3 Alasan Bayi Menangis Ketika Dilahirkan

3 ALASAN BAYI MENANGIS KETIKA DILAHIRKAN

Tidak sedikit yang memendam tanya mengapa bayi baru lahir menangis ? Menangis sering di identikkan dengan kesdihan sedangkan tersenyum tertawa di identikkan dengan kebahagiaan. Adakah faktor penyebab bayi menangis ketiak dilahirkan ? Atau tangisan bayi merupakan hal yang biasa dan lumrah dalam persalinan ?

Bayi 1

Setiap bayi yang baru dilahirkan pada umumnya akan menangis dengan keras seolah seperti sedang menghadapi penyiksaan. Tangisan kencang sang bayi inilah yang meruoakan hal biasa dan merupakan tanda bahwa kondisi bayi tersebut sehat dan normal.

Seperti diketahui oleh semua orang bahwa bayi hanya bisa berkomunikasi dengan orangtuanya hanya melalui tangisan saja, karena itu tangisan bayi yang terdengar saat dilahirkan adalah salah satu bentuk komunikasi dari si bayi.

Telah banyak beredar jawaban yang tidak bisa dirasionalkan berkembang di masyarakat yang hanya dilihat dari segi mitos dan bahkan perkiraan yang sebanrnya salah. Diantaranya seperti pernyataan bahwa bayi adalah makhluk hidup yang sangat cengeng dan belum bisa berbicara sehingga hanya bisa menangis.

Berikut ini adalah 3 alasan mengapa bayi menangis ketika dilahirkan :

  • Sebagai Alat Komunikasi. Seorang bayi hanya dapat berkomunikasi dengan orang tuanya melalui tangisannya saja. Tangisan bayi saat baru lahir merupakan reaksi komunikasi yang disalurkannya karena adanya perubahan suhu sewaktu didalam dan diluar kandungan. Suhu didalam kandungan sekitar 36 derajat celcius, sedangkan suhu diluar kandungan memiliki suhu ruangan yang biasanya lebih rendah dari suhu tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan bayi menangis saat baru lahir.
  • Sebagai pertanda pernafasan yang baik. Bayi yang baru dilahirkan memerlukan rangsangan mekanik untuk mendorongnya bernafas. Rangsangan ini terjadi ketika dada bayi menekan dinding rahim selama proses persalinan sehingga menyebabkan udara masuk ke paru-parunya. Jika bayi terlambat menangis atau bahkan tidak menangis sama sekali maka ada kemungkinan paru-paru bayi tersebut tidak berkembang dengan baik. Hal ini dapat berdampak pada fungsi organ-organ vital lainnya seperti jantung, hati, otak, dan organ lainnya.
  • Sebagai pendorong aktivitas tubuh. Bayi yang baru dilahirkan akan menangis dengan sekencang-kencangnya sehingga mengakibatkan seluruh tubuhnya bergerak. Gerakan ini adalah merupakan aktivitas pertama yang dilakukan oleh tubuh bayi. Ada satu penelitian yang menganalisis tentang hubungan tangisan bayi dengan kondisi mental ibunya, ternyata tangisan bayi yang baru lahir selama 30 detik mampu mengatur aktivitas bagian amigdala otak ibunya yaitu bagian otak yang berperan dalam emosi. Sehingga tangisan bayi yang baru lahir dapat menenangkan emosi sang ibu yang telah berjuang keras melahirkan bayinya.

Aqiqah Berkah

Dalam Journal of Child Psychology and Psychiatry, para peneliti menggambarkan peneliti menggunakan scan MRI fungsional untuk melihat reaksi dari 12 perempuan setelah mendengar bayinya pertama kali menangis selama 30 detik. Hasil scan menunjukkan bahwa tangisan bayi tersebut mampu mengatur aktivitas di berbagai daerah otak ibu yang salah satunya adalah amigdala, yaitu bagian yang berperan dalam mengatur emosi ibu.

Namun ternyata ada beberapa kasus yang menyebutkan adanya bayi yang tidak menangis saat dilahirkan atau asfiksia. Ada beberapa penyebab bayi tidak menangis saat dilahirkan, diantaranya adalah:

1. Kondisi ibu sebelum persalinan yang kurang baik

Salah satu penyebab asfiksia yaitu kondisi ibu yang kurang baik sebelum persalinan. Kondisi-kondisi tersebut diantaranya adalah:

– Memiliki penyakit diabetes
– Kondisi panggul yang sempit
– Mengalami pendarahan sebelum persalinan
– Kentalnya air ketuban
– Mengalami anemia
– Bercampurnya air ketuban dengan mekonium
– Keracunan

2. Keadaan saat persalinan
Ada beberapa hal yang terjadi selama persalinan yang dapat menyebabkan asfiksia, diantaranya adalah:

– Bayi terlilit tali pusar karena plasenta lepas terlebih dahulu
– Bayi dilahirkan sungsang dan jalan keluarnya bayi mengalami penyempitan
– Bayi terlahir kembar

Menurut pandangan Islam, bayi yang lahir harus segera di adzani pada telinga kanan dan di iqamahi pada telinga kiri. Tangisan bayi ketika dilahirkan menjadi pertanda kepada kedua orangtuanya untuk melakukan hal-hal yang dapat menjaga bayi dai gangguan setan.

Bayi Sering Gumoh

Oleh karena itu, Rasululah SAW memberi tuntunan kepada umatnya agar terhindar dari gangguan setan pada saat bayi dilahirkan yaitu dengan melakukan hal-hal berikut ini :

  • Dengan diazani pada telinga kanannya dan diiqamatkan pada telinga kirinya.

Ibnu Abbas ra menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Ajarkanlah kalimat ‘Laa ilaaha Illallahu’ kepada anak-anakmu sebagai kalimat pertama yang mereka dengar.” (HR. Al-hakim).

Rasulullah SAW juga bersabda : “Barang siapa yang mendapati seorang bayi yang dilahirkan, kemudian diazankan di telinga kanannya dan diiqamatkan di telinga kirinya, maka ia tidak akan diganggu oleh Ummu Shibyan (setan yang selalu mengganggu anak kecil).” (HR. Ibn Sunny dari Hasan ibn Aki ra).

Menurut Rasululah SAW, setan akan ketakutan dan berlari sejauh-jauhnya apabila mendengar suara azan.

  • Hal kedua yang bisa dilakukan pada bayi yang baru lahir adalah dengan dibacakan surat Al Ikhlas pada kedua telinganya.

Imam Muhyiddin ABi Zakaria Yahya dalam kitabnya Al Adzkar Al Nawawiyyah menjelaskan bahwa Rasullah SAW membacakan surat Al khlas pada telinga anak yang baru dilahirkan.

  • Dengan mendoakan bayi yang baru dilahirkan.

Untuk meghindari bisikan setan pada bayi adalah dengan membacakan Surat Ali Imran ayat 36 dengan maksud untuk memohonkan perlindungan Allah SWT untuk anak yang baru dilahirkan agar terhindar dari godaan setan yang terkutuk.

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالأنْثَى وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Maka tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai Dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.”

WhatsApp-Image-20160520 (5)

Doa keselamatan dan perlindungan untuk anak.

“Ya Allah, kumohon perlindungan kepada-Mu untuk anak ini dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan dan kesusahan, dan dari pandangan mata yang menyakitkan.” (HR. Bukhari).

Setelah mendapatkan pengetahuan secara medis maupun secara agama diatas, semoga akan menambah ketauhidan, keimanan dan ketaqwaan saudara muslim semua untuk senantiasa meningkatkan ibadah hanya pada-Nya. Lengkapi dan sempurnakan kebahagiaan keluarga dengan mengaqiqahi anak yangbaru kahir agar terhindar dari gangguan setan serta menjadi anak yang sholeh atau sholehah.

Anda tidak perlu ribet untuk mempersiapkan aqiqah, percayakan pelaksanaan aqiqah pada Jasa Layanan Aqiqah Berkah yang beralam di Jl. Raya Baron Timur No. 1 Baron Nganjuk. Anda juga dapat melakukan pemesanan online melalui nomor :

Call / SMS: 085749622504

Whatsapp: +6281335680602

PinBB: 7C0B38CE

Tersedia dua paket aqiqah yang dapat Anda pilih yakni, Paket Aqiqah Mandiri dan Paket Aqiqah Peduli. Aqiqah Mandiri dapat Anda laksanakan di kediaman shohibul aqiqah, sedangkan aqiqah peduli merupakan aqiqah yang disalurkan langsung kepada pondok pesantren, panti asuhan dan kaum dhuafa yang membutuhkan.

PAKET AQIQAH MANDIRI

  • Dikirim ke rumah Sohibul Aqiqah
  • Wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Madiun dan sekitarnya
  • Pilihan menu (pengganti sate) lapis, krengseng, sate rebus, rendang, dendeng ragi, rawon

PAKET AQIQAH PEDULI

  • Dikemas dalam bentuk walimatul aqiqah
  • Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral
  • Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah, ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Semoga informasi diatas akan bermanfaat untuk Anda dan saudara muslim lainnya. Aqiqah Mudah ! Aqiqah Murah ! Aqiqah Berkah ! Insya Allah Berkah, Aamiin

Tags: , , , , , , , , , , ,