Aqiqah Anak Laki

bismillah

Bagaiamana jika yang lahir bayi laki-laki, berapa ekor yang harus disembelih untuk aqiqah ?

Sahabat Aqiqah Berkah yang dimuliakan Allah, kelahiran anak di dunia ini merupakan anugerah yang patut di syukuri. Baik itu yang lahir seorang bayi perempuan atau bayi laki-laki. Keduanya patut kita syukuri dengan wujud aqiqah, karena aqiqah merupakan penebusan diri yang masih tergadai.

Hadits dalam sahih Bukhari:

(مع الغلام عقيقه فأهريقوا عنه دما وأميطوا عنه الأذى)

Artinya: Setiap anak bersama aqiqahnya, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah gangguan darinya

Aqiqah anak laki dan aqiqah anak perempuan tidak jauh berbeda, namun Rasul memberikan titik terang mengenai jumlah sembelihan hewan aqiqah.

عن أم كرز قالت سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول : عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لا يضركم أذكرانا كن أم إناثا

Dari Ummu Kurz ia berkata : Aku mendengar Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda : ”Untuk seorang anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan untuk anak perempuan adalah seekor kambing. Tidak mengapa bagi kalian apakah ia kambing jantan atau betina”.

Dari hadits diatas telah disebutkan bahwa hewan sembelihan aqiqah anak laki adalah dua ekor sedangkan aqiqah anak perempuan seekor. Rasulullah tidak mewajibkan hewan yang disembelih harus jantan atau betina, namun lebih utama jika yang disembelih hewan jantan.

Adanya aqiqah tanpa membedakan jenis kelamin zaman sekarang merupakan bentuk kesetaraan dan kemajuan zaman. Karena kondisi zaman dahulu di Arab hanya anak laki-laki yang dimuliakan. Anak laki-laki tidak mengalami nasib seperti halnya anak perempuan.

Tatkala Islam datang, kelahiran anak perempuan mulai mendapatkan perhatian. Hingga sekarang kedudukan dan posisi antara laki-laki perempuan disetarakan seperti halnya perayaan kelahiran bayi.

kambing editPenyembelihan kambing aqiqah juga menjadi peluang bagi para peternak kambing, karena daging kambing menjadi kebutuhan untuk aqiqah. Harga kambing Kediri, Jombang, Magetan, Yogyakarta maupun kota lainnya di Pulau Jawa memiliki harga yang seragam di pasaran.

Aqiqah anak laki atau anak perempuan akan dianggap sah jika memenuhi syarat seperti syarat hewan qurban, yaitu tidak cacat dan memasuki usia yang telah disyaratkan oleh agama Islam. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa aqiqah adalah menyembelih kambing pada hari ketujuh semenjak kelahiran seorang anak, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah.

Manfaat atau hikmah dari pelaksanaan aqiqah anak antara lain :

  1. Timbul rasa kasih sayang di masyarakat karena mereka berkumpul dalam satu walimah sebagai tanda rasa syukur kepada Allah
  2. Dengan aqiqah terbebaslah dari belenggu yang menghalangi anak untuk memberikan syafaat pada kedua orangtuanya
  3. Salah satu bentuk menjalankan syiar Islam

Selain ketiga manfaat diatas, aqiqah anak laki dan aqiqah anak perempuan memiliki manfaat yang bersifat sosial dengan bersedekah seberat rambut bayi kepada yang membutuhkan dapat menumbuhkan jiwa silaturahim, kasih sayang dan perhatian dalam masyarakat muslim.

Hukum dari melaksanakan aqiqah menurut sebagian ulama adalah sunnah. Namun ada beberapa pula yang mewajibkan maupun tidak sepakat dengan adanya aqiqah. Berikut penjelasan hukum aqiqah anak laki & anak perempuan menurut para ahli fiqih :

Aqiqah Berkah

Aqiqah Berkah

  1. Hukumnya sunnah. Ulama yang berpendapat demikian diantaranya Imam Malik, ulama madinah, Imam Syafi’i beserta pengikutnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsur dan sebagian besar ulama fiqih dan ijtihad.
  2. Hukumnya wajib. Ulama yang berpendapat demikian adalah Imam Hasa al-Bashri, al-Laits ibn Sa’ad dan lainnya. Dalil yang mendasari pemikiran tersebut adalah hadits yang diriwayatkan oleh al-Hasan dari Samurah ibn Jundab dari Nabi SAW beliau bersabda, “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya”.
  3. Hukum yang ketiga adalah pendapat yang mengingkari disyariatkannya Aqiqah. Ulama yang berpendapat demikian adalah ulama penganut Madzhab Hanafi.

Tags: , , , , , , , ,