Aqiqah Bondowoso

Aqiqah Bondowoso

Haiiii sahabat Aqiqah Berkah, Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kita tetap di beri kesehatan sampai sekarang ini. Baik, kini kami akan mengulas tentang Sejarah aqiqah, pengertian aqiqah dan lain-lain?Cekidot……

Sejarah Aqiqah
Kebiasaan melakukan “aqiqah” ini tidak dimulai pada masa Islam, tetapi jauh sebelumnya sudah menjadi kebiasaan orang-orang Arab Jahiliah. Ada tiga macam kebiasaan orang Arab Jahiliah yang berkaitan dengan sembelihan hewan itu, yaitu 1) Al-Aqiqah, 2) Ar-Rajbiyyah, dan 3) Al-‘Atirah.

  1. Al-‘Aqiqah, ialah sembelihan hewan yang dilakukan bagi bayi pada hari ketujuh dari hari kelahirannya. Acara ini dilakukan oleh mereka dengan beberapa rangkaian, termasuk di antaranya, menyapukan darah sembelihan itu di atas kepala sang bayi.
  2. Ar-Rajbiyyah, ialah sembelihan terhadap anak unta yang dilakukan pada bulan Rajab.
  3. Al-‘Atirah, ialah sembelihan terhadap anak unta pertama yang dilakukan apabila anak-anak unta itu telah mencapai sepuluh ekor.

Ketika Islam datang, semua kebiasaan menyembelih itu kemudian dihapus dan diganti dengan kebiasaan baru yang disyariatkan oleh Islam, yaitu apa yang kita namakan “sembelihan kurban”, yang dilakukan selama 3 hari berturut-turut pada hari-hari Tasyriq. Satu-satunya kebiasaan Arab Jahiliyah yang masih dilestarikan oleh Islam hingga kini ialah “aqiqah” itu.

Selain itu, di masa Arab Jahiliyah yang diakikah itu hanyalah anak laki karena anak perempuan dianggap sebagai pembawa aib dalam keluarga dan dalam kehidupan suku. Tidak heran jika di masa itu sebagian suku melakukan praktek keji terhadap anak perempuan, yaitu menguburkan hidup-hidup agar tidak membawa aib jika dewasa nanti.

Tradisi Jahiliyah yang keji dan tidak manusiawi itu dihapus oleh Islam. Islam mengajarkan agar anak perempuan juga diakikah sama dengan anak laki. Sebab, Islam mengajarkan prinsip kesetaraan dan kesederajatan manusia, tidak ada perbedaan antara perempuan dan laki di hadapan Allah. Keduanya sama-sama manusia dan keduanya sama-sama hamba dan ciptaan Allah yang berpotensi menjadi khalifah fil ardh (pemimpin dalam kehidupan dunia). Keduanya akan mendapat pahala yang sama jika berbuat baik, sebaliknya juga akan mendapatkan ancaman siksaan jika berbuat dosa. Keduanya sama-sama diwajibkan melakukan amar makruf nahy mungkar, melakukan kebajikan atau upaya-upaya humanisasi dan menghindarkan perilaku keji dan tercela.

Aqiqah
Aqiqah adalah salah satu ajaran Islam yang dicontohkan Rasulullah SAW. Aqiqah mengandung hikmah dan manfaat positif yang kita bisa petik di dalamnya. Oleh karena itu. Kita sebagai umat Islam sudah selayaknya melaksanakan setiap ajaran Rasulullah SAW tanpa terkecuali, termasuk aqiqah ini.

Dan Aqiqah hukumnya sunnah muakad (mendekati wajib), bahkan sebagian ulama menyatakan wajib. Setiap orang tua mendambahkan anak yang shaleh, berbakti dan mengalirkan kebahagiaan kepada kedua orangnya. Aqiqah adalah salah satu acara penting untuk menanamkan nilai-nilai ruhaniah kepada anak yang masih suci. Dengan aqiqah di harapkan sang bayi memperoleh kekuatan, kesehatan lahir dan batin. Di tumbuhkan dan di kembangkan lahir dan batinnya dengan nilai-nilai ilahiyah.

Aqiqah juga salah satu upaya kita untuk menebus anak kita yang tergadai. Aqiqah juga merupakan realisasi rasa syukur kita atas anugerah, sekaligus amanah yang di berikan allah SWT terhadap kita. Aqiqah juga sebagai upaya kita menghidupkan sunnah rasul SAW, yang merupakan perbuatan yang terpuji, mengingat saat ini sunnah tersebut mulai jarang di laksanakan oleh kaum muslimin.

Dalam hal inilah yang akan peneliti teliti lebih jauh, di karenakan masalah ini dianggap sangat penting untuk di teliti , karena selama ini anggapan yang ada dimasyarakat ritual aqiqah itu Cuma menggunakan hewan kambing saja.

Hukum Aqiqah
Terdapat perbedaan pendapat ulama mengenai hukum “aqiqah”. Sebagian memandangnya “mubah” (boleh menurut Hanafiyah), “sunat” (kebanyakan ulama), dan “sunat mu’akkad” (Sayyid Sabiq). Kebanyakan ulama tersebut menyatakan bahwa sunat bagi orang tua untuk mengadakan aqiqah bagi bayinya.

Banyak hadis yang menerangkan tentang akikah. Dari pernyataan-pernyataan Rasulullah di dalam hadis itulah, maka para ulama memahami bahwa hukum aqiqah itu sunnat. Artinya, kalau kita mengadakan akikah, berarti kita mendapat pahala, dan kalau tidak, kita tidak mendapat pahala dan pula mendapat dosa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam rangkaian acara aqiqah:

  1. Menyembelih hewan (kambing), bukan membeli daging yang dijual di pasar. Saat menyembelih, setelah membaca Bismillah, disunnatkan bagi yang menyembelih membawa doa: “Allahumma laka wa ilaika ‘aqiqatu fulan” (sebutkan secara jelas nama anak yang diakikah).”
  2. Hewan yang disembelih: kambing yang sempurna sifat-sifatnya, bukan sapi dan bukan pula unta. Ulama membolehkan menyembelih kerbau, sapi, atau unta untuk 7 orang bayi.
  3. Jumlah kambing yang disembelih: kebanyakan buku fikih menyebut dua ekor untuk bayi laki-laki dan seekor untuk bayi perempuan. Akan tetapi, Rasul dalam prakteknya tidak membedakan antara anak perempuan dan anak laki.
  4. Waktu aqiqah yang tepat (sembelih): Afdhalnya pada hari ketujuh, sebelum atau sesudahnya boleh.
  5. Yang mengadakan akikah: orang tua selama anaknya belum berusia balig, bukan oleh anak itu sendiri setelah besar.
  6. Tidak boleh menyapukan darah sembelihan pada kepala sang bayi, seperti praktek Jahiliyah. Yang boleh dilakukan ialah menyapukan wangi-wangian pada kepalanya.

Beberapa ketentuan tentang aqiqah
Berdasarkan beberapa hadits Nabi Saw. dan pendapat para ulama, dapat dijelaskan beberapa ketentuan mengenai aqiqah sebagai berikut:

  1. Aqiqah hukumnya sunnah bagi orang yang bertanggung jawab atas biaya hidup sang bayi.
  2. Bentuk aqiqah adalah menyembelih dua ekor kambing untuk bayi anak laki-laki dan seekor kambing untuk anak perempuan. Bagi yang tidak mampu, boleh saja menyembelih seekor kambing untuk anak laki-laki.
  3. Persyaratan tentang hewan aqiqah sama seperti persyaratan hewan qurban.
  4. Daging hewan aqiqah dibagikan kepada fakir miskin, keluarga, dan tetangga dalam bentuk siap saji (sudah dimasak). Di samping dibagikan, daging aqiqah dapat juga dinikmati oleh yang beraqiqah.
  5. Waktu penyembelihan aqiqah adalah tujuh hari, empat belas hari, atau dua puluh satu hari setelah kelahiran seorang bayi. Jika pada waktu-waktu itu tidak bisa, maka bisa dilakukan di waktu-waktu yang lain.

Ibadah aqiqah terkait dengan kelahiran seorang anak. Bersamaan dengan kelahiran anak ini, Islam menetapkan beberapa ketentuan seperti berikut:

  1. Menyambut kehadiran sang anak dengan gembira bagaimanapun keadaannya.
  2. Anak yang baru lahir hendaklah dibacakan adzan di telinga sebelah kanan dan dibacakan iqamah di telinga sebelah kiri.
  3. Setelah itu cepatlah menentukan nama yang baik untuk sang bayi.
  4. Bersamaan dengan pemberian nama, disunnahkan juga untuk mencukur rambut sang bayi. Rambut yang dicukur ini kemudian ditimbang dan beratnya dihargai dengan berat perak atau emas lalu disedekahkan kepada fakir miskin.
  5. Ketika anak mulai mengenal lingkungan sosialnya, maka berilah pengalaman yang terbaik untuknya menurut ketentuan ajaran Islam agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan fitrah keislamannya.

Tatacara aqiqah
Tatacara yang dapat dipenuhi dalam rangka melakukan aqiqah adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan hewan (kambing) yang akan disembelih untuk aqiqah, yakni seekor untuk bayi perempuan dan dua ekor untuk bayi laki-laki.
  2. Lakulan cara-cara penyembelihan sebagaimana dijelaskan dalam tatacara qurba.
  3. Pada waktu menyembelih, hendaknya yang menyembelih membaca basmalah dan takbir serta meniatkan untuk aqiqah bagi sang bayi siapa.
  4. Daging yang disembelih kemudian dimasak dan dibagikan kepada kaum kerabat, tetangga, dan fakir miskin untuk dinikmati bersama-sama dengan yang beraqiqah.

Hikmah aqiqah
Aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah yang memiliki hikmah yang besar, di antaranya adalah:

  1. Yang paling pokok adalah untuk memperoleh rido dari Allah Swt.
  2. Anak yang lahir tidak lagi tergadai sehingga memiliki hubungan yang sangat erat dengan orang tuanya, dan di akhirat kelak akan memberi syafaat kepada orang tuanya.
  3. Salah satu bentuk shadaqah kepada fakir miskin, keluarga, dan orang-orang yang terdekat dengan sang bayi dan orang tuanya.
  4. Aqiqah merupakan sunnah Nabi Saw. yang sebaiknya diikuti oleh setiap umat Islam yang mampu.

Nah mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai aqiqah, semoga bermanfaat dan bisa menjadi acuan untuk anda yang akan melaksanakan aqiqah. Sebelum masuk ke topik pembahasan, Kini kami akan mengulas mengenai makanan khas yang ada di kota Bondowoso.

Pernah ke Bondowoso? Jangan ngaku pernah ke Bondowoso kalau belum mencoba nasi macan Bu Banjir. Kedai nasi yang berada di Pasar Induk Kota Bondowoso dan satu – satunya yang buka dari jam 3 sore sampai jam 4 pagi.

Untuk masalah harga jangan khawatir, sangat sesuai dengan kantong kita. Anehnya mesikipun harga Bahan Bakar Minyak terus merangkak naik dan kurs rupiah semakin tak menentu nasi Bu Banjir dari dulu hingga detik ini masih tetap dengan harga Rp 5000 sangat pro rakyat bukan.

juara-lomba-makanan-khas
Berikut ini makanan khas bondowoso yang patut anda coba :

1. Pecel Madiun Tamansari
Nah, satu lagi kuliner yang ada di bondowoso yang bisa kamu cicipi. Yakni pecel madiun tamansari. Pecel ini sajiannya sama saja dengan pecel lainnya, akan tetapi untuk rasanya lebih unik dan juga lebih enak di bandingkan dengan pecel yang ada. Pecel madiun ini di banderol dengan harga Rp. 7.000 rupiah. Lokasinya ada di jl. bondowoso, santawi jawa barat.

2. Nasi Macan Bu Banjir
Pernah ke Bondowoso? Jangan ngaku pernah ke Bondowoso kalau belum mencoba nasi macan Bu Banjir. Kedai nasi yang berada di Pasar Induk Kota Bondowoso dan satu – satunya yang buka dari jam 3 sore sampai jam 4 pagi.
Untuk masalah harga jangan khawatir, sangat sesuai dengan kantong kita. Anehnya mesikipun harga Bahan Bakar Minyak terus merangkak naik dan kurs rupiah semakin tak menentu nasi Bu Banjir dari dulu hingga detik ini masih tetap dengan harga Rp 5000 sangat pro rakyat bukan.

3. Tape Bondowoso
Tape manis Bondowoso terbuat dari singkong pilihan yang di difermentasikan dengan ragi sehingga menghasilkan aroma yang khas dan manis rasanya, untuk jajanan yang satu ini sudah menjadi makanan khas kota bondowoso, bahkan menjadi oleh-oleh wajib bagi anda pencinta kuliner, ada beberapa merek yang cukup terkenal diantaranya Tape 31, Tape 82, Tape Agape 07 dan masih banyak lagi.

4. Nasi Bondowoso
ada menu nasi bondowoso yang banyak di jadikan pilihan makanan ketika ada ddi bondowoso ini. nasi bondowoso ini di sajikan dengan berbagai sayur mayu dan juga lau pauk yang mewah dan cita rasa yang lezat. jika anda mencoba nasi bondowoso ini, sudah di jamin anda akan ketagihan dengan kelezatannya. Untuk 1 porsinya di baderol dengan harga Rp. 15.000 saja. lokasinya ada di jl. Hi. Abdul jalil bondowoso.

5. Strawbery’s Juice Bar
Nah jika kamu penyuka buah stawbery maka kamu harus mencoba strawbery’s juice ini. strawberry yang di buat jus dengan rasa yang manis asam dan juga segar ini sangat segar dan sangat cocok jika di nikmati di siang hari. 1 porsinya hanya di banderol dengan harga Rp. 10.000 rupiah saja. lokaisnya ada di jl. jend. Ahmad yani, bondowoso, jawa timur.

6. Mie Iblis dan Mie Jotos
Bosan dengan jajanan pasar dan ingin mencoba sedikit variasi menu yang banyak? Di Bondowoso juga ada pusat kuliner Bondowoso yang letaknya kira-kira 3 kilometer dari pusat alun- alun kota tepatnya di Kota Kulon.
Di sana kita bisa menemukan berbagai jenis makanan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau dengan rasa ala resto.

Selain itu, patut dicoba Mie Iblis dan Mie Jotos, andalan kuliner di Pujasera Kota Kulon yang rasanya bisa dibilang cukup unik. Kedua mie yang dengan rasa pedas, sangat pedas bahkan extrapedas dengan berbagai levelnya, sangat direkomendasikan bagi pecinta kuliner pedas. Harga satu porsi mie-mie tersebut berkisar antara Rp 5000 – Rp 10.000 tergantung level kepedasannya. Yang paling penting, syarat untuk icip-icip kuliner ini hanya satu: seberapa besar nyalimu mencoba berbagai level pedas!

7. Tape dan Janda Royal Bondowoso
Eits, jangan pulang dulu dari kota ini sebelum mencoba manisnya tape Bondowoso yang tersohor kenikmatannya sampai luar negeri dan jangan lupa pula mencicipi Janda Royal alias janda tajir kota khas Kota Bondowoso. Janda Tajir? Jangan salah sangka, janda tajir itu istilah lain dari jajanan khas Bondowoso yang terbuat dari tape dibalut dengan tepung dan kemudian digoreng. Biasa orang jawa menyebutnya dengan kue Rondo Royal.

Saya sarankan untuk mencicipinya di alun- alun Bondowoso. Di sana terdapat stand-stand penjual tape dan janda royal. Namun jika ingin membelinya sebagai buah tangan, kalian bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Bondowoso di toko Kiddis tepatnya hanya sekitar 100 meter ke arah selatan alun-alun Bondowoso. Di sana tak hanya ada rondo royal, juga banyak jenis kreasi olahan berbahan tape dari roll tape sampai nastar tape. Harganya bervariasi mulai dari harga Rp 5000 sampai harga Rp 50.000

Nah itulah mungkin yang dapat kami sampaikan mengenai makanan khas bondowoso. Semoga ulasan di atas tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Amiiinnnn…
Selanjutnya pembahasan sesuai dengan topik utama yaitu Aqiqah Bondowoso. Yuk lanjut membacanya sahabat-sahabat…

Aqiqah Bondowoso merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produk &jasa penyediaan kambing dan sapi beserta jasa pemotongan, pengolahan, pengantaran, dan penyaluran serta menerima pesanan paket nasi box untuk kebutuhan aqiqah,qurban atau kebutuhan lainnya.

Dalam melayani kebutuhan aqiqah, Aqiqah Bondowoso selalu berusaha mengedepankan prinsip profesionalitas dan kemudahan dalam kerangka tetap menjaga prinsip syar’i untuk semua aspek.

Maka kami, layanan Aqiqah Bondowoso terpanggil untuk membantu dan memudahkan bagi anda yang belum beraqiqah.

Di Layanan Aqiqah Bondowoso ini hanya disediakan paket Aqiqah Peduli saja.

Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)

  1. Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
  2. Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
  3. Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah Peduli dengan Kambing Betina

peduli
Aqiqah Peduli dengan Kambing Jantan

peduli1

Jika anda akan melakukan aqiqah, segera hubungi kami. Kami akan membantu pelaksanaan aqiqah anda.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Aqiqah Anda_-_

Tags: , , , , , ,