Aqiqah Anak

Aqiqah merupakan salah satu sunnah Rasulullah yang harus kita laksanakan bagi keluarga yang mampu. Aqiqah dapat kita laksanakan pada hari ketujuh, hari ke empat belas atau hari ke dua puluh satu sejak lahirnya anak.

Ketentuan hewan aqiqah adalah ternak kambing baik kambing etawa, kacang atau peranakan etawa. Ketentuannya adalah dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan.

Namun, bila hanya mampu satu ekor kambing untuk laki-laki tetap sah saja. Aqiqah anak memiliki hukum sunnah muakad bagi yang mampu.

Aqiqah Berkah
Aqiqah Berkah

Banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari sunnah melakukan aqiqah anak. Sedekah dengan nilai membeli seekor kambing terutama kambing etawa yang dikenal dengan kambing pedaging unggulan dan harga kambing etawa yang terkenal mahal, tidak akan mengalahkan dengan pahala yang diperoleh dari melakukan aqiqah untuk anak.

 

Beberapa hikmah disyariatkannya aqiqah antara lain :

  1. Aqiqah itu merupakan suatu pengorbanan yang akan mendekatkan anak kepada Allah sejak awal menghirup udara kehidupan.
  2. Suatu penebusan bagi anak dari berbagai musibah dan kehancuran.
  3. Bayaran utang anak untuk memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya.
  4. Sebagai media mengekspresikan rasa gembira dengan melaksanakan syariat islam dan semakin bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah Saw di hari kiamat.
  5. Dapat memberikan sumber jaminan sosial dan menghapus gejala kemiskinan di dalam masyarakat.

Imam Asy Syafi’i mensyaratkan bahwa yang dianjurkan aqiqah adalah orang yang mampu. Aqiqah menjadi tanggung jawab ayah karena penanggung nafkah keluarga.

Syarat hewan yang disembelih untuk aqiqah sama dengan syarat hewan qurban (kurban) sebagai berikut :

  • Kambing: sempurna (tidak cacat) berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia (dua) tahun.
  • Domba: sempurna (tidak cacat) berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh).
  • Tidak boleh ada anggota badan hewan yang cacat.
  • Dagingnya tidak boleh dijual.

Hewan yang dijadikan sembelihan aqiqah boleh kambing, ataupun domba. Namun hukum dan ketentuan tetap sama yakni 2 ekor untuk laki-laki dan 1 ekor untu anak perempuan.

Mungkin ada yang bertanya bagaimana jika dengan menyembelih kambing etawa? Menyembelih kambing etawa untuk aqiqah pun tetap sama ketentuannya seperti menyembelih kambing biasa maupun sapi. Meskipun harga kambing etawa memiliki nilai lebih dibanding dengan kambing jawa baisa.

kambing-etawaKambing Etawa memang memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah memiliki hasil produksi yang maksimal. Kambing ini juga dapat diambil hasilnya sebagai Kambing pedaging, Kambing susu, dan juga sebagai Kambing kontes. Dengan semua kelebihan tersebut, para peternak kambing telah melakukan persilangan perkawinan dengan Kambing Jawa (lokal) sehingga di peroleh Kambing PE atau biasa disebut Peranakan Etawa.

Bagi anda yang ingin melakukan aqiqah anak, anda dapat segera memesan paket aqiqah ataupun kambing aqiqah. Aqiqah Berkah melayani pemesanan Jasa Aqiqah, Catering dan Hewan Qurban juga, baik hewan kambing maupun sapi.

Harga paket aqiqah dapat anda pilih sesuai keinginan anda dengan harga yang relatif murah sehingga sangat membantu anda untuk dapat melaksanakan aqiqah.

Aqiqah Berkah
Aqiqah Berkah

Pemesanan jasa layanan aqiqah dapat menghubungi :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602

Aqiqah Berkah (Murah, Mudah, dan Amanah)
Telp: 0857-4962-2504
HP/WA: 081335680602

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *