3 Syarat Kambing Aqiqah

Bagaimana kambing yang memenuhi syarat untuk aqiqah ? Berapa jumlah kambing yang seharusnya disembelih untuk aqiqah ?

Sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah, sangat penting untuk difahami bahwa aqiqah hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup. Berikan yang terbaik dan yang paling berkesan serta tidak lepas dari syariat agama Islam.

kambing edit

Dilaksanakannya aqiqah oleh sebagian orang menyebut ditandai dengan adanya penyembelihan kambing aqiqah serta pemotongan rambut sang bayi. Untuk mengetahui 3 syarat utama kambing aqiqah, ada baiknya mengetahui jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah berdasarkan sunnah Nabi SAW.

Sabda Rasulullah SAW :

عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لايضركم أذكرانا كن أم إناثا

“Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Berdasarkan keterangan hadits diatas, Rasul menganjurkan untuk menyembelih du aekor kambing untuk bayi laki-laki. Seekor kambing disembelih untuk bayi perempuan. Rasul tidak mewajibkan untuk menyembelih kambing dengan jenis kelamin jantan dan tidak pula mengharamkan atau melarang menyembelih kambing betina.

Berikut ini 3 syarat kambing aqiqah yang disyariatkan agama Islam :

  1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh menggunakan kambing yang berjenis kelamin laki-laki atau kambing jantan atau betina.
  2. Tentang umur dari kambing itu sendiri mereka mengkiaskan dengan umur kambing dhahaayaa (kambing qurban), yaitu : Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Untuk kambing biasa umurnya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga.
  3. Adapun tentang sifatnya pun dikiaskan dengan dhahaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik.

Sahabat Aqiqah Berkah, kini telah tersedia paket aqiqah Jakarta Selatan, paket aqiqah Bekasi, paket aqiqah bandung, paket aqiqah murah, paket aqiqah mandiri dan paket aqiqah peduli.

Jangan khawatir untuk melaksanakan aqiqah, untuk meminimalisir budget aqiqah maka dapat anda percayakan pada jasa layanan Aqiqah Berkah.

Kami tidak hanya menyediakan paket aqiqah dan kambing aqiqah. Bagi saudara yang ingin berkonsultasi dalam memilih kambing aqiqah sesuai syariat dan ketentuan, dapat menghubungi kami.

Begitu juga kambing aqiqah yang tersedia pada kami merupakan kambing yang telah dipilih dari segi kesempurnaan hewan, umur atau usia kambing, gigi kambing, serta hingga warna bulu yang kami pilihkan harus kami sesuaikan dengan ketentuan syariat Islam.

Ketika telah menemukan dan memilih kambing dengan 3 syarat kambing aqiqah tersebut, Islam memberikan tatacara menyembelih hewan dengan baik dan benar.

Berikut ini tata cara penyembelihan hewan aqiqah yang benar menurut tuntunan dan syariat ajaran Islam :

  1. Membaca Basmallah
  2. Membaca Shalawat Nabi
  3. Membaca Takbir
  4. Disembelih sendiri (apabila diwakilkan hendaknya menyaksikan penyembelihan)
  5. Membaca doa penyembelihan aqiqah
  6. Hewan yang disembelih dihadapkan ke kiblat dengan posisi di miringkan, rusuk kiri disebelah kanan
  7. Dagingnya setelah dimasak kemudian dibagikan kepada orang miskin dan tetangga
  8. Dilaksanakan pada hari ke-7 / ke-14 / ke-21 dari hari kelahiran anak
  9. Pada pelaksanaan tersebut juga dilakukan cukur/potong rambut bayi serta diberi nama yang baik

Perlu diketahui juga bahwa saat menyembelih dan memotong kambing aqiqah, tulang sembelihan tidak boleh dipotong atau smpai rusak. Rosul memberikan petunjuk dan keterangan lebih dalam perihal memilih kambing aqiqah. Rosul bersabda, “Jangan kalian menyembelih kecuali hewan yang sudah memenuhi umur, kecuali kalau sulit bagi kalian. Apabila sulit bagi kalian maka sembelihlah kambing dari domba.”

Tags: , , , , , , ,