Pengertian Tentang Aqiqah Anak

Aqiqah

Assalamu’alaikum semuanya …bagaimana kabarnya? sehat kan. Kembali lagi bersama kami Aqiqah Berkah yang terus dan terus memberikan informasi tentang aqiqah. Nahh sekarang langsung saja ke topik pembahasan kali ini yakni tentang Aqiqah Anak . Mari kita bahas bersama – sama…

Pada hari ketujuh, setelah kelahiran si buah hati, setiap orang tua disunahkan untuk melakukan aqiqah untuk putra/ putrinya. Hal ini didasarkan dalam sabda Rasulullah Saw. “Setiap anak tergadaikan dengan akikahnya. Ia disembelihkan (kambing) pada hari ketujuh (setelah kelahiran)nya, diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i).

Seekor kambing untuk anak perempuan dan dua ekor kambing untuk anak laki-laki. Dari Aisyah ra. Bahwa Rasulullah besabda, “Untuk anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing yang mencukupi, sedang untuk anak perempuan seekor kambing.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Seorang anak merupakan karunia terbesar yang terbesar yang diberikan Allah kepada umat manusia. Anak juga merupakan perhiasan yang tidak bisa digantikan dengan uang.

Oleh karena itu, bagi manusia yang telah diberikan seorang anak harus bersyukur dengan menyembelih seekor atau dua ekor kambing atau domba sebagai rasa syukur kepada Allah SWT. Itulah yang di kenal dengan Aqiqah.

Aqiqah merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan, bagi orang yang mampu. Demikian menurut pendapat sebagian besar ulama. Ketentuan kambing yang disembelih untuk aqiqah ini sama dengan yang disembelih untuk qurban.

Jika yang disembelih itu domba, maka dianjurkan yang telah berumur tidak kurang dari 6 bulan. Dan jika yang disembelih adalah kambing, maka dianjurkan yang telah berumur tidak kurang ari 1 tahun dan tidak cacat.

Hikmah aqiqah ini, antara lain, adalah sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Anugerahkan sekaligus untuk mendekatkan anak kepada-Nya sejak awal kehidupannya di dunia ini.

 

Keutamaan Aqiqah
Aqiqah memiliki keutamaan dan hikmah, di antaranya sebagaimana yang diriwayatkan dari samurah bahwa Nabi SAW bersabda :
“Setiap anak yang baru lahir itu terpelihara dengan akikahnya yang disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh kelahirannya, ia dicukur dan diberi sebuah nama.”


Berdasarkan keterangan hadist di atas, bahwa pada hakikatnya Allah SWT akan melindungi anak dari segala macam bahaya yang menimpanya dengan aqiqah yang telah diberikan untuk anak.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada usia-usia bayi, sangat rentan dari bahaya yang menimpanya, karena pada saat itu daya tahan tubuhnya belum stabil.

 

Perbedaan Qurban dan Aqiqah

Mungkin ada orang banyak yang berfikiran bahwa Qurban dan Aqiqah itu sama. karena artinya sama-sama menyembelih. qurban dan aqiqah itu sangatlah berbeda, berikut beberapa perbedaannya :

Qurban

  1. Qurban disyariatkan agar dilaksanakan diantara tanggal 10 sampai dengan 13 bulan Dzulhijjah.
  2.  Qurban disyariatkan untuk dilaksanakan setiap tahun.
  3. Binatang cukup satu ekor.
  4. Seekor sapi boleh untuk tujuh orang.
  5. Daging lebih utama dibagikan sebelum dimasak.

Aqiqah

  1. Aqiqah disyariatkan berkenan dengan kelahiran anak pada hari ke 7     atau 14 atau 21.
  2. Aqiqah disyariatkan satu kali seumur hidup.
  3. Jumlah binatang (kambing atau domba) untuk anak laki-laki 2 ekor, sedangkan untuk perempuan 1 ekor.
  4. Binatang (selain kambing jumlahnya adalah satu ekor untuk seorang anak.
  5. Daging diberikan setelah matang

 

Cara melaksanakan Aqiqah
Waktu memotong kambing aqiqah ialah sejak anak itu lahir (sebaiknya pada hari ketujuh dari kelahirannya), sampai tidak terbatas waktunya. Tetapi bila anak itu sudah baligh dan aqiqah belum dilaksanakan, ia bisa mengaqiqahkan dirinya sendiri. Artinya dia sendiri bisa membiayai aqiqahnya sendiri. Nabi pernah mengaqiqahkan diri, setelah beliau menjadi Nabi.

Mungkin itu yang bisa kami sampaikan mengenai aqiqah. Semoga apa yang kami bahas tentang aqiqah di atas itu dapat berguna bagi para pembaca. Tunggu pembahasan yang lainnya dari kami mengenai aqiqah. Sekian artikel ini kami buat…. terima kasih

 

Untuk anda yang akan memesan Aqiqah atau Catering untuk acara apapun kami siap melayani dengan sepenuh hati.

Kami juga melayani pemesanan hewan untuk Qurban dengan, Mudah, Murah dan Amanah. 

untuk pemesanan lebih lanjut dan yang ingin bertanya silahkan hubungi nomor layanan kami AQIQAH BERKAH & CATERING dibawah ini:

Layanan Aqiqah
WA : +6281335680602
TELPON/SMS : 085749622504

Aqiqah Berkah (Mudah, Murah, dan Amanah)
Telp: 0857-4962-2504
HP/WA: 081335680602

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *