Adab Penyembelihan Hewan Qurban Menurut Islam

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Sahabat AB yang dirohmati Allah,, Apa kabarnya di siang hari ini ? Semoga kita semua dalam keadaan sehat lahir dan batinnya dan senantiasa dalam keadaan iman dan islam yang dikuatkan,, Amiin ya Rabb,, Dalam kesempatan siang ini mimin ingin berbagi ulasan mengenai adab penyembelihan hewan qurban menurut islam. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Menajamkan peralatan penyembelihan (pisau)
Hal ini sebagaimana sabda Rosulullah SAW yang artinya, “Dari Syadad bin Aus, beliau berkata, “Ada dua hal yang ku hafal dari sabda Rasulullah yaitu Sesungguhnya Allah itu mewajibkan untuk berbuat baik terhadap segala sesuatu. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan cara yang baik. Demikian pula, jika kalian menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaknya kalian tajamkan pisau dan kalian buat hewan sembelihan tersebut merasa senang (HR Muslim no 5167).

2. Antara penyembelih dan hewan yang akan disembelih dianjurkan untuk menghadap ke arah kiblat
Hal ini sebagaimana hadits yang dicantumkan berikut ini :
a) Riwayat Abdur Razaq no 8585 dengan sanad yang shahih.
Dari Nafi’, sesungguhnya Ibnu Umar tidak suka memakan daging hewan yang disembelih dengan tidak menghadap kiblat.
b) Riwayat Abdur Razaq no 8587 dengan sanad yang shahih
Dari Ibnu Sirin (seorang tabiin) beliau mengatakan, “Dianjurkan untuk menghadapkan hewan sembelihan ke arah kiblat”.
Selain itu juga ada anjuran untuk membaring hewan qurban pada lambung kirinya. Hal ini agar lebih mudah dalam melakukan penyembelihan. Karena hal tersebut merupakan kegiatan yang dipraktekkan Rosulullah. Hal ini didasarkan pada penjelasan dari beberapa pendapat ulama’ berikut ini :
a) An Nawawi
Menyebutkan tentang anjuran untuk membaringkan sapi dan kambing pada lambung kirinya. Hal ini dimaksudkan supaya proses penyembelihan akan lebih mudah.
b) Al Qurthubi dalam Al Mufhim (5:362)
Menjelaskan bahwa membaringkan hewan yang hendak disembelih pada lambung kirinya adalah suatu yang telah dipraktekkan kaum muslimin semejkan dahulu kala.
c) Ibnu Taimiyyah
Menjelaskan bahwa adab seperti ini merupakan salah satu sunnah nabi. Beliau berkata,  “Hewan sembelihan baik hewan kurban ataupun yang lainnya hendaknya dibaringkan pada lambung kiri dan penyembelih meletakkan kaki kanannya di leher hewan tersebut sebagaimana yang terdapat dalam hadits yang shahih dari Rasulullah. Setelah itu hendaknya penyembelih mengucapkan bismilah dan bertakbir. Lengkapnya yang dibaca adalah sebagai berikut “Bismillahi allahu akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni kama taqabbalta min Ibrahim khalilika“.

3. Dimakruhkan untuk menyembelih hewan hingga sampai leher hewan terputus
Hal ini sebagaimana hadits berikut ini :
Dari Ma’mar, Az Zuhri –seorang tabiin- ditanya tentang seorang yang menyembelih dengan menggunakan pedang sehingga leher hewan yang disembelih putus. Jawaban beliau, “Sungguh jelek apa yang dia lakukan”. “Apakah dagingnya boleh dia makan?”, lanjut penanya. “Boleh”, jawab az Zuhri (Riwayat Abdur Razaq no 8600 dengan sanad yang shahih).

Aqiqah Berkah

Demikianlah yang dapat mimin sajikan mengenai adab penyembelihan hewan qurban menurut Islam. Adapun bagi sahabat AB dan saudara muslim lainnya, yang saat ini sedang membutuhkan jasa pemesanan hewan qurban untuk Idul Adha 2016, Aqiqah Berkah telah menyediakan hewan qurban 2016. Adapun hewan yang tersedia adalah :
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan melalui beberapa Paket Qurban 2016 Aqiqah Berkah yakni sebagai berikut :
1. Paket Qurban Peduli Syar’i
Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).
2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Selanjutnya kami siap mengantar hewan qurban yang telah Anda pesan. Adapun kota yang kami sediakan untuk layanan paket qurban mandiri adalah
(a) Jombang
(b) Mojokerto
(c) Nganjuk
(d) Kediri
(e) Tulungagung
(f)  Ngawi
(g) Magetan
(h) Ponorogo
(i)  Madiun

Silahkan bagi sahabat AB yang ingin memesan penawaran paket qurban 2016 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Tags: , , , , , ,