan dikotori yah.

6. Makam Sunan Bonong
Selain menjadi pelabuhan penting di era Majapahit, Tuban juga menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa; tak heran kalau kota ini dijuluki Kota Wali. Di pusat kota kamu bisa menemukan makam salah satu Walisongo yang tersohor itu, yaitu Sunan Bonang. Tahu lagu Tombo Ati? Nah, itu adalah salah satu karya Sunan Bonang yang digunakan untuk berdakwah.

Makam Sunan Bonang tak pernah sepi dari peziarah. Masuk kemari, kamu akan melewati beberapa gapura bergaya Hindu-Islam yang otentik. Lalu, kamu bisa melihat cungkup makam asli rendah dan kecil dibawah naaungan cungkup yang megah. Pas banget buat ngadem sekalian berzikir.

7. Air Terjun Nglirip
Air terjun Nglirip atau yang dikenal juga dengan Grojogan Nglirip ini adalah satu-satunya air terjun di Kabupaten Tuban. Meski begitu, keindahan panorama air terjun ini layak banget untuk kamu jamahi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan lebar 28 meter. Dengan air yang berwarna kehijauan dan hutan jati di sekelilingnya, air terjun ini pas banget untuk diabadikan lewat frame foto.

Kalau ingin bertandang kemari, datang aja ke Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, sekitar 35 km ke barat daya Tuban. Tapi, sebaiknya gak usah bawa pacar ya kalau hubunganmu mau langgeng, karena konon air terjun ini bisa memutus tali percintaan. Tapi, kalau udah halal sih gak apa-apa.

8. Pantai Sowan
Pantai Sowan berada ditepi jalan pantura, Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Banjar. Pantai Sowan memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. Tempat wisata ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Wana Wisata Sowan’. Di kawasan Pantai Sowa terdapat kawasan hutan di tepi pantai dengan luas sekitar 32 hektar. Berbagai jenis pepohonan tumbuh subur dikawan wisata ini, mulai dari pohon trembesi, klampis dan mahoni. Obyek wisata ini dikelola oleh KPH Perhutani Tuban.

Deretan pohon di area pantai ini membuat suasana yang seharusnya terasa panas membuat suasana pantai lebih sejuk dan bisa menjadi tempat bersantai. Buat Wovger yang suka berkemah dapat menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat berkemah.

9. Goa Putri Asih
Untuk menempuh perjalanan kesini memang cukup sulit, karena Wovger harus melewati hutan dan menempuh perjalanan yang menanjak dan berkerikil sepanjang 2 km. Tapi jangan khawatir, perjalanan yang melelahkan itu akan terhapus dengan keindahan panorama alami gua ini.

Goa ini terkenal dengan berbagai ornamen batu didalamnya. Ornamen-ornamen itu diantaranya ornamen stalaktit, stalakmit, pillar (penyangga dari ruang kedua dan ketiga), gordyn (ornamen batu karena tetesan air yang sangat tipis hingga membentuk menyerupai kelambu atau selendang), soda strav, flow stone, helektit (batu yang tumbuhnya dari stalaktit yang tumbuh menyamping), heksentrik (batu ini tumbuhnya dari stalaktit tapi tumbuh menyamping kemudian naik keatas), dan calcite floor (berasal dari lelehan flow stone yang men yatu dengan tanah dan membentuk ornamen).

Goa ini memiliki 9 ruangan dengan pesona ornamen bebatuan yang beragam. Wovger wajib mengunjungi tempat ini untuk membuktikan bagaimana alam memproduksi keindahan.

10. Pantai Pasir Putih Remen
Dari Pantai Sowan, sekalian aja melipir ke Pantai Pasir Putih Remen. Pantai yang pasirnya putih banget ini memang belum lama diresmikan oleh pemerintah setempat. Tapi, wajah pantai ini akan mengubah cara pandangmu terhadap Tuban dan pantai utara. Soalnya indahnya gak kalah sama pantai-pantai di kawasan selatan, seperti yang ada di Pacitan maupun Gunungkidul.

Pantai yang terletak di Desa Remen, Kecamatan Jenu ini memang agak mblusuk. Tapi, sejumlah kegiatan seru telah menantimu di sana, mulai dari mancing, berenang, mengubur diri di pasir, sampai sekadar dalan-jalan.

11. Pantai Cemara dan Mangrove Center
Pantai Cemara menawarkan pesona pantai yang ditepinya berjajar pohon cemara yang rindang. Disini Wovger bisa berteduh dan menikmati pesona indahnya pantai.

Di pantai ini, Wovger juga akan menemukan Mangrove Center yang dikelola oleh Bapak Ali Mansur. Untuk mengunjungi pantai dan Mangrove Center ini Wovger dibebaskan dari biaya tiket masuk. Wovger akan dikenakan biaya hanya untuk penggunaan listrik dan air bersih saja. Kapan lagi coba bisa wisata gratisan gini. Ada berbagai fasilitas seperti gazebo dan juga pondok yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan atau sekedar bersantai. Kabarnya pak Ali Mansur juga sudah melengkapi lokasi setempat dengan jaringan Wi-Fi lho. Keren kan.

Dipantai ini, Wovger bisa bermain air karena pantainya relatif dangkal dan ombaknya tidak begitu besar. Wovger juga bisa melakukan kemah disini. Sungguh tempat yang asyik untuk menghabiskan liburan.

Nah itulah mungkin sedikit yang dapat kami sampaikan mengenai wisata di kota Tuban. Semoga bermanfaaat bagi anda yang akan atau mau berkunjung ke Kota Tuban. Selanjutnya kami akan mengulas sedikit soal Aqiqah sebelum kita ke topik utama yaitu Aqiqah di Tuban. Mari…..

Pengertian Aqiqah
Kata Aqiqah berasal dari kata Al-Aqqu yang berarti memotong (Al-Qoth’u). Al-Ashmu’i berpendapat aqiqah asalnya adalah rambut di kepala anak yang baru lahir. Kambing yang dipotong disebut aqiqah karena rambut anak tersebut dipotong ketika kambing itu disembelih.

Aqiqah adalah sembelihan untuk anak-anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Dengan niat dan syarat-syarat tertentu. Dalam aqiqah ini yang disembelih adalah kambing, bukan ayam atau sapi atau unta dan lain sebagainya. Bagi bayi laki-laki aqiqahnya dua ekor kambing yang seimbang atau setara dan bagi bayi perempuan seekor kambing. Oleh sebagian ulama ia disebut dengan nasikah atau dzabihah (sembelihan)

Hal ini berdasarkan keterangan Aisyah yang artinya,”Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami supaya menyembelih aqiqah untuk anak laki-laki kami dua ekor dan untuk wanita seekor.” (HR. At-Tirmidzi).

Hukum di Syariatkan Aqiqah
Hukum Aqiqah itu sendiri menurut kalangan Syafi’i dan Hambali adalah sunnah muakkadah. Dasar yang dipakai oleh kalangan Syafi’i dan Hambali dengan mengatakan sebagai sesuatu yang sunnah muakkad adalah hadist nabi Muhammad SAW yang artinya, “Anak-anak tergadai (tertahan) pada aqiqahnya, disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari itu pula dicukurlah ia dan diberi nama.” (HR. Al-Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Madjah, dari Hasan).

Dari Ummu Kurzin Al-Ka’biyah r.a.., ia berkata Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,”Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi anak perempuan satu ekor kambing.” (HR. Al-Tirmidzi dan Ahmad)

Hewan Untuk Aqiqah
Di dalam riwayat imam Ahmad HR. At-Tirmidzi disebutkan :
Dari Ummu Kurzin Al Ka’biyah, bahwa ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Aqiqah. Beliau bersabda :
“Untuk bayi laki-laki dua ekor kambing kibas dan untuk bayi perempuan seekor kambing kibas dan tidaklah merugikan kamu yang jantan atau yang betina.”

Hadist diatas menyatakan secara jelas bahwa kambing untuk aqiqah boleh jantan boleh juga betina. Tentang berapa umur binatang tersebut, tidak ada perinciannya lebih lanjut dari binatang tersebut, tidak ada perincian lebih lanjut dari rasulullah SAW. Hal ini berbeda dengan kambing yang disembelih untuk Idul Qurban, umurnya jelas, ciri dan keadaannya pun jelas, yaitu kambing harus berumur satu tahun keatas, tidak kurus, tidak pincang, tidak cacat mata. Tapi harus sehat dan gemuk. Untuk aqiqah ini disunnahkan dimasak terlebih dahulu sebelum dibagi.

Penyaluran Aqiqah
Mereka yang paling layak menerima sedekah adalah orang fakir dan miskin dari kalangan umat Islam, begitu juga dengan aqiqah, mereka yang paling layak menerima adalah orang miskin dikalangan umat Islam. Daging selain disedekahkan juga bisa dimakan oleh keluarga yang melakukan aqiqah. Hal ini berdasarkan hadist Aisyah r.a. :
“Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan, ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh.” (HR. Al-Baihaqi)

Hikmah Aqiqah

  1. Wujud rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT.
  2. Mewujudkan rasa saling berbagi dengan orang-orang yang kurang mampu (dhuafa).
  3. Mempererat ukhuwah sesama kaum muslimin.
  4. Membebaskan anak dari ketergadaian.
  5. Pembelaan orang tua di hari kemudian.
  6. Menghindari anak dari musibah dan kehancuran, sebagaimana pengorbanan Nabi Ismaila a.s dan Ibrahima a.s.
  7. Pembayaran hutang orang tua kepada anaknya.
  8. Pengungkapan rasa gembira demi tegaknya islam dan keluarganya keturunan yang di kemudian hari akan memperbanyak ummat Muhammad SAW.
  9. Memperkuat tali silaturrahmi di antara anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak.
  10. Sumber jaminan sosial dan menghapus kemiskinan di masyarakat.
  11. Melepaskan bayi dari godaan setan dalam urusan dunia dan akhirat.

Aqiqah dan kepedulian
Pada aspek sosial, Ibadah aqiqah dapat menjalin ukhuwah pada sesama tatkala kambing yang disembelih lalu dimasak. Masakan aqiqah tersebut tidak diantar ke shohibul aqiqah tetapi dibagikan kepada masyarakat yang tidak berpunya (dhuafa) baik dari kalangan yatim piatu atau dhuafa pada umumnya, terlebih jika dalam pengadaannya pun melibatkan para peternak kecil yang siap menyediakan hewan aqiqah, belum lagi hasil dari pengelolaan aqiqah dikembalikan kepada orang-orang tak berpunya (dhuafa) dalam bentuk yang lain.

Hal-hal yang disyariatkan sehubungan dengan aqiqah yang berhubungan dengan sang anak

  1. Disunnatkan untuk memberi nama dan mencukur rambut (menggundul) pada hari ketujuh sejak hari lahirnya. Misalnya lahir pada hari ahad, aqiqahnya jatuh pada hari sabtu.
  2. Bagi anak laki-laki disunnatkan beraqiqah dengan dua ekor kambing sedang bagi anak perempuan satu ekor.
  3. Aqiqah ini terutama dibebankan kepada orang tua si anak, tetapi boleh juga dilakukan oleh keluarga yang lain (kakek dan sebagaimana).
  4. Aqiqah ini hukumnya sunnah.

Hukum Aqiqah Setelah Dewasa atau berkeluarga
Pada dasarnya aqiqah disyariatkan untuk dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran. Jika tidak bisa, maka pada hari keempat belas. Adn jika tidak bisa pula, maka pada hari kedua puluh satu. Selain itu, pelaksanaan aqiqah menjadi beban ayah.

Namun demikian, jika ternyata ketika kecil ia belum di aqiqahi, ia bisa melakukan aqiqah sendiri disaat dewasa. Satu ketika al-Maimuni bertanya kepada Imam Ahmad, “Ada orang yang belum diaqiqahi, apakah ketika besar ia boleh mengaqiqahi dirinya sendiri? “ Imam Ahmad menjawab, “Menurutku, jika ia belum diaqiqahi ketika kecil, maka lebih baik melakukannya sendiri saat dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh”.

Para pengikut Imam Syafi’i juga berpendapat demikian. Menurut mereka, anak-anak yang sudah dewasa yang belum diaqiqahi oleh orang tuanya, dianjurkan baginya untuk melakukan aqiqah sendiri.

Syarat Hewan Aqiqah
Hewan aqiqah yang akan disembelih tidak boleh sembarangan, tetapi harus memiliki syarat-syarat agar hewan tersebut bisa dipakai untuk aqiqah. Para ulama telah sepakat, bahwa hal-hal yang berhubungan dengan aqiqah sama dengan qurban, termasuk hewannya. Secara umum, syarat hewan yang boleh dipotong untuk aqiqah, sebagai berikut.
1. Domba atau kambing yang dipotong telah berumur satu tahun (masuk tahun kedua).
2. Hewan aqiqah sehat dari penyakit dan cacat . tidak sah aqiqah dengan hewan yang berpenyakit ataupun cacat.

Waktu Pekaksanaan Aqiqah
Mengenai waktu aqiqah, Rasulullah menjelaskannya dalam hadist dari samrah bin jundab ra, “Setiap anak yang baru lahir digadaikan dengan aqiqahnya. Pada hari ketujuh dipotong atasnya hewan aqiqah, dicukur rambut dan diberi nama.” (HR At-Turmudzi). Hadist lain dari siti ‘Aisyah ra, ia mengatakan, “Rasulullah melaksanakan aqiqah Sayyid Hasan dan Husain pada hari ketujuh.” (Al-hadist).

Kedua hadist di atas menunjukkan bahwa aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran. Keterangan tersebut bukanlah isyarat wajib melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh tetapi hanya sebuah keutamaan sunnah. Artinya, afdhalnya aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh.

Adapun realitanya, setiap rezeki manusia tidaklah sama. Terkadang memiliki rezeki yang leluasa ataupun sebaliknya. Bagi orang tua yang memiliki keleluasaan rezeki, dianjurkan melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh. Namun bagi yang belum memiliki rezeki pada hari tersebut, dibolehkan untuk melaksanakan pada saat mendapatkan rezeki untuk melaksanakan aqiqah.

Dalil yang mengisyaratkan aqiqah dapat dilaksanakan kapan saja adalah ucapan al-Maimuun kepada Abi ‘Abdillah, “Kapan dilaksanakan aqiqah seorang anak? Ia menjawab, “Siti ‘Aisyah mengatakan. “Hari ke-7, ke-14, atau ke-21.” Imam shahih bin Ahmad mengatakan, “Disembelih aqiqah pada hari ketujuh. Jika belum dilaksanakan, hari ke 14. Jika belum dilaksanakan, hari ke 21.”

Keterangan di atas dikumpulkan oleh Imam Malik ra, ia mengatakan, “hadist bahwa aqiqah dilaksanakan pada hari ke-7 adalah sebuah sunnah utama. Jika tidak dilaksanakan pada hari ketujuh, seperti hari keempat, kedelapan, kesepuluh, atau seterusnya, maka aqiqahnya tetap mendapatkan pahala.”

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai aqiqah. Semoga apa yang kami sampaikan mengenai aqiqah ini dapat membantu dan memberi pandangan untuk anda yang akan melaksanakan aqiqah. Kali ini mau membahas sedikit mengenai aqiqah yang ada di Tuban.

Pasti kalian udah taukan.. di indonesia ini banyak sekali layanan aqiqah, jasa aqiqah, dan sejenisnya. Nah.. di Aqiqah Tuban ini menyediakan paket aqiqah yang murah, praktis dan mudah yang berbeda dengan layanan atau jasa aqiqah lainnya. Kambing aqiqah yang berkualitas di ambil dari peternakan sendiri dan pastinya kambing yang terbaik memenuhi syar’i.

kambing aqiqah
Kami Aqiqah Berkah disamping sebagai wahana berbagi ilmu juga menerima pesanan paket aqiqah tanpa bau prengus. Pesan aqiqah di Aqiqah Berkah, Mudah, Murah, Praktis dan Nyaman.

Alasan Aqiqah Lewat Aqiqah Tuban?
Aqiqah Tuban merupakan sebuah unit usaha yang digagas oleh badan wakaf peduli dhuafa. Badan wakaf peduli dhuafa merupakan sebuah lembaga visioner dan inspirator kemandirian, dimana karyawan yang tergabung dalam lembaga ini berkomitmen untuk mentasrufkan dana ZISWAF-nya 100% kepada orang-orang yang membutuhkan. Gaji karyawan akan diambilkan dari unit usaha yang demikiannya, diantaranya peternakan sapi,cetering aqiqah, pengelolaan hewan qurban.

Berikut keuntungan yang anda dapatkan :
1. Kambing berkualitas tinggi dan telah memenuhi syarat untuk aqiqah
2. Kambing disembelih oleh ahlinya sesuai syariat Islam (wajib dan sunnah)
3. Kambing dapat dilihat dan dipilih langsung di kandang
4. Kami melayani Jasa Aqiqah untuk daerah Tuban
5. GRATIS biaya pemotongan
6. Kambing potong sehat, baik/sesuai syariah
7. Menu bervariatif: Sate, Gulai, Sop, Tongseng, Semur dll.
8. Pembayaran setelah barang sampai / transfer.
9. Siap menyalurkan kepada yang berhak: pondok pesantren, panti asuhan dan fakir miskin.

Di Layanan Aqiqah Tuban ini hanya disediakan paket Aqiqah Peduli saja.
Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)

  1. Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
  2. Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
  3. Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah Peduli dengan Kambing Betina

peduli
Aqiqah Peduli dengan Kambing Jantan

peduli1

Jika anda akan melakukan aqiqah, segera hubungi kami. Kami akan membantu pelaksanaan aqiqah anda.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Aqiqah Anda_-_

Tags: , , , , , , ,